Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

sllzAvatar border
TS
sllz
Jembatan Kapitan, Lokasi Paling Angker & Dihindari Ditempat Ane


Dari sekian banyak daerah yang dikenal 'angker' di sekitar tempat ane tinggal, beberapa bahkan sudah masuk berita nasional dan banyak diliput seperti Rumah Angker RRI dan Situ Rawa Kalong. Tapi, di thread ini ane akan mengangkat cerita dilokasi yang lain, yaitu Jembatan Kapitan.

Bagi masyarakat setempat, nama Jembatan Kapitan di Jalan Kapitan Raya, Cimanggis, Depok ini sudah sangat populer dan terkenal keangkerannya. Saking angkernya, banyak orang lebih pilih putar jalan daripada melewati jembatan ini dimalam hari.

Yaps, jembatan yang letaknya gak begitu jauh dari pintu tol Cijago (Cimanggis-Jagorawi) ini punya banyak cerita yang sudah turun temurun, bahkan gak sedikit dilengkapi kejadian yang menurut ane pribadi "emang beneran ada sesuatu ditempat itu".


STORY...

Dijembatan ini ada banyak sekali cerita horor yang sering ane denger langsung dari orang-orang tua di Kampung Babakan. Mulai dari penampakan ikan gabus berukuran jumbo yang sering muncul disekitaran jembatan pas terang bulan/purnama, sampai pocong dan kuntilanak.

Jembatan yang salah satu sisinya ditumbuhi pohon rengas berukuran besar ini menyimpan banyak sekali misteri.

Pohon rengas ini sudah ada sebelum bokap ane lahir, bahkan dulunya dibawah pohon ini sering dikasih sesaji/sajen yang entah siapa orang yang taro disitu.

Sayangnya, beberapa waktu lalu pohon rengas nan angker ini mati karena disiram oli atau cairan kimia oleh pendatang, dan pada akhirnya sekitar 4-5 hari kemudian yang menyirampun jatuh sakit lalu meninggal dunia. Kejadian ini sekitar akhir tahun 2019 lalu.


Pohon rengas yang mati di Jembatan Kapitan (25-11-2019) | Foto Dok. Pribadi


Tepat dibawah pohon rengas itu ada sungai dangkal dengan air yang selalu tenang dan disebelahnya ada gudang kosong. Didalam gudang dipenuhi rerumputan dan tak jarang ular piton sering ditemukan di sekitaran depan gerbangnya. Sekali, damkar pernah menangkap ular piton rasaksa di tempat ini, kejadiannya sekitar awal atau pertengahan 2017 silam.

Selang beberapa meter dari lokasi pohon rengas legend itu, pernah ada pohon kapuk yang ukurannya sangat besar. Karena dedaunannya rindang dan menutupi jalan sampai area jalan jadi gelap, akhirnya ditebanglah pohon kapuk itu sekitar 7-8 tahun lalu oleh seorang bapak-bapak yang dikenal sosok pemberani dengan hal mistis di Kampung Babakan. Gak beda jauh dengan nasip yang menyiram kimia ke pohon rengas, sang bapak pemberani yang menebang pohon kapuk pun gak lama kemudian jatuh sakit dan meninggal dunia.

Diatas ini adalah 2 kejadian yang paling bikin ane bertanya-tanya. Apakah benar makhluk halus bisa membunuh manusia dengan cara membuatnya sakit sampai meninggal? emoticon-Gila

Hal-hal lain yang sering terjadi di sekitar Jembatan Kapitan juga ada banyak lagi, misalnya kecelakaan tunggal. Yaitu pengendara motor yang jatuh dengan sendirinya, padahal jalannya sudah dibeton dan kondisi jalan juga sepi. Menurut pengakuan temen ane yang pernah jatuh ditempat itu berkata "tiba-tiba muncul kaya orang mau nyebrang pas 1 meter kurang didepan, akhirnya banting stir dan jatuh. Tapi pas tengok kanan-kiri gak ada orangnya."

Cerita horor lain tentang Jembatan Kapitan juga ane denger langsung dari bapak sekuriti perumahan dekat lokasi kejadian, beliau sudah 8 tahun menjadi penjaga keamanan dilokasi tersebut. Menurutnya, Jembatan Kapitan ini memang angker dan banyak kejadian misterius. Tapi saat ini beliau sudah tidak lagi menghiraukan asalkan tidak berbuat dan berkata "aneh-aneh"ditempat tersebut.

Bapak sekuriti juga cerita diawal-awal ia bekerja dilokasi tersebut dirinya tidak tenang saat berjaga malam karena sering di tampakkan sosok bayangan hitam besar diluar pos jaganya, bahkan sampai dilempari kerikil ke kaca posnya (btw, lemparan kerikil yang mirip batu cincin itu masih disimpan oleh bapak sekuriti). Seiring waktu berjalan, beliau mengucap mulai terbiasa dengan kejadian-kejadian tersebut dan menganggapnya biasa.

Pesan dari beliau ke masyarakat sekitar "jangan pernah berhenti disekitar sini kalau lagi bawa anak kecil, anak kecil sering ditampakkan dari sebelah situ, biasanya besoknya sakit," beliau sambil menunjuk ke arah gerbang dekat pohon rengas.


Nama Berbeeda Di Tempat Yang Sama

Masyarakat luar Kampung Babakan mengenal area Jemabatan Kapitan dengan sebutan Rumah Angker Kapitan. Ya, memang tidak salah! Jembatan kapitan dan rumah angker kapitan berada dilokasi yang sama bahkan berhadap-hadapan dengan pohon rengasnya.


Pohon Rengas dan Rumah Angker Kapitan (Mei 2018) | Foto via: Google Street View


Rumah yang konon angker banget ini punya banyak cerita dari orang-orang tua di Kampung Babakan, Sukatani. Beberapa mengatakan rumah tersebut berdiri diatas makam, dan cerita lainnya bahwa dirumah tersebut pernah terjadi pembunuhan dimasa lalu.

Tak sedikit masyarakat yang pernah mengalami hal horor dirumah ini, misalnya melihat penampakan dari jendela, bahkan mendengar suara jeritan dari dalam rumah saat melintasi jalan tersebut dimalam hari.

Rumah ini semakin diyakini angker karena setiap penghuninya gak akan bertahan sampai 1 tahun, biasanya penghuni rumah ini akan pindah dan berganti penghuni yang baru. Saat thread ini ane tulis, rumah angker berukuran besar itu sekarang jadi gudang alat-alat perfilman.


Tempat Sakral Di Kapitan

Selain jembatan dan rumah angkernya yang terkenal horor, ada juga tempat sakral yang dihormati masyarakat, yaitu makam KERAMAT KAPITAN. Lokasi makamnya juga tak jauh dari jembatan.


Batu Nisan Makam Kramat Kapitan | Foto via: Temen Ane (N.S)



Quote:





Sumber: Opini Pribadi, Sekuriti Perumahan & Masyarakat Setempat
johnq75
kokonaga
tien212700
tien212700 dan 9 lainnya memberi reputasi
10
3.3K
20
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan