Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

Β© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

rainydwiAvatar border
TS
rainydwi
[Coc Reg Tegal] Mantu Poci, Tradisi Yang Dipercayai Mempercepat Mendapatkan Keturunan
Bismillahirrohmanirrohiim,

Assalamu'alaikum Warrahmatullahi Wabarokaatuuh ....

Pimen kabare sadulur-sadulur?
Sugeng rawuh nang thread paling anyar nyong, sing dina kiye pan ngulik ngenani serba-serbine kota Tegal.

Hayooo, ada yang tahu artinya kalimat di atas, gak, tuh? Berhubung ini temanya tentang Tegal, boleh, dong, ane pake bahasa ngapak dikit. Orang bilang, Ora Ngapak Ora Kepenak. 😁


Anak merupakan dambaan setiap pasangan yang sudah menikah. Kehadirannya merupakan sebuah kebahagiaan tersendiri bagi keluarga.

Namun, tidak semua pasangan cepat dikaruniai rezeki ini oleh Sang Maha Pemberi Hidup. Ada yang dipercepat kehadirannya, ada pula pasangan yang memang diuji kesabarannya dalam mendapatkan buah hati.


Sumber gambar: budaya-indonesia.org

Di wilayah Tegal, ada sebuah tradisi semacam upacara perkimpoian yang mempelainya merupakan sepasang poci tanah berukuran raksasa. Upacara ini dinamakan Mantu Poci. Suatu upacara yang diselenggarakan oleh sepasang suami istri yang telah lama menikah tetapi belum dikaruniai keturunan.


Sumber gambar: wawanpujiaman.blogspot.com



Sumber gambar: cahsastrajawa.wordpress.com


Layaknya pesta perkimpoian pada umumnya, mantu poci dihadiri oleh para tamu undangan. Tempat penyelengaraannya didekorasi sedemikian rupa, lengkap dengan sajian makanan dan hiburan untuk mereka yang hadir. Tidak ketinggalan juga, si empunya hajat menyediakan kotak sumbangan yang umumnya berbentuk rumah.

Wow! Segitunya, ya, GanSis 😲😲

Umumnya, masyarakat Tegal masih melakukan tradisi mantu poci ini. Selain dipercaya bisa segera diberi keturunan, si penyelenggara bisa merasakan seperti layaknya orang tua yang telah berhasil membersarkan putra-putrinya.

Menurut informasi yang ane dapat dari Wikipedia, tradisi mantu poci diperkirakan mulai ada pada tahunΒ 1930-an. Daerah pesisirlah yang biasanya menggelar acara ini, seperti Tegalsari, Muarareja, Tunon, Cabawan, dan Margadana.

Poci dihias dengan rangkaian bunga melati kemudian di arak kelilung kampung. Setelah itu, diletakkan di atas kursi yang telah dihias dan diapit oleh kedua orang tua yang belum punya momongan tersebut atau yang punya hajat. Bak manten yang duduk di pelaminan. Pocinya ada dua jenis, GanSis, yaitu poci laki-laki dan poci perempuan.

Biasanya, acara digelar selama tiga hari berturut-turut. Bagi mereka yang merasa pernah disumbang oleh si pemilik hajat, akan datang dengan membawa bawaan sebagai balasannya. Bisa berbentuk uang, beras, telur, dan sebagainya.

Para saudara dan tetangga si empunya hajat akan datang membantu. Di sinilah terlihat, betapa besarnya rasa gotong-royong antar sesama yang masih dijunjung tinggi.

Hem, unik juga, ya, Gaes. πŸ˜‰

Namun sayang, tradisi yang berkembang di Tegal ini kini mulai hilang. Bahkan katanya, banyak warga asli yang tidak mengetahui tradisi mantu poci. Mungkin, hal ini dikarenakan, biaya yang dikeluarkan bisa dibilang tidak sedikit. Kalo ane, sih, jujur sayang harus mengeluarkan kocek yang sefantastis ini. Mending, untuk keperluan yang lain aja, ya, GanSis. πŸ˜‰


Well, sekian dulu ulasan dari ane mengenai tradisi Mantu Poci ini. Semoga, ada manfaat yang diperoleh dari thread ane barusan.

Terima kasih untuk kalian yang sudah berkenan mampir. Ane sangat mengharapkan cendol segar, rate, serta komentar atau masukannya. Ane amat sangat menghargai bila berkomentar yang ditinggalkan memakai bahasa yang santun.πŸ™

Ingat 3M! Memakai masker, Mencuci tangan, dan Menjaga jarak. Kalau bukan kita yang menjaga kesehatan diri sendiri, siapa lagi? πŸ˜‰

Sampai jumpa lagi pada kesempatan berikutnya. Semoga kita semua selalu dalam lindungan Tuhan Yang Maha Kuasa. Aamiin ....

Wassalamu'alaikum Warrahmatullahi Wabarokaatuuh.

Belajar Bersama Bisa dan terima kasih.

Bekasi, 1 Oktober 2020.
@rainydwi

Sumber: opini pribadi
Referensi: Wikipedia, ayotegal.com
embunsuci
detyry
zatilmutie
zatilmutie dan 9 lainnya memberi reputasi
10
1.1K
41
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan