hayosayasiapaAvatar border
TS
hayosayasiapa
Ternyata Ada Penyesalan Dalam Diri Orangtua Ketika Membesarkan Anaknya Loh!


Orangtua pasti selalu ingin menjadi yang terbaik bagi anak-anaknya. Oleh karena itu, orangtua pasti selalu berusaha untuk selalu melakukan hal-hal terbaik ketika mengasuh dan membesarkan anak-anaknya. Tapi sayangnya, terkadang ada hal-hal yang dikira baik untuk dilakukan orangtua untuk anaknya tapi meninggalkan bekas penyesalan bagi orangtua ketika anaknya beranjak dewasa loh.

Yap! Saking besarnya penyesalan yang dialami oleh para orangtua tersebut membuat mereka berharap kalau waktu bisa diulang sehingga mereka tak melakukan hal-hal yang akan mereka selali tersebut. Namanya juga penyesalan, hal tersebut selalu datang belakangan, dan hal tersebut tak bisa diulangi.

Nah, dari pada kamu ikut menyesal karena hal-hal yang awalnya dianggap baik, lebih baik kamu hindari ya!



Terlalu Banyak Mengoreksi



Namanya juga anak-anak, masih belajar tentang segala hal. Biasanya sih anak anak melakukan segalanya dari meniru apa yang dilihatnya. Karena masih belajar, jadi wajar saja kalau ia melakukan kesalahan kesalahan. Di sini orangtua selalu hadir dan berperan untuk membenarkan kesalahan kesalahan yang dilakukan anakmu. Tapi sayangnya banyak orang yang melakukan dengan cara yang salah, dimana orangtua mengkoreksi dan mendidik anak agar disiplin tanpa adanya koneksi antara anak dan orangtua. Ingat! Bonding antara anak dan orangtua sangatlah diperlukan.


Selalu Melarang Anak Menangis



Perasaan anak-anak memang masih sangat lembut dan juga sensitif, wajar saja jika ia mudah nangis, baik itu ketika melakukan kesalahan, ketika dimarahi, atau bahkan ketika ia kaget dan juga takut. Nah, sebagai orangtua pasti kalian ingin selalu hadir untuk anakmu agar ia tak menangis lagi kan? Tappi ingat cara terbaik untuk menenangkan anak menangis bukanlah melalui sebuah perintah untuk melarangnya menangis, tapi kalian harus bisa merasakan emosi yang dirasakan anakmu. Buat anakmu merasa kalau kamu sebagai orangtuanya merasakan apa yang dia rasakan.


Terlalu Sering Mengabadikan Momennya



Orangtua pasti ingin selalu mengabadikan momen tumbuh kembang si kecil agar segala momen terbaiknya bisa dikenang ketika sudah dewasa nanti. Tapi jangan sampai kalian terlalu fokus untuk mengabadikan momen melalui sebuah foto dan video tanpa menikmati momen tersebut secara langsung bersama dengan anakmu ya!


Selalu Membanding-bandingkannya



Orangtua pasti selalu bangga dengan hal yang dilakukan oleh anaknya. Nah, jika kamu mendegar hal-hal hebat yang dilakukan oleh anak lainnya yang tidak dilakukan anakmu, kalian jangan pernah membanding-bandingkannya dengan anakmu ya. Daripada terlalu fokus dengan hal-hal yang dilakukan oleh anak orang lain, lebih baik kalian fokus dan selalu support anak-anakmu.


Memiliki Ekspektasi yang Berlebihan



Setiap orangtua pasti menginginkan anaknya kelak menjadi orang hebat yang bisa membanggakan. Keinginan tersebut wajar saja, tapi jangan pernah berlebihan ya. Jangan sampai obsesimu tersebut malah membuat kamu terlalu menekan dan menuntut anakmu menjadi sosok yang kamu inginkan.



SUMBER
cheria021
rinandya
tien212700
tien212700 dan 4 lainnya memberi reputasi
5
1.9K
12
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan