GuinesshaAvatar border
TS
Guinessha
2020 Masihkah Percaya Sama Santet?

emoticon-HaiHallo agan semua, so artikel kali ini gue mau sedikit membahas hal yang bersifat mistis nih yang keberadaannya masih dipercaya diIndonesia terutama dipedesaan. Tanpa berlama-lama langsung aj.

emoticon-Hot NewsKuyy Simak...

     
Mari kita mulai dari pengertian santet dahulu, Santet menurut wikipedia adalah upaya seseorang untuk mencelakai orang lain dari jarak jauh dengan menggunakan ilmu hitam. Biasanya santet sering dilakukan orang yang mempunyai dendam karena sakit hati kepada orang lain. Santet dapat dilakukan sendiri maupun dengan bantuan seorang dukun.Sebenarnya santet biasanya digunakan untuk membuat penderitaan kepada orang yang tidak disukainya, mereka biasanya akan pergi kedukun dan meminta dukun tersebut untuk membuat kehidupannya sengsara. Banyak jenis santet yang ada diIndonesia  gan dan gue gak akan bahas itu satu-satu karena gak penting juga.

Tanda-tanda santet biasanya yang paling umum adalah adanya benda yang tak wajar didalam tubuhnya seperti paku, jarum, dll. Santet juga gak selalu berujung kematian ini karena yang memberikannya itu hanya mau melihat dia menderita dikehidupannya entah itu rasa sakit yang tak kunjung sembuh sampai dihantui rasa ketakutan yang mengerikan.

Banyak orang menganggap bahwa santet tidak dapat dibuktikan secara ilmu pengetahuan tapi sebenarnya santet bisa dibuktikan dari segi ilmu pengetahuan loh. Buktinya saya pernah mendengarkan cerita bahwa ada seorang yang mengaku dirinya disantet setelah dibawa kedokter untuk dirontgenternyata ada paku diperutnya, lantas dokter langsung mengoperasinya dan benar saja ada paku didalam perutnya dan kemudian dikeluarkan, nah ini berarti santet sebenarnya bisa dibuktikkan dengan ilmu pengetahuan.


So sekarang pertanyaannya masihkah kita percaya akan keberadaan santet ditahun 2020 ini. 2020 menjadi tempat berkembangnya ilmu pengetahuan dan teknologi yang semakin lama semakin berkembang dan kepercayaan akan masa lalu atau mitos harusnya sudah memudar. Sebenarnya tidak ada salahnya mempercayai keberadaan santet tapi dizaman maju seperti ini segalanya bisa dibuktikkan dengan ilmu pengetahuan. Gue gak bakalan bilang kalau yang percaya sebagai orang kuno tapi sebenarnya harusnya pemikiran masyarakat dizaman maju seperti ini sudah berkembang.

Mungkin saja dikota-kota besar sudah tidak percaya lagi akan keberadaan santet tapi dipedesaan terpencil bisa saja masih percaya atau bahkan menggunakan santet sebagai cara untuk membalaskan dendam terhadap seseorang. Gue juga gak bakalan suruh kalian untuk tidak mempercayai santet karena tiap orang punya pemikirannya masing-masing.

emoticon-Wow
Intinya bagi sebagian orang terutama dipedesaan masih percaya akan keberadaan santet namun masyarakat diperkotaan mungkin rata-rata tidak lagi mempercayai adanya santet. Santet juga bisa dibuktikan dari segi ilmu pengetahuan karena perkembangan zaman dan teknologi yang semakin maju membuat kepercayaan akan ha-hal zaman dulu semakin tergerus. Tapi itulah Indonesia punya keberagaman yang luar biasa, tapi sebenarnya bukan Indonesia saja masih banyak negara yang percaya akan adanya santet nih gan tapi mereka punya penyebutannya masing-masing seperti Kongo, kamerun, India, dll 


Sumber Referensi : Pemikiran sendiri dan pengalaman pribadi
Sumber Gambar : Google Image

   
emoticon-Toastemoticon-Toast

Kalo agan semua punya pendapat sendiri mengenai 

hal yang gue bahas bisa ketik dibawah ya

Mari kita saling bertukar pikiran dan informasi


emoticon-2 Jempol 

Sekian dulu artikel kali ini semoga bermanfaat

Terima kasih udah pada baca






aldo12
ziont
doobey
doobey dan 21 lainnya memberi reputasi
20
5.5K
119
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan