Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

penanusaAvatar border
TS
penanusa
Redaksi Adzan Diganti Jadi Seruan Jihad, NU: Jangan Terpengaruh


Masyarakat Indonesia kini tengah digegerkan dengan video adzan berdurasi pendek di laman Youtube. Judulnya ‘Merinding Azan di Pondok Pesantren Tajul Alawiyyin pimpinan Habib Bahar bin Smith’.

Ada apa dengan postingan video adzan tersebut?
Ternyata ada lafadz adzan yang diubah dengan seruan berjihad. Yaitu kalimat ‘hayya alal jihad’.

Baca juga: Anies Baswedan Terpapar Covid-19, Said Didu: Semoga Tidak Muncul Ide Plt

Sontak video yang diunggal pada 30 November 2020 itu mengundang banyak komentar, bahkan dalam hitungan jam sudah viral di media sosial. Sebab lafal kalimah adzan yang dikumandangkan tidak sesuai dengan lafal adzan yang seperti biasa.

Terlepas benar tidaknya tempat dan waktu kejadian yang saat ini beredar di tengah masyarakat, tentu menarik mengetahui tanggapan berbagai tokoh termasuk mencari ada dasar boleh tidaknya mengubah lafadz azan menjadi seruan berjihad.

Dari Nahdatul Ulama yang disampaikan langsung Ketua Pengurus Besar NU, Robikin Emhas, menegaskan bahwa seruan azan yang diganti dengan ajakan berjihad adalah bentuk hasutan atau provokasi.

Baca juga: Kelompok Teroris MIT, Kapolri: Tembak Mati Saja Jika Mereka Melawan

Menurut Robikin Emhas, jihad harus dimaknai sebagai upaya sungguh-sungguh dari segenap komponen bangsa untuk mewujudkan cita-cita nasional. Dimana cita-cita nasional tersebut adalah mewujudkan perdamaian dunia, mencerdaskan kehidupan bangsa, memakmurkan ekonomi serta menciptakan tatanan kehidupan yang adil dan beradab.

“Mari kita kokohkan persatuan dan kesatuan. Kita perkuat persaudaraan sesama warga bangsa dan persaudaraan kemanusiaan sebagai sesama keturunan anak cucu Nabi Adam dan jangan terpengaruh hasutan, apalagi terprovokasi. Agama jelas melarang keterpecah-belahan dan menyuruh kita bersatu dan mewujudkan perdamaian di tengah kehidupan masyarakat,” kata Robikin Emhas

via penanusa
scorpiolama
R310s
Proloque
Proloque dan 6 lainnya memberi reputasi
7
769
15
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan