Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

batzforumAvatar border
TS
batzforum
Jangan Salah Paham! Inilah Pengertian Anarkisme Yang Sebenarnya!
Welcome to my Thread!!!


emoticon-Hot Newsemoticon-Hot Newsemoticon-Hot News




Apasih yang ada di benak kalian jika mendengar kata anarkis atau anarkisme? Pasti ada beberapa diantara kalian yang berfikir bahwa anarkisme adalah tindakan merusak-rusak fasilitas atau melakukan tindak kekerasan bukan? Kenyataannya memang masih ada yang menganggap anarkis merupakan hal seperti itu, tapi nyatanya bukan demikian. Berikut akan ane jelaskan.


Sebelumnya ane akan memberikan pengertian terlebih dahulu mengenai anarki, anarkis dan anarkisme. Anarki berasal dari bahasa Yunani yang berarti tanpa pemerintahan. Dari pengertian anarki tersebut, muncullah Anarkisme yang merupakan ideologi atau gagasan akan kondisi masyarakat tanpa figur pemerintah, tanpa ada hierarki kewenangan vertikal. Kalo disimpulkan ya seperti paham tanpa adanya suatu sistem pemerintahan sih. Beda lagi dengan anarkis, kalau anarkis adalah orang-orang yang menganut ideologi atau paham anarkisme.




Lalu kenapa orang-orang lebih mengenal anarkisme sebagai suatu hal yang berbau kekacauan, kekerasan dan hal-hal lainnya yang tidak sesuai dengan arti anarkisme sebenarnya? Jawabannya simpel sih, yaitu karena orang-orang sudah terdoktrin akan pengertian tersebut dan mereka tidak mau tahu apa arti sebenarnya dari anarkisme. Salah satu contohnya seperti ini : Ada orang yang mengatakan bahwa corat-coret di tempat umum dengan berbagai sindiran ke suatu pihak itu merupakan tindakan anarkisme, padahal itu adalah Vandalisme.


Dari contoh tersebut dapat disimpulkan bahwa kebanyakan orang hanya mengambil pengertian dari suatu tindakan berdasarkan apa yang dibicarakan/diberitahukan orang lain tanpa mencari tahu tentang artian dari tindakan yang sebenarnya terjadi.




Ada banyak orang yang menganut paham anarkisme di dunia ini (Mereka disebut anarkis), seperti orang-orang yang kecewa akan pemerintahan atau orang-orang yang memang tinggal di suatu lingkungan yang tidam memiliki sistem pemerintahan. Kita ambil contoh penganut paham atau ideologi anarkisme adalah anak punk.


Bagaimana tanggapan agan sista tentang anarkisme ini? Semoga apa yang ane tulis dapat bermanfaat dan dapat meluruskan pengertian yang salah bagi beberapa orang.




Sumber referensi : Tulisan Pribadi, dari sinidan dari sini
Sumber gambar : Google Images

emoticon-Cendol Ganemoticon-Cendol Ganemoticon-Cendol Gan
jicho22
nyimak92
jabostyle
jabostyle dan 17 lainnya memberi reputasi
18
4.9K
117
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan