Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

jhonthor501Avatar border
TS
jhonthor501
Sebut Rizieq Shihab Isi Kekosongan Pemimpin Islam, Ini Penjelasan Jusuf Kalla
Spoiler for :


Jakarta - Wakil Presiden ke-10 dan 12 Jusuf Kalla atau JK ikut menyoroti peristiwa kepulangan pemimpin Front Pembela Islam Rizieq Shihab dan kerumunan massa pendukungnya di tengah pandemi Covid-19.

Menurut JK, kembalinya Rizieq yang disambut ingar-bingar ribuan pendukungnya itu patut mendapat perhatian. Ia mengatakan Rizieq telah mengisi kekosongan pemimpin Islam akibat absennya figur yang menyuarakan amar ma'ruf nahi munkar.

"Di situ Habib Rizieq masuk dengan jumlah pengikut yang luar biasa besar," kata JK dalam Majalah Tempo edisi 23-29 November 2020.

JK menjelaskan, partai-partai Islam yang wasathiyah, moderat, diharapkan mengusung amar ma'ruf nahi munkar. Tetapi semuanya pragmatis saja. NU dan Muhammadiyah, kata JK, tentu sibuk dengan dakwah dan upaya sosial. Sehingga, upaya mengisi kepemimpinan pun berkurang dan di situ lah sosok Rizieq hadir.

"Kita jangan hanya asyik berdakwah, tapi juga menyuarakan amar ma'ruf nahi munkar. Ini karena kita asyik berpolitik, akhirnya ada kekosongan yang diisi oleh Habib Rizieq," ujarnya.

Menurut JK, tidak ada yang salah dalam kondisi tersebut. Namun, ia berharap organisasi-organisasi Islam perlu tetap bergerak dalam bidang amar ma'ruf nahi munkar. Selain itu mengkonsolidasi organisasi-organisasi lain supaya memiliki figur alternatif.

Kepulangan Rizieq yang disambut ribuan pendukungnya, JK menilai tidak perlu dikhawatirkan selama bergerak dalam damai. Hanya, kata JK, salahnya karena itu terjadi saat pandemi dan melanggar aturan.

Ia lantas membandingkan dengan aksi 411 dan 212 (Aksi Bela Islam II dan III) yang sama-sama diikuti massa. "Itu kan massa yang sama. Jauh lebih besar massa aksi 212 dibanding kemarin. Tapi, masalahnya, yang dilanggar adalah protokol kesehatan dan UU Kekarantinaan Kesehatan," katanya.
sumbeeer

Sempruuuuuulemoticon-Mad (S)
Si

Damai endassh mu !!! emoticon-Mad (S)

Selain bicaranye si Bibib yg kurang ajarrrr emoticon-Mad (S) & melanggar Protokol emoticon-thumbdown

Tapi tenda acara petamburan yg bener2 buat risau karyawan & pasien RS. PELNI



Neh klo bersih dr si Bibib emoticon-thumbsup







Neh klo ada si Bibib emoticon-thumbdown emoticon-Mad (S)







Apanyeeee yg DAMAIII Pliiiiiin emoticon-Mad (S) emoticon-Bata (S) klo sampe pasien susah masuk Rumah sakit emoticon-Berduka (S)



pisgedong
adrianfuzagame
Aparatkaskus
Aparatkaskus dan 22 lainnya memberi reputasi
17
5.3K
53
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan