adnanamiAvatar border
TS
adnanami
Logotherapy, Sebuah Cara Menyembuhkan Luka Batin dengan Menemukan Makna dalam Hidup

Hai gansist semuanya! Untuk kalian semua pecinta artikel psikologi pasti sudah menunggu - nunggu thread ini dong ya? Beberapa waktu yang lalu ane pernah menulis tentang luka batindan bagaimana dampaknya untuk mereka yang mengalaminya. Di thread tersebut ane hanya menyebutkan metode penyembuhan lewat meditasi dan olah nafas. Berbeda dengan sekarang, ane akan mengusut mengenai metode lain yang terbukti lebih ampuh dalam menghapus luka batin.

Sebenarnya thread ini terinspirasi oleh chairman Garuda Food yang dulunya juga pernah mengalami luka batin. Beliau adalah Sudhamek Agoeng Waspodo Soenjoto. Di masa lalunya, beliau pernah mendapatkan perlakuan buruk oleh teman - temannya, bullying, dan olok -olokan telah menjadi makanannya sehari - hari. Hingga beliau berada di fase terluka secara batin, menganggap namanya adalah sebuah aib. Perasaan tak berharga, malu dan rendah diri sempat meliputi hari - harinya di masa kanak - kanak sampai remajanya.


Tak disangka beliau bisa bangkit dan berdiri tegak di atas kesuksesannya membangun bisnis kacang yang dulu banyak diremehkan orang. Semua bisa beliau lalui karena terus berjuang dan bergerak. Tak lupa pula beliau melakukan penyembuhan luka batinnya melalui teknik yang dinamakan logoterapi. Penasaran apa itu logotherapy? Simak sampai habis ya!

Logoteraphy berasal dari 2 kata, yakni logos yang berasal dari bahasa Yunani artinya adalah "makna". Sedangkan "therapy" sendiri merupakan bahasa Inggris yang berarti teknik penyembuhan untuk mengobati suatu penyakit. Jadi bisa dikatakan bahwa logoterapi adalah metode menyembuhkan/ meringankan suatu penyakit lewat penemuan makna hidup.

Teori ini dikembangkan oleh Viktor Frankl pada tahun 1959. Pada hakikatnya makna hidup itu yang akan menjadi motivasi terbesar untuk manusia. Intinya kita harus tau dan mengerti sebenarnya untuk apa kita ada di muka bumi ini. Memaknai setiap kejadian yang kita alami baik buruk maupun baik lewat hikmah yang terkandung di dalamnya. Hidup tidaklah se-tidakbermakna itu, pasti ada arti dan maksudnya, pasti ada alasan di setiap terjadinya sebuah peristiawa. Disitulah makna yang perlu kita gali. Jangan serta - merta menyalahkan keadaan, mengutuk diri sendiri dan terus mengatakan bahwa Tuhan itu tidak adil. Sesungguhnya hanya kita saja yang tidak sampai akalnya untuk menelaah semua yang telah menimpa kita. Kita yang punya keterbatasan pengetahuan untuk mengenali hikmah di balik suatu peristiwa.

Memang logoterapi sangat erat kaitannya dengan aspek rohani. Membawa - bawa Tuhan dalam penerapannya untuk kesembuhan. Selalu berfikir positif di setiap kesempatan, bahkan di saat kita berada di titik terendah dalam hidup sekalipun. Tanpa bantuan dari pikiran kita sendiri untuk terus menggali makna tersebut, luka itu akan terus ada. Yang tak ketinggalan pula yaitu melepaskan semua yang mengganjal di dalam hati seperti sakit hati, dendam dan amarah dengan memaafkan.

Ane @adnanamipamit, jangan lupa follow akun ini untuk mendapatkan update thread inspiratif lainnya. Kalian juga bisa berkunjung ke halaman kaskus ane dengan klik gambar di bawah ini! Sampai jumpa kembali di lain kesempatan. Jangan sungkan untuk berbagi mengenai pengalaman luka batin yang pernah kalian alami serta bagaimana cara mengatasinya hanya di kolom komentar thread ini ya!



Referensi : UNY, youtube, makalah2012
Diubah oleh adnanami 16-12-2020 03:01
indramamoth
tien212700
TaraAnggara
TaraAnggara dan 25 lainnya memberi reputasi
26
3.4K
143
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan