cahayamuAvatar border
TS
cahayamu
Makam 'KUNO' Anak-anak Berusia 8.000 Tahun Ditemukan Di Indonesia !
Ahli Temukan Makam 'KUNO' Anak-anak Berusia 8.000 Tahun Di Indonesia !



lokasi penemuan makam kuno

Para ahli arkeologi sepertinya tak pernah lelah untuk berburu penemuan-penemuan baru tentang sejarah manusia dimasa lampau di seluruh belahan dunia, bahkan baru-baru ini para arkeolog dikabarkan baru saja berhasil menemukan pemakaman unik dan langka anak-anak dari sekitar 8.000 tahun yang lalu di Indonesia. Penemuan ini juga disebut yang pertama dari jenisnya yang ditemukan dari awal periode pertengahan Holosen.

Quote:



Sisa-sisa kerangka dari anak itu diperkirakan berusia antara empat dan delapan tahun pada saat meninggal dan memberikan informasi kepada para ahli tersebut untuk melihat bagaimana pemakaman dilakukan pada saat itu.


kerangka anak berusia 8000 tahun

Cat oker merah ditempatkan di pipi anak itu dan sebuah batu ditemukan di bawah kepalanya.

Melalui penemuan itu juga, ditemukan bahwa lengan dan kaki anak itu telah disingkirkan sebelum pemakaman. Ini adalah praktik yang telah diamati di situs pemakaman lain dari periode waktu yang sama.

“Kurangnya tulang panjang adalah praktik yang telah didokumentasikan di beberapa pemakaman lain dari periode waktu yang sama di Jawa, Kalimantan, dan Flores, tapi ini pertama kalinya kami melihatnya dalam pemakaman anak,” ucap arkeolog tersebut.

"Kami tidak tahu mengapa pengangkatan tulang panjang dilakukan, tetapi kemungkinan itu adalah beberapa aspek dari sistem kepercayaan orang-orang yang hidup saat ini," tambahnya.


struktur kerangka

Sisa-sisa anak-anak itu ditemukan di Gua Makpan di Pulau Alor. Ini adalah penguburan anak pertama pada periode Holosen. Semoga dengan penemuan ini bisa menjelaskan bagaimana masyarakat saat itu memandang anak-anak saat proses menguburkan.

Dengan membandingkan penguburan orang dewasa lainnya yang kami temukan dari periode waktu yang sama dengan penguburan anak ini di proyek jangka panjang dimasa depan, kami berharap dapat membangun kronologi dan pandangan umum tentang praktik penguburan di wilayah ini antara 12.000 hingga 7.000 tahun yang lalu, yang saat ini masih minim informasinya, ”tambahnya.


kerangka yang ditemukan

Ahli paleontologi dari Universitas Nasional Australia, Sofia Samper Carro mengatakan jenis kelamin dan usia anak dari kerangka yang ditemukan itupun masih belum diketahui.

Meskipun giginya sama dengan gigi yang berusia enam hingga delapan tahun, kerangka lebih mirip dengan gigi berusia empat atau lima tahun.

"Kami ingin melakukan penelitian paleo-kesehatan lebih lanjut untuk mengetahui apakah kerangka yang lebih kecil ini terkait dengan makanan atau lingkungan atau mungkin terisolasi secara genetik di sebuah pulau," jelas Samper Carro.

Ya sepertinya penemuan kerangka anak berusia 8000 tahun di pulau Alor ini cukup menarik perhatian para ahli arkeolog ya, dan mudah-mudahan kedepannya akan lebih banyak informasi yang bisa digali terkait penemuan ini..., jadi kita lebih mengenal sejarah masa lalu di negeri tercinta ini..


---------------------------------------------------------------------------------------------

Penulis : Cahayamu
Referensi : Pendapat Pribadi dan Link
Kaskus Kreator

emoticon-tempted emoticon-tempted 
Diubah oleh cahayamu 12-11-2020 08:26
febrifzn
blunar
tien212700
tien212700 dan 41 lainnya memberi reputasi
42
10.1K
122
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan