whitehatsAvatar border
TS
whitehats
Jelang Demo di Kedubes Prancis, Lalin di Jl Thamrin Ditutup Kawat Berduri

Penutupan arus lalu lintas di Jl MH Thamrin jelang demo di Kedubes Prancis. (Sachril Agustin/detikcom)


Jakarta - Menjelang demo massa PA 212, polisi memperketat keamanan di depan Kedubes Prancis, Jl MH Thamrin, Jakarta Pusat. Saat ini, Jl MH Thmarin dari arah Patung Kuda ke Bundaran HI telah ditutup pagar kawat berduri.
Pantauan detikcom, Senin (2/11/2020) pukul 10.52 WIB, sejumlah polisi menarik pagar kawat berduri. Pagar kawat berduri itu dibentangkan di sepanjang ruas Jl MH Thamrin dari sisi utara menuju ke selatan.
Sementara lalu lintas di Jl MH Thamrin dari arah Bundaran HI ke Patung Kuda masih dibuka. Kendaraan masih bisa melintas di Jl MH Thamrin ke arah Monas.

Saat ini, belum tampak ada massa yang datang ke lokasi. Namun, sejumlah personel polisi dan TNI sudah bersiaga di lokasi.


Dua mobil water canon dan 1 unit baracuda sudah siaga di balik pagar kawat berduri. Informasi dari petugas keamanan Kedubes Prancis, pelayanan di kantor Kedubes Prancis ditutup sementara waktu.
Direktur Lalu Lintas Polda Metro Jaya Kombes Sambodo Purnomo Yogo mengatakan, pihaknya telah menyiapkan rekayasa lalu lintas terkait adanya demo di depan Kedubes Prancis siang ini. Lalin di Jl MH Thamrin di depan Kedubes Prancis akan ditutup total jika massa sudah datang.



"Semuanya yang dari arah Patung Kuda akan dibelokkan ke kiri ke arah Jl Wahid Hasim," kata Sambodo.


Kendaraan dari arah Jl Wahid Hasyim ke kiri ke Jl MH Thamrin ditutup. Kendaraan akan diluruskan ke arah Tanah Abang.

Sementara itu, polisi telah menyiapkan 8.000-an personel untuk mengamankan aksi unjuk rasa di dua titik tersebut. Polisi menyebut personel tersebut cukup untuk mengamankan jalannya aksi demonstrasi.

"Kemungkinan kayak yang kemarin, nggak jauh beda. Kemarin itu sekitar 7.000-8.000, cuma bisa berubah. Tapi nggak terlalu signifikan," kata Kabag Ops Polres Jakarta Pusat AKBP Wiraga Dimas Tama kepada wartawan, Minggu (1/11).

Wiraga mengatakan estimasi massa yang akan menggelar demo di dua titik aksi itu sekitar 1.500 orang lebih. Dia menyebut massa buruh yang demo di Patung Kuda akan berkumpul sejak pukul 10.00 WIB dan massa yang demo di depan Kedubes Prancis selepas salat Zuhur.
Seruan aksi ini sebelumnya telah disampaikan oleh juru bicara Persaudaraan Alumni (PA) 212, Ustaz Haikal Hassan. Dia mengajak massa untuk berdemonstrasi dengan tertib.
"Saya Haikal Hassan dengan ini meminta, mengimbau, mengajak kepada seluruh umat Islam yang akan melakukan protes terhadap penistaan agama yang dilakukan Pemerintah Prancis, mari kita protes, tentu dengan akhlak Rasulullah juga," kata Haikal dalam video.

Sumber : https://news.detik.com/berita/d-5237718/jelang-demo-di-kedubes-prancis-lalin-di-jl-thamrin-ditutup-kawat-berd uri/2

0
651
10
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan