Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

salamsetirkiriAvatar border
TS
salamsetirkiri
Ternyata Motor yang Jarang Dipakai Kudu Rutin Ganti Oli Gan!

Oli mesin memiliki peran yang cukup krusial untuk kendaraan bermotor. Oleh karena itu penting bagi pengguna untuk selalu rutin mengganti oli mesin. Biasanya penggantian oli berpatokan pada jarak tempuh dan durasi pemakaian. Semakin lama dipakai, maka fungsi utama dari oli akan berkurang. Jika terus dibiarkan, ini akan berdampak buruk ke peforma mesin. FYI, fungsi utama oli adalah untuk pelumasan, pendinginan, dan pembersih mesin.


Rutin mengganti oli juga berlaku pada motor yang jarang dipakai loh GanSis. Sangat disarankan untuk mengganti oli secara berkala meskipun motor jarang dipakai. Biasanya pabrikan merekomendasikan penggantian oli dilakukan setiap 2.000 km atau setiap 2 bulan sekali, tergantung mana dulu yang dicapai. Jadi, walaupun motor jarang dipakai, tapi olinya udah digunakan selama 2 bulan, sangat disarankan untuk segera mengganti oli.

Kenapa demikian? Karena oli yang udah dituangkan ke mesin motor, dalam beberapa bulan akan terdapat asam dari oksidasi. Nah, asam dari oksidasi ini akan membuat oli stress dan harus segera diganti untuk menjaga kesehatan mesin motor. Ayo...mau pilih mana, rajin ganti oli atau malas ganti oli tapi nanti motor turun mesin...hehehe

O iya GanSis, gunakanlah oli seduai dengan spesifikasi motor kalian. Kalau belum paham oli yang cocok dengan motor kalian, coba baca lagi buku manual kendaraannya. Ini juga menjadi salah satu cara untuk menjaga peforma mesin GanSis.


n.h3
ujellyjello
tien212700
tien212700 dan 4 lainnya memberi reputasi
5
1.2K
13
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan