Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

lintangayudyAvatar border
TS
lintangayudy
Tulisan Sampah Itu yang Seperti Apa Sih Gan? Sharing, Yuk!
Assalamualaikum

Pernahkah agan sista menjumpai komentar ataupun krisan (kritik dan saran) dalam sebuah karya tulis baik itu berupa thread, cerita pendek, cerita bersambung, puisi, atau semacamnya dengan kata 'sampah'?

Kita ngobrol santuy tanpa ngeluarin urat saraf, yuk?



Mari kita berbagi pendapat agan sista soal 'sampah' yang sering kita jumpai di dalam komentar sebuah tulisan. Akhir-akhir ini ane merasa terganggu dengan kalimat 'sampah' yang ditujukan untuk sebuah karya tulis entah apapun bentuknya. Baik thread di kaskus, tulisan di Facebook, ataupun chit chat di WhatsApp group.

Ane mengamati, ada beberapa orang yang merasa bangga mengkritik atau berkomentar karya tulis sebagai sampah. Ane jadi bertanya-tanya, Gansist? Apakah jika seseorang itu memberi komentar 'sampah' terhadap tulisan itu menunjukkan bahwa tingkat keilmuan dia itu lebih tinggi? Bahwa dia sudah bisa disebut sebagai master? Paling tidak tulisan dia perlu diperhitungkan. Kalau anggapannya seperti itu, anak ane aja bisa komentar 'sampah'.



Sebenarnya ane sih kagak masalah tulisan ane dianggap sampah atau tidak. Asal kalau tiap nulis thread viewer ane banyak sampai jutaan, tulisan ane yang buat event jadi juara terus, gitu. Jadi ane bisa balik komentar "Tulisan sampah aje viewer bejibun, menang event terus. Gimana kalau gue keluarin tulisan berkualitas, kelar idup, lu!" Hahahaha

Dan saat ane selidiki ternyata mereka yang berkomentar ataupun krisan sampah itu dulunya juga pernah dikomentari seperti itu. Ane jadi keinget jaman dulu pertama kali masuk sekolah, pas masa orientasi siswa (MOS) para senior ane memperlakukan kita semua siswa baru seperti yang senior mereka lakukan dulu. Jadi semacam 'ih, ini tuh buat ngelatih mental elu. Jan cengeng. Baru dikata sampah aja nangis, ngambek kagak mau nulis lagi'. Jadi apakah komentar 'sampah' itu sebuah kata motivasi atau sebuah kata yang mampu membuat orang yang dikrisan menjadi pribadi yang kuat secara mental? Gimana menurut agan sista?

Satu pertanyaan lagi. Apakah menilai tulisan itu harus dengan kata 'sampah'? Agar tulisan orang itu lebih bagus dan melatih mental? Apakah jika orang tersebut tidak pernah dikomentar 'sampah' menandakan tulisan dia tidak akan pernah bisa berkembang? Dan apakah komentar 'sampah' masuk ke sebuah proses yang berdarah-darah sebagai seorang penulis?

Coba agan sista menanggapi apa yang ane tulis dan juga menjawab pertanyaannya ane. Jujur ane bingung. Komentar 'sampah' bertebaran di mana-mana. Dan ane kagak ngarti maksud sampah itu seperti apa.

Oh, iya satu lagi. Tulisan sampah itu tulisan yang seperti apa sih? Dan tulisan yang bagus dan berkualitas itu seperti apa?

Terima kasih buat yang bersedia membaca dan menanggapi trit ane. Mari berkomentar yang bijak ya, Gansist.

Sumber tulisan : Opini Pribadi
Sumber gambar : dokpri


DianAhmadKaskus
jabalnursaja
ZainAkbar2021
ZainAkbar2021 dan 14 lainnya memberi reputasi
15
3K
81
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan