Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

sllzAvatar border
TS
sllz
Cara Paling Mudah Membuat Gelas dari Botol Kaca

Dok. Pribadi


Selamat malam gan/sis semua, di thread ini ane mau sedikit berbagi pengalaman tentang cara bikin gelas dari botol kaca.. Kalau botol plastik, mungkin gan/sis tidak perlu baca di internet, pasti sudah tau ya cara membuatnya emoticon-Wowcantik

Ga usah basa-basi, perlengkapan + cara termudahnya akan langsung ane jelaskan dibawah ini:


1. Perlengkapan

Dok. Pribadi


Perlengkapan yang dibutuhin buat bikin gelas dari botol kaca pastinya ya botol ya emoticon-Big Grin tapi ada beberapa perkakas yang juga perlu gan/sis siapin sebelum memulai.

Apa aja perkakas itu? Berikut daftarnya:

a.) Botol Kaca Bekas (bisa coba pakai botol kaca yang tipis dulu, misalnya botol Syrup Marj*n)
b.) Lem / Lakban
c.) Gergai Besi
d.) Lilin
e.) Korek Api
f.) Ember
g.) Air + Batu Es
h.) Ampelas

Nah kalau semua bahan sudah siap, bisa kita lanjut ke sesi praktik..


2. Pasang Lem / Lakban

Dok. Pribadi


Pastikan botol sudah dibersihkan dulu (kalau ada sticker kertas dicopot/hilangkan dulu), soalnya nanti ada sesi pembakarannya lho emoticon-Big Grin Lalu, pasang lem atau lakban secara memutar/melingkari botol tepat di garis yang akan dipotong. Bebas, gan/sis mau seberapa tinggi ukurannya.


3. Gergaji Botol

Dok. Pribadi


Nah di sesi ini mungkin gan/sis akan bertanya2, apa bisa botol kaca di potong pakai gergaji besi emoticon-Gila Yups, itu lumrah dipertanyakan.. Jawabannya adalah bisa!

Meskipun proses penggergagian ini sedikit merepotkan karena pas pertama-tama kita gergaji akan meleset2, tapi lama kelamaan akan bergaris juga, tapi harus tetap jadi hati2 ya. Gergaji perlahan2 saja asalkan bisa membuat goresan melingkar di botol (diatas lem ya gan/sis jangan dibawah lem).


4. Bakar

Dok. Pribadi


Sebenernya sih bukan dibakar ya, tapi dipanaskan diatas api lilin dengan jarak 1-2 cm dari api lilin selama kurleb 7-10 menit sambil memutar-mutar botol agar panasnya merata.

Oh ia, pas di sesi ini tutup botolnya jangan di tutup terlalu keras ya gan/sis biar udara bisa keluar pas dibakar. Jadi intinya, sesi pembakaran ini cuma untuk memanaskan si botol kacanya aja.


5. Potong Didalam Air Es

Dok. Pribadi


Setelah botol panas dibakar, langsung masukkan ke dalam air es selama 5-7 detik dengan tangan kiri agan di bagian bawah botol dan tangan kanan di atas botol. Akan terdengar suara seperti kaca retak diamkan saja, dan setelah 5 detik putar botol dengan tangan agan, tangan kiri kearah bawah dan tangan kanan kearah atas (putar beralawanan) secara perlahan.

PERINGATAN:Sesi ke-5 ini yang paling agak ngeri, karena kalau botol tidak di lem, badan botol bisa pecah berantakan yang mungkin saja bisa berakibat fatal ke tangan gan/sis emoticon-Frown Jadi, fungsi si lem/lakban di sesi no-2 memang harus diterapkan ya supaya badan botol tidak pecah ke segala arah. Agar lebih safety, gan/sis bisa pakai sarung tangan.

Jika berhasil, botol akan langsung terpotong sesuai alur dari gergaji yang gan/sis buat pada sesi ke-3.


6. Hati-Hati

Dok. Pribadi


Ketika botol sudah terpotong sesuai garis, disini gan/sis perlu kehati2an ekstra karena bekas potongan itu masih amat sangat tajam! Pastikan tidak ada anak kecil disekitar gan/sis yang siapa tau anak kecil itu kepo n pegang sana-sini, kan jadi bahaya. emoticon-Kagets


7. Ampelas

Dok. Pribadi


Untuk menghilangkan tepi pecahan yang tajam itu, gan/sis perlu ampelas halus untuk menumpulkannya. Disini kesabaran gan/sis diuji, karena botol agak lama di ampelas ketimbang kayu emoticon-Big Grin semakin lama dan telaten gan/sis mengampelas, hasilnya akan semakin baik.


8. Cuci Bersih

Dok. Pribadi


Setelah agan selesai mengampelas botol, segera cuci bersih botol tersebut + tangan gan/sis sampai bersih dari serpihan2 kaca halus. Hasil akan mulai terlihat setelah dicuci, kinclong... emoticon-Big Grin


9. Jajal

Dok. Pribadi


Terakhir adalah menjajal gelas tadi. Sesuaikan di pandangan dan dimulut gan/sis. Kalau tidak sesuai bisa pakai botol kaca lain yang diameternya lebih besar/kecil emoticon-Angkat Beer


Begitulah cara paling mudah bikin gelas dari botol kaca yang pernah ane praktikan sendiri. Dari beberapa kali percobaan, alhamdulilah belum ada kegagalan, jadi ane pastikan ini cara yang paling mudah hehe..



Sumber : Pengalaman Pribadi
betiatina
rampratamadhan
tien212700
tien212700 dan 10 lainnya memberi reputasi
11
5.1K
79
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan