Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

Sambelterasi052Avatar border
TS
Sambelterasi052
10 Daftar Kura-Kura Berbadan Besar, Yuk Simak Apa Saja Jenisnya


Kura-kura sering disebut sebagai salah satu hewan jaman purbakala yang diprediksi hidup sekitar 230-225 juta tahun yang lalu. Tidak seperti penyu kecil biasanya penyu besar sering hidup di tempat tersembunyi karena spesiesnya terancam punah.

10. Penyu Penggigit
Foto: pexels.com

Panjang tubuh reptil ini berkisar antara 20 hingga 35 cm dan beratnya bisa mencapai 30 kg, kura-kura jenis ini memiliki tubuh yang kekar kaki yang kuat dan kepala yang bulat. Harapan hidup rata-rata 60 tahun.

9. Kura-kura Telinga Merah
Foto: pinterest.com

Kura-kura telinga merah merupakan hewan peliharaan omnivora yang memiliki pola dan warna cantik pada cangkangnya dan pada telinga. Meski tergolong eksotik banyak orang yang memeliharanya di rumah. Kura-kura telinga merah dapat hidup hingga 50 tahun. Ukurannya dewasa bervariasi dari 25 cm hingga 37 cm

8. Penyu Matamata
Foto: pulsk.com

Penyu matamata adalah hewan dengan penampilan yang tidak biasa. Kepala segitiga dengan belalai di ujungnya memberikan orisinalitasnya. Lehernya ditutupi dengan potongan kulit bergigi yang berfungsi membantunya bersembunyi dari predator serta menarik mangsa.

Matamata hampir tidak pernah meninggalkan air, ia lebih aktif pada malam hari. Penyu ini sangat populer di kalangan orang yang mengoleksi hewan amfibi.

7. Kura-Kura Pacu
Foto: pixabay.com

Kura-kura pacu atau sulkat merupakan kategori reptil besar, panjang cangkangnya 75-76 cm, berat jantan mencapai 100 kg dan betina sekitar 40 kg. Hewan ini memiliki kulit tebal dengan perisai keras.

Habitat kura-kura ini meliputi Afrika Tengah sabana dan gurun. Sulcat suka menggali lubang tempat mereka bermalam dan tempat berteduh pada siang hari. Harapan kura-kura inj hidup rata-rata sekitar 80-120 tahun.

6. Penyu Arrau (Tartaruga)
Foto: en.wikipedia.org

Penyu Tartaruga merupakan penyu berukuran besar yang panjangnya mencapai 1 meter jenis ini memiliki cangkang bulat telur dan kepala yang besar.

Tartaruga suka tinggal di daerah Guyana dan Venezuela. Hewan ini hidup di sungai laguna dan rawa. Kura-kura ini makan dengan menyantap buah-buahan dan serangga.

5. Kura-Kura Seychelles
Foto: bbc.com

Seychelles merupakan jenis kura-kura raksasa, Panjang cangkang hewan ini mencapai 120 cm, ketebalannya sekitar 1,5 cm Penyu raksasa ini lebih suka hidup di rawa bakau.

4. Penyu Berparuh Burung
Foto: greeners.co.

Penyu ini adalah penyu yang hidup di air tawar. Panjangnya dapat mencapai 1,4 meter dan berat 80 kg.

Peneliti masih belum menemukan asal usul reptil tersebut, diyakini bahwa perwakilan spesies ini berasal dari cotilosaurus yang punah pada era Paleozoikum. Ilmuwan lain mengklaim bahwa kura-kura itu adalah keturunan amfibi discosauris. Penyu burung bangkai berasal dari Amerika, Illinois dan Iowa.

3. Penyu Hijau
Foto: dictio.id

Penyu hijau menjadi populer di banyak negara karena dagingnya yang empuk. Berat rata-rata penyu ini sekitar 200 kg dengan ukuran sekitar 1,5 meter. Habitatnya meliputi perairan tropis dan subtropis di Samudra Dunia. Mereka tinggal di laut lepas dan di dekat pantai.

2. Penyu Galapagos
Foto: davablog.com

Kura-kura Galapagos merupakan salah satu kura-kura raksasa yang panjangnya mencapai 1,8 meter. Saat ini, penyu Galapagos atau penyu gajah berada di ambang kepunahan, mereka tinggal di Kepulauan Galapagos, harapan hidup rata-rata antara 150 hingga 300 tahun.

1. Penyu Belimbing
Foto: mogabay.co.id

Penyu belimbing merupakan salah satu reptil yang tidak memiliki kerabat dalam genusnya. Panjang cangkang berbentuk buah belimbing mencapai 2 meter. Berat penyu ini mencapai sekitar 600 kg.

Referensi: Giant Tortoise: 185 Years Post-Darwin, a New Species in Galapagos
agusrezapratam4
nanangbfg
tien212700
tien212700 dan 40 lainnya memberi reputasi
39
10.3K
113
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan