01.fAvatar border
TS
01.f
Corona Masih Lama, Ibu Rumah Tangga Dituntut Cermat dalam Mengelola Keuangan Dapur


Spoiler for :


Aku rasa tak ada yang tahu pasti kapan pandemi ini berakhir. Suka tak suka, siap tak siap, kita memang harus menyesuaikan diri pada keadaan.

Para ibu rumah tangga sepertiku ini, perhatian utama apalagi kalau bukan urusan rumah tangga. Seputar isi dapur dan sebagainya. Aku masih bersyukur suami masih diberi gaji. Meski beberapa tunjangan ditiadakan. Banyak ibu rumah tangga lain tidak seberuntung diriku ini.

Dalam situasi sulit seperti ini, ada 2 hal yang bisa dilakukan. Meningkatkan penghasilan seperti mencari penghasilan tambahan, dan mengurangi pengeluaran.

Mencari penghasilan tambahan, itu menjadi tugas para suami. Sedangkan ibu rumah tangga sepertiku ini lah yang berperan untuk mengerem pengeluaran.

Ada banyak hal yang dapat dilakukan, seperti: membayar tagihan tepat waktu, memanfaatkan cashback, cermat dalam berbelanja, dan lain sebagainya.

Aku memperkirakan, banyak ibu-ibu sepertiku ini melakukan hal-hal ini. Jika belum melakukannya sekarang, suka tak suka kelak harus mulai melakukannya.

Aku sendiri sudah mempraktekkan 2 hal berikut dalam rangka pengiritan:

1. Jangan Sisakan Perlengkapan Mandi

Ini yang sebelumnya tak pernah kulakukan sebelum pandemi. Aku memang selalu menghabiskan perlengkapan mandi seperti pasta gigi dan sabun mandi. Tapi paling banter dengan cara kupencet. Tapi ternyata, meski kita pencet sampai gepeng bin pipihpun masih ada loh sisa sabun atau pasta gigi di dalamnya. Dan lumayan juga untuk pemakaian beberapa hari.

Oh ya, dengan cara digunting pun ada hal baik, yakni tidak dimanfaatkan oknum tidak bertanggungjawab untuk pemalsuan produk. Walaupun kebenarannya sendiri aku tak tahu pasti. Tujuan utamaku sih sekedar berhemat semata.

2. Jarak Dekat Gunakan Angkot Jak Lingko. Gratis!

Nah, aku baru tahu justru setelah pandemi. Ternyata angkot Jak Lingko ini gratis! Asalkan kita membayar menggunakan kartu Jak Lingko. Kartu tetap ditap, dan saldonya setidaknya 5000. Tapi jangan kuatir, saldo tak akan berkurang setelah ditap.

Sebelum pandemi, kalau jarak dekat dan males bawa kendaraan, aku selalu menggunakan jasa ojek online. Tapi kini semenjak tahu kalau angkot Jak Lingko gratis, aku beralih ke sini. Kartu Jak Lingko bisa dibeli di halte busway terdekat.

Aku memprediksikan, di masa yang akan datang tak cuma Jakarta yang menggratiskan angkot, tapi juga wilayah-wilayah lain. Selama tak ada yang dirugikan. Baik penumpang, sopir angkot, pemilik angkot, maupun pemerintah daerah setempat.

Sesuai judul thread ini, pandemi corona masih akan lama. Situasi perekonomian kita belum menentu. Malah diambang resesi. Seorang ibu rumah tangga, sangat berperan dalan mengelola keuangan di rumah tangga masing-masing. Agar setiap kelurga dapat melalui fase sulit ini dengan baik.

Satu hal penting, jangan lupa sisihkan untuk Dana Darurat. Bisa saja kepala rumah tangga si pencari nafkah utama dalam keluarga kehilangan penghasilan karena di-PHK, atau usahanya gulung tikar. Jika hal itu terjadi, setidaknya kita sudah siap menghadapi dan melaluinya.


Quote:
Diubah oleh 01.f 03-09-2020 14:50
0
707
1
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan