ihatebikesnetAvatar border
TS
ihatebikesnet
[IHATEBIKES] Sebelum V Belt Putus di Jalan, Peka sama 3 Gejalanya yuk!


Sumber: kumparan


ASLI! Jengkel banget kalo lagi naik motor pulang atau berangkat kerja tau-tau mogok roda gak mau berputar! Akhirnya dorong deh sampe bengkel… Cuapek juga lur. Pernah ngalamin? 


gak mau gerak.. maunya goleran emoticon-Big Grin

Padahal, sebenernya gak susah loh buat tau tanda-tanda sebelum v belt ini mendadak putus di jalan. Yang penting PEKA! Selain sama pacar, motor dan sabuk CVT juga perlu kalian perhatikan. 

Ini tanda-tandanya!

Pertama, gak sulit. Cukup dengarkan bunyi berdecit/gredek/kretek pada saat di gas awal. Bunyi ini letaknya ada di boks CVT. Kalau sudah ada bunyi seperti itu berarti ada tanda bagian komponen CVT yang aus. Bisa jadi karena rollernya peyang, kampas kopling aus, atau sabuk CVT sudah mulai getas.


Spoiler for Belum tau CVT itu dimana? Klik:



Kedua, tarikan sudah mulai berat. Tarikan motor rasanya seperti nggak mulus dan tersendat. Hal ini terjadi karena kondisi v-belt sudah aus sehingga akselerasi pun berpengaruh pada tarikan gas. Sehingga perputaran roda tidak sesuai dengan tenaga yang dihasilkan. Meskipun udah berasa digas besar, tapi tetap aja rasanya motor nggak kenceng malah berasa ngeden dan berat. 


Ketiga, bukan dari motornya tapi dari pengalaman perjalanan sejauh apa gan/sis mengendarai motor. Jadi begini maksudnya. Meski gan/sis tidak merasakan gejala apapun pada motor, namun banyaknya kilometer menunjukkan usia motor perlu dirawat. Kalo agan butuh sebulan lamanya kerja baru dapat gaji, maka motor butuh kilometer sebanyak kurang lebih 5000 km untuk diremajakan. Atau jika tidak berdasar pada kilometer, gan/sis bisa mengukurnya berdasarkan bulan, bisa setiap 2-3 bulan.

Jika gan/sis sudah paham dengan tanda-tanda ini, maka yang selanjutnya harus dilakukan adalah mencari tempat terbaik untuk servis motor. Sekarang pertanyaannya dimana tempat terbaik itu?

Jika motor yang gan/sis gunakan di bawah satu tahun, biasanya ada buku khusus untuk mewajibkan gan/sis servis ke bengkel resmi. Sayang juga melewatkan gratisannya.. Silahkan ke sana. Mumpung gratis.. Hehe! Namun ada kalanya keluhan datang setelah buku ini habis. Keluhannya apa? Lanjutkan di komentar saja emoticon-Big Grin

Sebenarnya ada alternatif yang menawarkan paket Servis Rutin murah dan lengkap. Servis tersebut meliputi pembersihan CVT, pembersihan throttle body, serta pengecekan dan penyetelan umum seperti ban, rem, radiator, aki, filter udara, busi, ECU, & rantai/belt. Semuanya hanya seharga Rp39.000 saja.

Di sana gan/sis dapat menyimpulkan apakah CVT belt gan/sis masih dalam keadaan bagus, sudah getas, atau justru pertanda mau putus. 

Kalau sudah getas akan terlihat retak pada saat v belt ditekuk ke luar. Gerigi beltnya juga akan terlihat lebih ramping dan tajam jika dibandingkan dengan v belt yang masih bagus. 

Spoiler for Penampakan CVT Belt getas:


Jika sudah ada tanda-tanda ini, maka sebaiknya gan/sis minta untuk diberikan belt conditioner agar kondisi CVT tetap lentur. Namun bila kondisi getas sudah parah dan berpotensi putus maka sebaiknya diganti saja. Sebab kalo sampai putus di jalan tiba-tiba, ya akan mengalami kejadian seperti saya di atas. 


Penyebab Van Belt Getas
Getas ini tidak lain diakibatkan karena gesekan belt dengan pulley depan dan pulley belakang. Getas juga akan diperparah dengan suhu panas yang tidak tersirkulasi dengan baik di dalam ruang CVT. Karena itulah di dalam ruang CVT mesti bersih tidak terhambat dengan kotoran, agar sirkulasi bisa berjalan dengan baik.

Tapi ya balik lagi, v belt atau sabuk CVT cepat getas karena kurang diperhatikan saja. Bayangkan saja bahan karet yang dipanaskan terus menerus dalam ruangan pasti akan rusak dan melemah kekuatannya. 

Mau tidak mau kalau sudah usang, aus, atau getas, dan mau putus, TS sarankan diganti. Sebab sangat bahaya jika mempertahankan hubungan yang rusak. Hehe! emoticon-Wink

Intinya, supaya part-part CVT gan/sis terawat dan awet, maka selalu pastikan untuk diservis secara berkala atau Servis Rutin. Baiknya setiap 5000km atau setiap 2-3 bulan sekali (tergantung mana yang lebih dulu) sama seperti anjuran Planet Ban.


Bonus informasi servis motor


Bagi bintang dan share kalo bermanfaat ya gan! 
Jangan lupa komeng! emoticon-Salam Kenal
minhakim20
isu152
tien212700
tien212700 dan 3 lainnya memberi reputasi
4
3.3K
25
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan