Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

adivaazzahraAvatar border
TS
adivaazzahra
Tips Aman Berkendara Bagi Muslimah yang Mengenakan Gamis dan Jilbab Lebar

Sumber Gambar

Assalamu'alaikum, selamat pagi, GanSist. Balik lagi bareng Adiva dalam thread kali ini yang berjudul:


"Tips Aman Berkendara Bagi Muslimah yang Mengenakan Gamis dan Jilbab Lebar"


Hai, selamat pagi. Kamu adalah wanita muslimah yang suka memakai gamis longgar dan jilbab besar? Sini, yuk. Kumpul bareng di sini, kita belajar bersama.

Ada satu hal yang biasa menjadi kontroversi di kalangan masyarakat, terutama para muslimah. Hem, ituloh, yang biasa pakai jilbab besar buat gegayaan dan berujung celaka.

Kenapa gegayaan dan celaka? Ya, pasalnya terkadang mereka memakai jilbab yang panjang di belakang dan pendek di depan. Nah, saat mereka dibonceng, mereka tidak memperhatikan jilbab yang mereka kenakan dan akhirnya masuk ke dalam roda motor yang sedang berputar.

Apa yang terjadi? Si pembonceng dan yang dibonceng akhirnya jatuh. Lalu, tak sedikit orang yang justru menyalahkan jilbab yang dipakai orang tersebut. Padahal ... yang seharusnya disalahkan adalah si pemakai yang kurang berhati-hati.

Ingin mengikuti trend, malah celaka pada akhirnya. So,buat kamu yang suka memakai jilbab lebar dan gamis lebar, berikut ini ada beberapa tips aman saat sedang berkendara dengan menggunakan gamis dan jilbab lebar.


Sumber Gambar

1. Perbaiki Posisi Duduk dan Pastikan Jilbab atau Gamis Sudah Aman

Sebelum kamu berangkat, entah tempatnya dekat atau jauh. Pastikan rok atau gamis yang kamu gunakan tidak akan sampai pada teralis motor, begitu pula dengan jilbab. Jika kamu dibonceng, pastikan kamu memegang jilbab dan rok atau gamis, agar tidak masuk pada roda kendaraan. Selalu perhatikan keadaan rok dan jilbab, jangan lengah apalagi melupakan. Cukup mantan saja yang dilupakan, tetapi hal-hal untuk keselamatan berkendara, jangan.

Jika kamu adalah pengemudi, kamu bisa menarik gamis atau rok untuk kamu duduki, dan pastikan untuk kain itu tetap aman dan tidak sampai pada bagian roda motor. Begitu juga dengan jilbab, pastikan kamu menduduki ujungnya, sedikit saja. Agar jilbab yang kamu gunakan tidak terbang dan memperlihatkan rambut di bagian belakang karena rambut merupakan aurat bagi wanita.

2. Selalu Gunakan Celana Panjang atau Celana Olahraga

Nah, kenapa selalu gunakan celana panjang di dalam? Setelah rok atau gamis, jangan lupa pula pakai celana panjang. Supaya, saat kamu mengangkat rok dan mengamankannya dari roda kendaraan, aurat kamu tetap terjaga. Ini demi keamanan dan keselamatan bersama.

3. Gunakan Jaket

Nah, jaket di sini berfungsi untuk mengikat jilbab yang kita kenakan agar tidak beterbangan dan mengganggu pengendara lain, juga agar tidak menutupi penglihatan dari pengendara lain yang ada di belakangmu saat sedang berkendara.

Nah, poin pentingnya juga, jika jilbab yang kamu gunakan tertutupi oleh jaket, jilbab tidak akan terbang dan menyebabkan auratmu (rambut) terlihat oleh orang lain. Berkendara juga akan terasa nyaman dan tidak berat, karena jilbab tidak menyebabkan angin bertambah kuat untuk membuat kita merasa seperti akan diterbangkan oleh jilbab yang kita kenakan.

Jika kamu adalah orang yang dibonceng, pastikan juga jilbab tidak menutupi lampu sein motor. Agar orang tahu saat pengendara akan berhenti, menyeberang, atau berbelok dengan melihat lampu sein. Hal ini bertujuan untuk menghindari kecelakaan lalu lintas.

Nah, kira-kira, teman-teman sudah melakukan hal ini belum? Ini terlihat kecil, tetapi sebenarnya bermanfaat untuk keselamatan diri. Terkhusus buat semuanya, ya. Bukan hanya untuk wanita muslimah saja.

Sekian dulu informasi yang saya bagikan. Jika tidak berkenan atau berbeda pendapat, atau bahkan ada tambahan lagi, silakan tuliskan, ya. Akan tetapi, tak perlu mengundang keributan.


Sekian dan terima kasih, wassalamu'alaikum.

Adiva Azzahra,
Gowa, 8 Oktober 2020.
dhinyzfrn
isu152
zulmusarofah
zulmusarofah dan 25 lainnya memberi reputasi
26
4.1K
114
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan