Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

fajarindonesia1Avatar border
TS
fajarindonesia1
Ikatan Keluarga Minang Kutuk Penembakan Laskar FPI


JAKARTA - Ikatan Keluarga Minang (IKM) mengutuk aksi penembakan oleh kepolisian yang menewaskan 6 laskar Front Pembela Islam (FPI) di tol Jakarta-Cokampek km 50 pada Senin malam lalu.

Melalui keterangan tertulis yang diterima redaksi, Jumat (11/12), IKM menilai penembakan terhadap 6 warga sipil telah mencederai rasa kemanusiaan.

Quote:


IKM juga ikut berduka cita sedalam-dalamnya karena salah seorang korban penembakan kemarin, yaitu Muhammad Suci Khadafi Poetra, usia 21 tahun, merupakan anggota IKM, yang berasal dari suku Simabu, Nagari Sulit Air, Kabupaten Solok, Sumatera Barat.

“Tragedi penembakan terhadap putra Minang Allahyarham Muhammad Suci Khadafi Poetra menjadi duka bagi IKM. Semoga diberi tempat terbaik di sisi Allah SWT, husnul khotimah, Insya Allah syahid” tulis IKM.

Disebutkan, sebagai organisasi yang menjunjung tinggi falsafah Minang, yaitu Adat Basandi Syara’, Syara Basandi Kitabullah, IKM mengutuk peristiwa penembakan terhadap 6 anggota FPI tersebut serta mengecam penggunaan senjata dan kekuasaan yang sewenang-wenang oleh aparat penegak hukum.

Agar tragedi kemanusiaan ini tak menjadi fitnah terhadap kelompok atau golongan tertentu, IKM mendesak agar Presiden RI segera membentuk Tim Gabungan Pencari Fakta (TGPF) yang melibatkan Komnas HAM, elemen masyarakat sipil, serta organisasi-organisasi lain yang kompeten, untuk menyelidiki serta menginvestigasi peristiwa kekejaman ini secara terbuka, transparan, dan tuntas.

IKM juga meminta kepada Presiden RI Jokowi melakukan evaluasi terhadap kepemimpinan Kepala Kepolisian Republik Indonesia dan Kepala Kepolisian Daerah Metro Jakarta Raya, serta melakukan pemeriksaan terhadap personil Kepolisian Republik Indonesia yang terlibat dalam penembakan 6 warga sipil pada tanggal 7 Desember 2020 untuk memulihkan kepercayaan publik kepada Polri dan Pemerintah.

“IKM mengimbau kepada warga Minang di manapun untuk tetap tenang dan tidak terprovokasi untuk melakukan tindakan-tindakan yang melanggar hukum dan ketertiban,” demikian pernyataan sikap IKM yang ditandatangani oleh Fadli Zon selaku Ketua Umum.(dal/fin)


Sumber: Ikatan Keluarga Minang Kutuk Penembakan Laskar FPI
gabener.edan
WorldWimWeb
tien212700
tien212700 dan 2 lainnya memberi reputasi
1
1.7K
33
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan