Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

Private.IndoAvatar border
TS
Private.Indo
Kuliah di usia 37 tahun? Idealnya jurusan apa untuk profesi?
Hallo, 

maaf kalo salah kamar, silahkan dipindah emoticon-Big Grin

Jadi ceritanya dulu cuman lulusan smp, sebenernya smk hanya saja ijazahnya cuman punya smp alias smk belum diselesaikan.

Saat ini sedang menempuh Kejar Paket C, perkiraan lulus April 2021, rencana pengen kuliah cuman dengan usia pas lulus kejar paket C 37 tahun, apakah bisa ijazah pake c digunakan di kampus kelas karyawan? Kalau iya untuk daerah bandung kampus mana aja? Pernah dengan ada beberapa kampus yang 1 semester cuman 4 bulan, apakah berlaku umum? atau ada syarat khusus?

Saat ini kerja sebagai graphic designer disalah satu properti asal australia, tapi jujur saja sudah jenuh dengan dunia GD (belajar otodidak) dan pengen merambah profesi baru. Kita asumsikan bahwa ijazah paket c bisa kuliah dan ambil S1, berarti usia kelulusan dari universitas sekitar 41 tahun, untuk usia segitu prospek kerja enaknya ngambil jurusan apa ya? Pengennya ambil Teknik/Manajemen Informatika (karena dulu pernah otodidak belajar programer dimulai dari html, hingga php, sekarang masih mendalami java ama python).

Tapi istri menyarankan teknik/manajemen industri, karena melihat perkembangan industri yang tidak kalah pesat dengan teknologi.

Diantara kedua jurusan tersebut di usia 41 tahun manakah yang peluang kerjanya masih bagus? jujur buat wiraswasta sudah tidak tertarik sudah beberapa kali jatuh bangun hingga akhirnya nyerah saja, mungkin bukan bakat dan bidangnya. karena ngga semua orang ditakdirkan menjadi wiraswasta.

Beberapa teman menyarankan untuk programmer belajar otodidak saja, tapi menurut saya malah banyak hambatannya karena kalau stuck sangat lama mendapat jawabannya, trus niatnya kuliah sekalian buka relasi karena yang kuliah kelas karyawan otomatis pekerja semua dan ada akses ke perusahaannya.

Kira2 bagaimana ya? ataukah ada jurusan lain yang lebih prospek?

Yang paling penting sih untuk wilayah Bandung, apakah benar ada kampus yang menawarkan 1 semester = 4 bulan? karena kalau kuliah 4 tahun di usia saya rasanya takut terlalu lama.

emoticon-Smilie

0
1.5K
1
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan