josh.ganteng.Avatar border
TS
josh.ganteng.
Satgas: Kasus Corona Minggu Lalu Turun Ternyata karena Jumlah Tes Turun



Satuan Tugas (Satgas) Penanganan COVID-19 mengingatkan agar masyarakat tak terbuai oleh tren penurunan kasus Corona (COVID-19) yang semu. Satgas mengungkap bahwa penurunan kasus minggu lalu terjadi akibat jumlah tes yang menurun.

"Penambahan kasus positif harus menurun setiap minggunya. Jangan sampai terlihat tren penurunan kasus yang semu. Penurunan kasus minggu lalu, ternyata diakibatkan oleh testing yang juga menurun," kata juru bicara Satgas COVID-19, Wiku Adisasmito, dalam siaran YouTube BNPB, Selasa (10/11/2020).

Wiku mengatakan bahwa fenomena penurunan kasus yang diikuti penurunan tes ini mesti dijadikan sebagai pembelajaran. Dia mengingatkan agar protokol kesehatan tetap dijalankan.

"Hal ini jadi pembelajaran bagi kita semua, terlepas dari adanya masa libur pemerintah pusat dan daerah harus tetap menggencarkan tiga T (trace, test dan treat). Bagi masyarakat tetap melaksanakan protokol tiga M (memakai masker, mencuci tangan dan menjaga jarak)," ujar Wiku.

Wiku mendorong agar kapasitas pemeriksaan kasus COVID-19 ditingkatkan. Terutama untuk orang-orang dengan riwayat perjalanan.

"Untuk itu mohon betul-betul ditingkatkan kapasitas pemeriksaan COVID-19, terutama orang-orang dengan riwayat perjalanan. Serta penelusuran kontak erat dengan massif untuk mendeteksi kasus," tutur Wiku.

Wiku menjelaskan bahwa pada pekan ini ada peningkatan kasus positif Corona 8,2%. Menurutnya, perkembangan ini merupakan perkembangan yang kurang baik.

"Pada tingkat nasional di pekan ini terjadi peningkatan kasus positif sebesar 8,2%. Ini adalah perkembangan yang kurang baik, karena kasus positif mengalami peningkatan," jelasnya.

Sebelumnya, diberitakan hari ini terdapat penambahan kasus baru Corona sebanyak 3.779.

Data tersebut dipublikasikan oleh tim BNPB, Selasa (10/11/2020). Dengan penambahan 3.779, total kumulatif kasus Corona di Indonesia per hari ini berjumlah 444.348 kasus.

Penambahan 3.779 kasus ini didapat dari pemeriksaan 33.063 spesimen. Data ini diperbarui dan dihimpun setiap harinya per pukul 12.00 WIB.

Sementara itu, pada hari ini juga dilaporkan ada tambahan 3.475 pasien yang sembuh. Total kumulatif per hari ini, ada sebanyak 375.741 pasien Corona yang sembuh.

Dilaporkan juga pada hari ini ada 72 pasien Corona meninggal dunia. Total ada 14.761 pasien yang meninggal akibat COVID-19.


SUMBER




Jadi satgas ini tidak tau kalau jumlah test turun emoticon-Hammer2 emoticon-Hammer2 emoticon-Hammer2
nomorelies
areszzjay
areszzjay dan nomorelies memberi reputasi
2
954
33
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan