Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

tafakoerAvatar border
TS
tafakoer
Membiasakan Anak Agar Tak Kecanduan Gawai Sejak Kecil
Zaman sekarang memang serba Gawai, segala sesuatu dalam kehidupan masa kini pasti selalu saja butuh gawai entah itu untuk komunikasi hingga untuk sarana memudahkan transportasi. Hidup di masa sekarang memang seringkali ketergantungan dengan gawai hingga urusan pekerjaan hingga rapat pun tak lepas dari gawai. Satu sisi hadirnya gawai ini memudahkan, namun di sisi lain tentu ada hal yang patut diwaspadai dengan hadirnya gawai ini.

Credit : suara.com

Gawai kini bisa dimiliki oleh siapa saja baik tua maupun muda termasuk juga anak-anak. Jika dibandingkan anak-anak kecil masa kini dengan anak-anak kecil di masa lalu jelas berbeda dimana setelah hadirnya gawai di masa kini membuat anak lebih suka berlama-lama bermain dengan gawainya dibandingkan bermain di luar rumah. Tak hanya anak yang masih dudul di sekolah dasar semata, balita pun tak jarang akrab dengan namanya gawai.

Adanya gawai bagi anak-anak bisa bernilai positif, hal ini berguna untuk memberi hiburan dan juga pengenalan banyak hal pada anak-anak. Namun dibalik kegunaan yang positif itu ternyata banyak hal-hal yang ironi sat anak-anak sudah dikenalkan gawai sejak kecil. Tak jarang karena sudah akrab dengan gawai sejak kecil membuat anak semakin lengket dengan gawai mulai dari nonton video hingga bermain dengan game, tak jarang mirisnya ada anak yang memarahi orang tuanya karena dilarang untuk memakai gawai. Penggunaan gawai secara berlebihan itu tentunya tidaklah baik termasuk bagi anak-anak pun memiliki dampak yang buruk.

Agar anak tidak kecanduan gawai tentunya itu kembali lagi kepada pendidikan orang tua, sebagai orang tua tentunya jangan mudah memberikan gawai kepada anak meskipun karena untuk meredakan tangis anak. Gawai memang banyak manfaatnya, namun di siis lain pasti ada sisi buruknya. Melihat banyaknya anak yang kecanduan gawai, alangkah baiknya anak-anak lebih baik dihindarkan dari gawai sejak dini atau minimal bisa mengatur waktu anak dengan meminimalisir anak untuk tidak bermain gawai secara lama-lama.

Tak ada salahnya memang belajar dengan menggunakan gawai, namun mengenalkan gawai terlalu dini pada anak tentunya tidak bagus untuk tumbuh kembang anak. Daripada mengajak anka bermain menggunakan gawai alngkah baiknya ajak anak untuk bermain dalam hal lain seperti bermain dengan mainan entah itu mainan biasa atau mainan yang mengasah kecerdasan anak. Selain itu ajak anak bermain di luar lebih baik ketimbang anak terlalu lama dibiarkan bersama gawai.

Credit : liputan6.com

Sebelum terlambat anak menjadi kecanduan gawai maka sudah semestinya setiap orang tua bisa untuk lebih ekstra perhatian dan meluangkan waktu untuk bersama-sama mendidik anak agar bisa tumbuh dengan semestinya dan tidak kecanduan dengan gawai. Biasakan anak untuk menjalani aktivitas bermainnya tanpa harus selalu menggunakan gawai agar pertumbuhan mental anak berkembang dengan baik. Demikian tulisan ane kali ini, bagaimana pendapat agan dan sista? Silahkan sampaikan di kolom komentar dan sampai jumpa di tulisan selanjutnya. emoticon-Big Grin

Sumber : Opini Pribadi, Pengalaman Pribadi dan Inspirasi Kehidupan
Sumber gambar via google images
islamisdevi
tien212700
wanitatangguh93
wanitatangguh93 dan 26 lainnya memberi reputasi
27
6.7K
81
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan