Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

bruce12345Avatar border
TS
bruce12345
Masih Membandingkan Diri Dengan Orang Lain?


Assalamulaikum gansis kumaha damang? Berharap anda semua damang-damang wae.

Kerap kali terbesit di benak kita "kenapa aku masih kek gini-gini aja ya, sedangkan teman-temanku udah pada sukses" ini hal yang lumrah dan semua orang pernah mengalaminya. Bahkan bagi beberapa orang yang sudah berusia 30 tahun ke atas akan sangat takut dan kuatir jika memikirkan hal ini. Ini akan semakin tidak baik jika kita memulai membandingkan diri dengan teman-teman kita yang sudah punya rumah, pekerjaan yang baik dan ya cukup mapan (intinya teman2 yang sudah sukses).

Tapi pernahkan kita berpikir bawa merekapun pasti melewati masa-masa sulit bahkan kemungkinan besar merekapun pernah mengalami rasa kuatir dan takut seperti yang kita alami. Mereka yang sudah mapan tidak membiarkan rasa takut dan kuatir itu menguasai bahkan mengikat hidup mereka tapi sebaliknya mereka berusaha keras untuk keluar dari hal itu dan meraih setiap kesempatan-kesempatan yang ada.

Mereka menyadari bahwa tidak ada seorangpun yang dapat membawa mereka keluar dari ketakutan itu selain diri mereka sendiri, sebaliknya mereka bekerja keras untuk maju dan mengukir kisah sukses mereka. Hal ini dimulai dari pencapaian-pencapaian yang kecil dan ya terkadang di anggap sebelah mata, namun disini bukan soal kecil, besarnya tapi ketekunan dan ketabahan, kerja keras dan tetap fokus pada apa yang ingin di capai  adalah kuncinya.

Kerap kali mengapa kita begitu frustrasi memikirkan hidup dan pencapaian-pencapaian kita yang dimana seperti kehidupan kita hanya berjalan di tempat (tidak ada kemajuan yang signifikan) jika di bandingkan dengan teman2 kita. Ini karena kita tidak memiliki dokumentasi atas apa yang sudah kita capai.

Cobalah sebentar dan mengingat-ingat apa yang sudah kita lakukan di tahun ini dan catatlah pencapaian-pencapaian dan resolusi apa saja yang kita lakukan di tahun ini, ataupun jika belum sempat mulailah di awal tahun. Intinya tetap tekuni dan komitmen untuk menulis setiap pencapaian2 dan resolusi2 yang kita buat sekecil apapun itu.

Catatlah hal2 itu dan simpanlah baik-baik, kita bisa melihat catatan itu setiap tiga bulan ataupun enam bulan sekali. Kita akan di buat tercengang-cengang melihat pencapaian2 yang luar biasa yang kita buat. Hal ini menolong kita untuk tidak mudah putus asa dan tetap semangat untuk mengukir kisah hidup kita.

Tanamkan di dalam hati kita bahwa sekecil apapun pencapaian kita belum tentu teman-teman kita pernah mengalaminya. Ini menolong untuk membesarkan hati kita bahwa kita adalah manusia yang berguna dan hidupku ngak kek gini-gini saja tapi hidupku setiap bulan bahkan tahun mengalami progres yang luar biasa.

So berhentilah membandingkan diri  dengan teman-temanmu atau siapapun itu, pencapaian mereka adalah milik mereka kitapun bisa sama seperti mereka tapi mungkin dengan cara yang lain. Tekuni apa yang kita kerjakan hari ini dan catatlah setiap pencapaian dan resolusimu.


Quote:




Sampai jumpa di thread-thread selanjutnya dan tetap jaga kesehatan. Baca juga Seberapa Berharganya Waktu Itu Bagi Kita


Sayonaraa....
indramamoth
sunshii32
tien212700
tien212700 dan 27 lainnya memberi reputasi
28
4.6K
182
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan