Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

jixie27Avatar border
TS
jixie27
Tips Berburu Foto Makro dengan Menggunakan Lensa Smartphone
Berburu Foto Makro dengan Menggunakan Lensa Smartphone tidak hanya didukung dari kualitas jenis lensa maupun harga jual handphonenya, dibutuhkan juga kepandaian potographernya dalam memilih moment dan pemilihan objek. Saat ini hampir semua smartphone memiliki kualitas kamera yang hampir sama, diiringi juga dengan kehadiran aksesoris yang membuat hasil foto jauh lebih bagus.
Bagi anda penikmat potographi lewat smartphone, dibawah ini ada beberapa tips singkat yang anda perlu simak sehingga bisa menghasilkan poto yang lebih baik pastinya.

Berikut tips yang sedikit bisa membantu ketika memotret menggunakan lensa tambahan:
1. Cari objek yang kecil
Karena lensa ini mempunyai ruang tajam yang terbatas, maka akan tampil lebih cantik untuk objek-objek yang kecil.

2. Tahan Napas
Jika ingin memotret serangga atau benda yang mudah digoyang angin, saya sarankan untuk tahan napas beberapa saat. Cuma hal ini yang bisa sedikit membantu meminimalisir shaking oleh gerakan badan kita sendiri.

3. Menggunakan handgrip atau tripod
Penggunaan tripod akan sangat membantu terhindar dari shaking, sedangkan handgrip membuat kita lebih nyaman mengambil angle dan menyentuh tombol capture. Sayangnya asesoris handgrip dan tripod smartphone lebih banyak diperuntukkan bagi iPhone.

4. Mainkan komposisi
Meskipun senjata kita cuma smartphone, bermain dengan komposisi hukumnya tetap wajib. Eksplorasi berbagai sisi pengambilan dan angle. Mainkan komposisi sepertiga bidang, low angle, diagonal sebebas mungkin. Kalau memang tidak memungkinkan untuk membuat komposisi yang menarik pada saat eksekusi foto, bayangkan dulu objek yang diambil ingin punya penempatan seperti apa kemudian capture dengan luas dan croping manual setelahnya.
Buat yang hobi fotografi, lensa kamera untuk smartphone menjadi hal menyenangkan. Namun, jangan bandingkan soal hasil warna, ketajaman gambar dan noise antara foto makro yang diambil dengan smartphone versus DSLR. Harga jual lensa untuk smartphone pun juga tidak terlalu mahal apabila kita lihat di pasaran, untuk membelinya sekarang sudah banyak ditawarkan di berbagai situs jual beli online. Lensa ini tidak memperkaya atau mempercantik warna foto yang kita ambil tetapi membantu untuk menjangkau benda kecil dengan fokus yang tetap terjaga.

Semoga bermanfat gan emoticon-I Love Indonesia (S)
0
3.3K
25
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan