ivoox.idAvatar border
TS
ivoox.id
Banyak Pejabat Positif Covid-19, Doni Monardo Ingatkan Jangan Lama-lama Makan Bersama


Angka kasus positif Covid-19 di Kota Bandung dan sejumlah daerah lain di Jawa Barat terus bertambah. Bahkan banyak pejabat yang dinyatakan positif Covid-19.

Teranyar, Bupati Cirebon Imron Rosyadi, dinyatakan positif terpapar Covid-19.
Imron terkonfirmasi positif Covid-19 berdasarkan hasil swab test.

Sebelumnya ada Sekda Kabupaten Kuningan dan Wali Kota Cirebon yang dinyatakan positif Covid-19. Di Jakarta, Gubernur Anies Baswedan dan wakilnya dinyatakan positif Covid-19.

Kepala Penanganan Covid-19 Letjen TNI Doni Monardo tak pernah berhenti mengingatkan masyarakat Indonesia untuk menaati protokol kesehatan, terutama pada 3M, mencuci tangan, memakai masker, dan menjaga jarak.

Kepada Dr Aqua Dwipayana, motivator komunikasi, Doni Monardo mengiangtkan agar tidak berlama-lama saat makan bersama dengan orang lain. Sebab, saat makan akan membuka masker. Artinya, ada risiko penularan virus corona.

"Pak Aqua, kalau makan bersama agar diupayakan jangan lama-lama karena harus membuka masker. Selama pandemi Covid-19 sudah banyak orang termasuk pejabat yang terkena Covid-19 karena hal tersebut," ujar Kepala Penanganan Covid-19 Letjen TNI Doni Monardo Selasa (1/12/2020) siang, dikutip dari catatan harian Dr Aqua Dwipayana.

Doni menyampaikan hal itu sekaligus untuk mengingatkan agar masyarakat selalu berhati-hati saat makan bersama siapa pun.

Tidak hanya urusan konsistensi pemakaian masker. Doni juga sangat perhatian untuk selalu jaga jarak.

Jika ada kegiatan yang melibatkan banyak orang, Doni pasti mengingatkan hal itu.
"Tolong tetap saling jaga jarak ya. Jangan berdekatan antara yang satu dengan yang lain," begitulah pesan Doni.

Aqua Dwipayana yang kerap dilibatkan oleh BNPB maupun Satgas Penanganan Covid-19, kerap mendapatkan pesan tersebut.

"Saya sering mendengarkan pesan serupa dari Doni. Baik di Jakarta maupun saat di luar daerah. Biasanya orang-orang yang berada didekat Doni saat menerima pesan itu langsung mengikuti perintahnya," ujar Aqua Dwipayana.

Konsisten Sampaikan Pesan Kesehatan

Konsistensi Doni Monardo dalam melaksanakan protokol kesehatan secara ketat perlu diapresiasi. Juga semua pesan yang disampaikannya agar diikuti.

Seharusnya para penerima pesan berterima kasih kepada Doni. Semua yang disampaikannya tentang pelaksanaan protokol kesehatan menunjukkan kepeduliannya yang tinggi pada banyak orang.

Sangat wajar Doni bersikap seperti itu. Sejak mendapat amanah dari Presiden Jokowi sebagai Kepala Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 pada 13 Maret 2020 - belakangan namanya diubah jadi Satuan Tugas Penanganan Covid-19 - setiap saat selama 24 jam dirinya intens mengikuti perkembangan Covid-19. Sehingga dia tahu persis kondisi yang terjadi.

Doni sangat prihatin saat terjadi lonjakan orang yang terkena Covid-19. Apalagi jika jumlah orang yang meninggal banyak.

"Kita semua harus disiplin melaksanakan pesan dari pemerintah terkait dengan Covid-19. Kedisiplinan itu salah satu kunci keberhasilan mengatasi Covid-19," tegas Doni.

Semoga konsistensi Doni menghadapi Covid-19 dapat diteladani banyak orang sehingga korban Covid-19 dapat berkurang secara signifikan di Tanah Air.



nomorelies
areszzjay
jokopengkor
jokopengkor dan 2 lainnya memberi reputasi
1
1.6K
18
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan