c4punk1950...Avatar border
TS
c4punk1950...
Mengembalikan Alam Ke Kota Gimana Caranya?




Hi gan sis, alam natural memang memberikan kesejukan tersendiri. Pembangunan kota yang tak memikirkan dampak dari rusaknya alam sangat beresiko terjadinya peningkatan suhu di kota tesebut.



Lantas bagaimana caranya agar sebuah kota kembali ke habitat alami? Tentu sebuah proyek penghijauan yang tidak main-main, bukan hanya menata kota dengan banyaknya pembangunan yang menjulang tinggi namun mulai memikirkan bangunan itu lebih banyak di bawah tanah.



Waduh, maksudnya gimana nih gan?

Begini, saat ini kita selalu melihat pembangunan itu selalu keatas bisa dibilang sky building, lebih enaknya sih disebut gedung pencakar langit. Tapi kalau mau alam tetap terjaga pembangunan gedung bertingkat, namun tingkatnya bukan ketas tapi semakin ke bawah tanah tentu ini akan memberikan tempat yang luas diatasnya untuk dijadikan sebagai taman dan hutan kota.

Sebuah ide gila memang bila itu dilakukan, akan banyak taman-taman dan hutan kota yang dibawahnya adalah sebuah gedung.

Lantas ide apalagi yang bisa dilakukan untuk membangun hutan kota di sebuah pemukiman perkotaan yang sudah padat penduduknya?





Dengan cara membangun jalan di bawah tanah, tunnel-tunnel untuk kendaraan pribadi dibuat dibawah tanah berdampingan dengan kereta bawah tanah. Memang biayanya cukup besar namun efeknya perkotaan akan lebih terasa hijau dan juga akan ada penurunan suhu yang menyebabkan kota tersebut lebih sejuk.

Sistem gorong-gorong baik untuk buangan limbah rumah tangga, kabel telekomunikasi atau listrik dan sebagainya itu lebih banyak berada di dalam tanah. Maka taman kota akan terasa lebih baik tanpa adanya kabel melintang yang mengenai pepohonan.

Bila ide itu dapat diwujudkan, maka sebuah kota yang memberikan porsi hijau lebih banyak akan membawa dampak lingkungan yang semakin baik, hewan-hewan yang mulai menghilang dari ranah kota mulai berdatangan kembali.





Manusia akan lebih banyak melihat hamparan lahan hijau dibandingkan gedung tinggi, apalagi bila rumah dibangun juga menerapkan hal yang sama yaitu rumah dibawah tanah jadi di atasnya bisa ditanami berbagai macam tumbuhan, atau juga sungai buatan untuk kehidupan ikan dan sejenisnya. Nampaknya seru juga ya!

Tapi selama manusia lebih suka dengan menatap langit-langit dan hidupnya selalu melihat tinggi keatas, agak sulit untuk menerapkan ide ini. Saya c4punk, see u next thread.





emoticon-I Love Indonesia



"Nikmati Membaca Dengan Santuy"
--------------------------------------
Tulisan : c4punk@2020
referensi : klik,klik
Pic : google

emoticon-Rate 5 Staremoticon-Rate 5 Staremoticon-Rate 5 Star




Diubah oleh c4punk1950... 14-09-2020 13:36
ardyannputra
doobey
raliakbarrr
raliakbarrr dan 26 lainnya memberi reputasi
25
4.2K
131
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan