Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

Kreativv.comAvatar border
TS
Kreativv.com
Ini 10 Jenis Human Feeling yang Sering Kita Rasakan Tapi Jarang Diketahui

Ada rasa gembira, cinta, gairah, marah, takut, benci, malu, sedih, rindu dan masih banyak lagi jenis emosi yang sering kita rasakan. Manusia dikenal sebagai makhluk yang tercipta dengan perasaan unik serta kompleks. Tapi ternyata selain perasaan-perasaan yang mudah digambarkan, ternyata ada beberapa suasana hati yang meski sering kita rasakan tapi jarang diketahui dan sulit didefinisikan. Well, mendefinisikan emosi emang bukan sesuatu yang mudah. Bahkan hal ini sudah jadi masalah para peneliti selama bertahun-tahun, lho. Eits, tenang! Di sini kita bukan untuk membahas soal penelitian yang rumit dan bikin kepala pusing tujuh keliling, kok, melainkan mengulas 10 human feeling yang namanya sangat jarang ketahui. Coba cek, yuk!

Liminal


sumber: smartertravel.com


Berasal dari kata limens dalam bahasa Latin yang berarti border atau threshold. Liminal adalah jenis perasaan aneh yang dirasakan manusia ketika menunggu terlalu lama di stasiun, bandara atau tempat-tempat semacamnya.

Sonder


sumber: .insider.com


Jenis emosi satu ini mungkin nggak pernah kamu tahu. Ternyata ada perasaan sonder di mana kamu merasa sebagai butiran debu di antara jutaan entitas di alam semesta. Kamu menyadari kalau setiap orang asing di luar sana punya kehidupan dengan masalah-masalahnya sendiri, tapi mereka tetap bergerak.

Heimweh


sumber: treehugger.com


Hal pertama yang dirasakan oleh orang yang mengalami salah satu human feeling ini adalah adanya perasaan rindu atau kangen dengan rumah. Orang yang mengalami ini biasanya karena mereka berada jauh dari rumah dan mereka akan menyibukkan dirinya dengan memikirkan tentang rumah mereka. Kalau sudah akut, bukan nggak mungkin orang tersebut menderita depresi dan gangguan kecemasan, lho.

Liberosis

sumber: pathways.health


Kamu pernah nggak sih, merasa mendambakan kedamaian? Liberosis adalah emosi yang kamu rasakan, di mana kamu nggak lagi terlalu peduli dengan segalanya dalam hidup dan segala masalahnya. Kamu lebih memilih melepaskan tekanan yang ada.

Chrysalism


sumber: billboard.com


Pernah merasa tenang berada di dalam ruangan ketika di luar sedang hujan badai petir? Jenis perasaan yang bisa dirasakan oleh manusia itu bernama chrysalism. Dengan mendengarkan gemericik air mengetuk-ngetuk jendela atau atap seperti kata-kata teredam yang nggak bisa dimengerti. Perasaan itu manjur banget buat melepaskan ketegangan yang menumpuk dalam diri. Perasaan ini hampir mendekati seperti seorang pluviophile alias pecinta hujan.

Vellichor


sumber: cen.asc.org


Nah, kalau istilah emosi yang satu ini diciptakan untuk semua pecinta buku di luar sana. Khusus untuk kamu yang rela menghabiskan berjam-jam berkeliling di toko buku tua favoritmu. Kamu percaya buku-buku itu punya kehidupan sebelum berakhir di sana. Yah, mirip seperti perasaan nostalgia yang aneh.

Gnossienne


sumber: ef.com


Coba ingat-ingat lagi, apakah kamu pernah merasa bahwa kamu pikir kamu tahu segalanya tentang seseorang yang kamu kenal, tapi kenyataannya nggak demikian. Jenis emosi yang satu ini berasal dari kata gnosis dalam bahasa Yunani yang berarti pengetahuan. Agak sedikit membingungkan karena nggak jauh berbeda dengan sonder, ya?


Kairosclerosis



sumber: bloomberg.com



Human feeling yang satu ini adalah sebuah perasaan di mana momen ketika kamu menyadari bahwa sekarang kamu merasa bahagia. Kamu secara sadar mencoba untuk menikmati perasaan tersebut dan berharap bisa menghentikan berjalannya waktu agar kegembiraan itu berlangsung selamanya.


Anemoia



sumber: express.co.uk



Apakah lagu-lagu lawas membawamu ke era di mana kamu bahkan belum dilahirkan ke dunia ini? Jenis perasaan manusia yang satu ini dinamakan anemoia. Perasaan ini berupa perasaan nostalgia terhadap masa yang nggak pernah kamu ketahui ketika mendengarkan lagu-lagu jadul atau menonton film lama. Sering mengalaminya?


Mimeomia



sumber: exede.com



Jenis emosi satu ini namanya cukup menarik, ya? Mimeomia ternyata cukup sering kita alami, lho. Mimeomia adalah perasaan ketika kamu tahu betapa gampangnya menyesuaikan diri dengan stereotip yang berlaku. Diakui atau enggak, kita sering menunjukkan diri yang palsu di depan orang lain. Iya, kan?


Setelah mengenal human feeling alias jenis-jenis emosi atau perasaan tadi, yang mana dari 10 nama di atas yang paling sering kamu rasakan? Sekarang sudah mengenali perasaan yang kamu rasakan, kan? Nah, kalau sudah, yuk lebih bijak mengendalikan emosi demi menyayangi diri sendiri dan orang lain!







x.pong.ah
tien212700
rizkiprajnasiwi
rizkiprajnasiwi dan 9 lainnya memberi reputasi
10
1.7K
21
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan