Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

dalledalmintoAvatar border
TS
dalledalminto
[COC Reg. Gorontalo] Inilah Tentang Gorontalo Yang Perlu Gansist Ketahui!




Hai, Gansist! Wah, ketemu lagi nih dengan thread ane. Kali ini ane bahas tentang Community Online Competition Regional Gorontalo.

Baiklah, tanpa berlama-lama silakan simak thread ane dengan judul, 'Inilah tentang Gorontalo yang Perlu Gansist Ketahui!'

1. Asal muasal nama Gorontalo.

Menurut sejarah Gorontalo berasal dari kata hulontalangi yang terdiri dari dua kata huluntu dan talangi yang artinya lembah mulia.

Hulontalangi, ada juga yang mengartikan daratan yang tergenang sebab terdiri dari dua kata yakni huntu artinya daratan dan langi-langi yang artinya tergenang.

Pun, ada juga yang menyebutkan Gorontalo berasal dari kata huidu totolu, yang bermakna tiga gunung. Tiga gunung tersebut yaitu gunung Malenggalila, gunung Tilonggabila dan satu gunung lagi yang tidak bernama.

Ada juga yang mengatakan, Gorontalo berasal dari kata pogulatalo, yang bermakna tempat menunggu.

Mungkin ini yang paling mirip, Gorontalo berasal dari kata hulontalo. Namun, karena penguncapan yang sulit maka penyebutannya menjadi Gorontalo.

Nah, itu tadi asal muasal nama Gorontalo, ternyata sangat panjang dan beraneka macam, ya, gansist!

Spoiler for masjid raya gorontalo:


2. Propinsi ke-32 Indonesia.

Gorontalo menjadi propinsi Indonesia pada tanggal 22 Desember 2000. Ketetapan sebagai propinsi baru tertuang dalam UU No. 38 tahun 2000 tentang pembentukan propibsi Gorontalo.
Adapun hari lahir kota Gorontalo yakni pada tanggal 5 Desember 2000.

3. Propinsi Gorontalo merupakan propinsi pemekaran

Ya, propinsi Gorontalo merupakan pemekaran wilayah dari propinsi Sulawesi Utara. Adapun ibukota propinsi ya adalah Kota Gorontalo

4. Bumi Serambi Madinah

Karena nilai adat kesopanan, nilai norma agama, nilai religius yang kental dan dijunjung tinggi pada masyarakat Gorontalo maka dari itulah, Gorontalo mendapat julukan Bumi Serambi Madinah.



5. Ada presiden RI berdarah Gorontalo.

Pasti Gansist masih ingat dengan Prof. DR. Ing. BJ Habibie. Beliau adalah orang yang terkenal cerdas dan menjadi presiden ke-3 dari Republik Indonesia. Ternyata habibie merupakan salah satu nama marga yang ada di suku Gorontalo, yakni marga dari keturunan ayah yang berdarah Gorontalo.

6. Terdapat binatang langka dan endemik
.

Di hutan Gorontalo terdapat harta yang tidak bisa diukur dengan materi, yakni hidup bermacam hewan langka dan endemik. Sebut saja, Tarsius merupakan hewan primata yang paling kecil di dunia. Anoa yang mirip kerbau tetapi lebih kecil dengan tanduk yang lurus. Ada juga burung Maleo dan Babirusa.



Begitulah kiranya, pembahasan community online competytion yang membahas Gorontalo.

Sekian thread dari ane, semoga bermanfaat. Bila ada khilaf mohon dimaafkan. Jolali tinggalkan rate, cendol, serta komentarnya. Wassalam.

Referensi: klik
Gambar: google images
delia.adel
phyu.03
eyefirst2
eyefirst2 dan 3 lainnya memberi reputasi
4
672
11
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan