Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

Kreativv.comAvatar border
TS
Kreativv.com
Auto Ngiler! 5 Makanan Korea Unik Wajib Dicoba Penggemar K-Drama

Ngomongin Korea, nggak lepas dari makanan-makanan lezat yang bikin ngiler dari drama-drama terbaiknya. Ada Kimbab, BBQ, KFC (Korean Fried Chicken), Ramyeon, Bibimbap, Tteokbokki dan masih banyak lagi menu lain yang begitu mendunia. Hal ini bisa menjadi alasan kalau kuliner asal Negeri Ginseng ini nggak boleh dilewatkan, terutama oleh para penggemar Korean drama. Nah, untuk kamu yang ingin menjelajahi kekayaan rasa dalam sajian-sajian khas mereka, berikut ini adalah daftar rekomendasi makanan Korea unik yang dijamin bakal bikin kamu merasa terjun langusung ke dalam drama Korea sesungguhnya.

1. Hongeo-Hoe, Ikan Pari Mentah yang Difermentasi

sumber: livingnomads.com


 

Salah satu makanan Korea teraneh yang membutuhkan lebih dari sekedar rasa lapar untuk memakannya adalah Hongeo-Hoe. Well, bisa dibilang menu satu ini bukanlah hidangan, tapi tantangan. Kenapa? Karena diolah dari ikan pari yang nggak buang air kecil, melainkan mengeluarkan asam urat lewat kulit, maka hasil fermentasi olahan ini berbau seperti amonia. Kamu bahkan harus menahan napas untuk memakannya. Coba ambil sedikit kimchi dan daging rebus, lalu lahaplah semua bersamaan dan nikmati ‘kelezatan’ yang unik.
2. Dakbal, Ceker Pedas

sumber: atlasobscura.com/


 

Nggak cuma di Indonesia, ceker ayam juga merupakan menu yang sangat populer di Korea, lho. Diolah secara sederhana dilapisi saus pedas, kudapan satu ini cukup sering muncul di drama-drama Korea. Biasanya Dakbal ini disajikan untuk dinikmati bareng dengan bir. Tapi rasanya yang begitu pedas nggak akan sanggup diobati dengan beberapa gelas bir dingin saja. Apalagi untuk kamu yang nggak terlalu doyan dengan makanan super pedas. Untuk menghilangkan sensasi terbakar saat makan Dakbal, pastikan kamu ditemani segelas susu.
3. Jokbal, Kaki Babi Bumbu Kecap

sumber: ryukoch.com


 

Berikutnya ada Jokbal. Hidangan Korea populer berupa kaki babi tanpa tulang yang dibumbui dengan campuran kecap, jahe dan black taffy memberikan rasa unik, kemudian dikukus. Jokbal ini juga kerap muncul di banyak drama Korea, lho. Merupakan menu tradisional, Jokbal disajikan bareng Kimchi, buchu dan lobak parut. Biasanya bumbu pilihan untuk menikmati hidangan unik satu ini adalah ssamjang, yakni pasta kacang dan merica yang difermentasi. Kamu bisa coba cara makan a la drakor, yakni membungkus Jokbal dengan daun selada dan bayangkan ada Lee Min Ho atau Hyun Bin di hadapanmu.
4. Cheonggukjang-Jjigae, Sup Pasta Kedelai Fermentasi

sumber: maangchi.com


Well, sepertinya makanan berbau menyengat adalah khasnya Korean dish, deh. Setelah sebelumnya ada Hongeo-Hoe, kali ini ada Cheonggukjang-Jjigae. Meski dalam bahasa Inggris artinya adalah Dead Body Soup, tenang aja, GenK, nggak ada mayat digunakan untuk membuat masakan unik satu ini, kok. Kunci terpenting dari masakan satu ini adalah cheonggukjang, pasta kedelai bau yang bikin hidangan ini terasa seperti daging. Ketika pasta ditambahkan ke dalam sup, baunya benar-benar tercium dan segalanya akan ikut berbau. Gimana, tergoda untuk mencicipi seporsi ‘Sup Tubuh Mayat’ ini?
5. Sundae, Sosis Darah

sumber: joelstraveltips.com


Salah satu hidangan tradisional tertua di Korea, Sundae mungkin bakal bikin kamu mual ketika awal mencobanya. Tapi jangan sampai kamu melewatkan menu yang merupakan persilangan antara haggis dan black pudding. Harganya murah dan mudah ditemukan di pasar tradisional Korea. Sundae menawarkan kelezatan luar biasa yang nggak diberikan hidangan Korea lain. Sundae sendiri merupakan usus babi atau usus sapi berisi campuran nasi, sayuran, mie dan darah, yang dikukus dan dipotong-potong. Sosis darah ini nikmat disantap dengan mencelupkannya ke dalam garam atau bumbu lainnya.

Kalau ngomongin soal makanan Korea unik, rasanya nggak bakal ada habisnya. Karena ada banyak makanan Korea yang aneh, tapi lezat banget sampai jadi rekomendasi kalau liburan ke Negeri Ginseng ini. Bagaimana, GenK? Sudah siap memasukannya kekayaan rasa yang tersaji dalam hidangan unik Korea ke dalam daftar waiting list kamu? Apa kamu malah ingin membangun bisnis makanan Korea di atas, GenK?

Baca Juga: 5 Makanan Korea Paling Populer yang Wajib Kamu Coba

dhinyzfrn
tien212700
tien212700 dan dhinyzfrn memberi reputasi
2
2.7K
18
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan