KarjoKareAvatar border
TS
KarjoKare
Makin Canggih, Motor MotoGP Punya 50 Sensor

Makin kesini motor MotoGP makin dibikin lebih canggih. Untuk menghasilkan peforma yang lebih baik, motor MotoGP dilengkapi dengan berbagai teknologi, termasuk penggunaan sensor elektronik yang jumlahnya gak sedikit.

Menurut Claudi Rainato, teknisi elektronik tim Suzuki, perangkat elektronik yang terdapat di MotoGP sangat berbeda dengan apa yang ada di Formula 1. Di MotoGP, telemetri langsung tidak diperbolehkan. Ini berarti tidak ada transfer informasi atau data digital secara real time ke dan dari motor ketika balapan.


Quote:

Pada dasarnya sistem elektrik ada dua hal. Data dengan kumpulan informasi tentang dinamika kendaraan dan manajemen mesin. Data adalah proses satu arah, dari mesin ke komputer. Dan itu mewakili kumpulan informasi tentang dinamika motor dan perilaku mesin. Sedangkan manajemen mesin adalah sistem dua arah, mengumpulkan informasi dari mesin dan juga mengirimkan instruksi ke ECU yang memberi tahu mesin bagaimana berperilaku.

Pada satu motor MotoGP, terdapat 50 sensor untuk pengumpulan data. Setiap sesi, motor MotoGP bisa memproses hingga 60 GB. Motor MotoGP juga mempunyai kabel yang cukup panjang, yakni mencapai 200 meter.

Adapun tipe sensor yang ada di MotoGP antara lain sensor posisi yang mengukur jarak perpindahan elemen motor, seperti jarak main suspensi, tuas kopling atau rem, bukaan throttle, dan girboks. Selanjutnya sensor speed yang mengukur kecepatan seperti kecepatan roda dan putaran mesin. Kemudian ada sensor akselerasi yang mengatur akselerasi dari roda. Ada pula sensor temperatur yang mengukur suhu mesin, hingga oil Brakes Control unit. Dan masih banyak sensor lain yang ada di motor MotoGP.



turkusuma
n.h3
tien212700
tien212700 dan 2 lainnya memberi reputasi
3
3.1K
8
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan