Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

si.matamalaikatAvatar border
TS
si.matamalaikat
Sikorsky MH-53, Helikopter yang Menjadi Karakter 'Blackout' Dari Film Transformers
Ada yang suka dengan serial film Transformers yang disutradarai oleh Om Michael Bay ? Film bertema perang robot ini berhasil menghadirkan suasana yang seru dan menegangkan gan sist, ditambah dengan deretan alutsista kece milik Militer AS yang ditampilkan dalam film.

Dari beberapa alutsista tersebut ada yang menarik perhatian TS, terutama di film pertama. Dalam film diceritakan bahwa pangkalan militer AS di Qatar diserang anggota Decepticon yang berwujud helikopter, dalam tempo waktu 2 menit pangkalan tersebut hancur.

Masih ingat adegan pembuka film yang rilis tahun 2007 ini ? Ternyata Decepticon yang bernama Blackout tersebut mengambil wujud helikopter Sikorsky MH-53, kali ini akan TS ulas sedikit tentang helikopter satu ini. Dimulai dari sejarahnya ya.



SEJARAH

Sikorsky MH-53 Pave Low adalah jenis helikopter operasi khusus jarak jauh serta pencarian dan penyelamatan tempur (CSAR) yang digunakan oleh Angkatan Udara Amerika Serikat (USAF). Varian Pave Low adalah versi upgrade seri helikopter HH-53 B/C, varian dari Sikorsky CH-53 Sea Stallion. Varian awal ini banyak digunakan oleh USAF selama perang Vietnam.

Varian awal helikopter ini dirancang pada awal tahun 1960-an oleh Pabrikan Sikorsky Aircraft, dan mulai terbang perdana pada 15 Maret 1967. Dan setahun kemudian mulai aktif berdinas di USAF. Angkatan Udara AS kemudian memesan 72 varian HH-53B dan HH-53C untuk unit Search and Rescue selama Perang Vietnam, dan kemudian mengembangkan versi yang diberi nama MH-53J Pave Low untuk misi Operasi Khusus.

Misi Pave Low adalah untuk penetrasi tingkat rendah atau jarak jauh, operasi saat siang atau malam dalam cuaca buruk untuk infiltrasi, eksfiltrasi, dan suplai pasukan operasi khusus. Pave Low sering kali bekerja bersama dengan MC-130H Combat Talon untuk navigasi, komunikasi, dan dukungan tempur. Serta dengan MC-130P Combat Shadow untuk pengisian bahan bakar dalam penerbangan. Selain USAF, varian dari keluarga Sikorsky ini juga digunakan oleh Marinir dan AL Amerika.




Foto Ilustrasi: holloman.af.mil


Badan besar berwarna hijau dari seri HH-53B membuatnya mendapat julukan "Super Jolly Green Giant". Sementara varian HH-3E yang lebih kecil diberi nama "Jolly Green Giant", merupakan varian dari H-3 Sea King yang digunakan dalam Perang Vietnam untuk operasi pencarian dan penyelamatan tempur (CSAR).

Untuk kode huruf "M" pada varian MH-53 versi upgrade berarti Multi-Misidan "H" untuk Helikopter. Penunjukan nama ini muncul setelah modifikasi yang dilakukan pada HH-53 yang biasa disebut "Super Jolly Green Giants" yang dioperasikan oleh USAF di Vietnam.

Setelah perang, varian HH-53 dilengkapi dengan berbagai sistem yang ditingkatkan, mesin baru dan rotor baru diperoleh dari program "Pave Low". Sebuah program untuk meningkatkan kemampuan beroperasi dikondisi cuaca yang buruk, serta penerbangan jarak jauh.




Helikopter CH-53D Sea Stallion, dari varian ini MH-53 mulai dikembangkan.

Foto: wikipedia.org


MH-53 dioperasikan oleh enam awak yang terdiri dari dua pilot, dua insinyur penerbangan, dan dua penembak. Varian helikopter ini mulai dikembangkan pada tahun 1981, dengan total produksi sebanyak 41 unit.

Helikopter ini pada masanya juga hadir dalam beberapa varian seperti berikut:

●YHH-53H, purwarupa pesawat Pave Low I.
●HH-53H, varian kedua yang disebut Pave Low II.
●MH-53H, pengembangan dari HH-53H.
●MH-53J, untuk keperluan operasi khusus disebut "Pave Low III". Dikembangkan dari HH-53B, HH-53C, dan HH-53H.
●MH-53M, disebut juga "Pave Low IV", merupakan upgrade dari MH-53J.




Rancangan helikopter.

Ilustrasi: wikipedia.org



Spesifikasi

Helikopter ini memiliki rotor utama dengan 6 bilah baling-baling, kemudian pada bagian ekornya terdapat rotor kecil dengan jumlah 4 bilah baling-baling. Helikopter ini mampu membawa 37 pasukan bersenjata lengkap untuk melakukan misi khusus pengiriman pasukan.

Helikopter ini memiliki panjang 28 m, diameter rotor utama mencapai 21,9 m serta tinggi 7,6 m. Berat kosongnya adalah 14.515 kg, serta berat maksimum lepas landasnya 21.000 kg. Helikopter ini juga mampu menggotong beban ekesternal dengan pemasangan kait kargo yang memiliki kapasitas angkut mencapai 9.000 kilogram.




Foto: militaryfactory.com


Helikopter MH-53 ditenagai oleh 2 mesin General Electric T64-GE-100 turboshaft, dimana masing-masing mesin mampu mneyemburkan tenaga maksimal mencapai 4.330 shp. Dengan mesin tersebut, kecepatan maksimum yang bisa diraihnya adalah 170 knot (315 km/jam).

Sementara untuk kecepatan jelajahnya adalah 150 knot (278 km/jam). Untuk daya jelajahnya mencapai 1.100 km, jarak jelajah itu dapat diperpanjang dengan pengisian bahan bakar via udara (air refueling).




Isi bahan bakar via udara bukan Via Vallen yak emoticon-Big Grin

Foto: wikimedia.org


Untuk urusan persenjataan terdiri dari minigun 3 x 7,62 mm atau senapan mesin kaliber 3 x 12,7 mm. Sebagai helikopter angkut, untuk sistem senjata yang dibawanya tidak begitu banyak.

Sementara untuk sistem avionik helikopter dilengkapi inframerah, sistem pemosisian global internal, sistem navigasi doppler, radar yang mengikuti medan dan menghindari medan, komputer on-board dan avionik terintegrasi untuk memungkinkan navigasi yang tepat ke area target.

Helikopter ini sudah pensiun gan sist, tepatnya pada bulan September 2008. Setelah rilisnya film Transformer yang pertama, setahun kemudian USAF mempensiunkan MH-53 mereka. Selanjutnya pihak USAF mulai menggantikannya dengan V-22 Osprey buatan Boeing.

MH-53 merupakan salah satu helikopter angkut yang cukup legendaris di jajaran USAF, berbagai macam misi pun sudah pernah dilakukannya, terbukti sebagai wahana angkut yang cukup mumpuni. Bahkan di akhir masa baktinya, dia masih terpilih menjadi salah satu pemain di film Transformer. Misi terakhirnya adalah saat ditugaskan ke Irak pada tahun 2008, saat ini MH-53 resmi menghuni berbagai museum di AS sebagai pajangan. Berikut ini beberapa foto dari MH-53 yang TS ambil dari berbagai sumber.




Pave Low III menurunkan pasukan.

Foto: militarywikia.org














Bagian pintu belakang.




Sumber Foto: militaryfactory.com


Dalam serial pertama film Transformer live action garapan Michael Bay, MH-53 merupakan wujud dari anggota Decepticon yang bernama Blackout. Dalam misi penghancuran markas militer AS di Qatar, Blackout turut serta membawa Scorponok, anggota Decepticon yang berwujud kalajengking.

Menurut TS, scene penyerangan Blackout ke markas militer AS merupakan pembukaan film terbaik dari seluruh serial Transformers yang pernah dibuat. Bagi yang ingat-ingat lupa dengan filmnya, TS berikan cuplikan videonya dibawah ini.

Spoiler for Transformers 1 Opening Scene:



Demikian bedah alutsista kali ini, dimana helikopter yang TS bahas merupakan salah satu alutsista militer yang muncul dalam film Transformers. Semoga pembahasan ini bisa menambah wawasan baru buat kita semua di bidang alutsista dan pertahanan. Ada yang masih ingat film ini kan ? Jangan lupa nanti berkomentar dibawah.


----------


TS ucapakan terimakasih untuk agan dan sista yang sudah membaca tulisan sederhana ini dari awal sampai akhir. Jangan lupa untuk rate 5, cendol, dan share. Sampai jumpa lagi, enjoy Kaskus emoticon-Angkat Beer


Referensi: 1.2.3
Ilustrasi: google image, militaryfactory.com, wikipedia.org
Diubah oleh si.matamalaikat 06-12-2020 04:04
tien212700
jazzcoustic
marwoto.vip
marwoto.vip dan 39 lainnya memberi reputasi
36
8.7K
113
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan