Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

AnggaNavieAvatar border
TS
AnggaNavie
Sebelum Agama Kristen, Inilah Kepercayaan yang Dianut Masyarakat Romawi Kuno


Salam gan! Masa-masa pandemi seperti sekarang ini mau nggak mau memaksa ane untuk melahap  kembali beberapa film yang pernah ane tonton. Kebetulan ane sendiri adalah orang yang suka film-film bertema kolosal seperti Troy, Gladiator, 300, bahkan The Passion of The Christ dan Risen yang menceritakan kelahiran sampai kebangkitan Yesus.

BTW ketika menonton 2 film terakhir yang ane sebut tadi, ada sebuah pertanyaan yang cukup bikin ane penasaran, yaitu: Kira-kira agama atau kepercayaan apa ya yang dianut oleh masyarakat Romawi sebelum  mereka mengenal agama Kristen?

Well, jika Agan penasaran juga, yuk simak pembahasan ane yang uda ane rangkum dari berbagai sumber. Check this out!
_____


Jauh sebelum agama kristen menjadi agama resmi kekaisaran Romawi, masyarakat Romawi kuno awalnya memiliki kepercayaan animisme, yaitu kepercayaan akan adanya roh atau kekuatan yang berkaitan dengan semua hal atau kejadian.

Lambat laun kepercayaan mereka berubah menjadi politeisme. Mereka percaya bahwa segala yang ada di bumi ini ada dewa-dewi yang mengaturnya, tak terkecuali hidup mereka; seperti soal cinta, cuaca, urusan panen dan sebagainya.

Berkembangnya politeisme dalam masyarakat Romawi tak lepas dari pengaruh besar Yunani. Karena kondisi geografis yang memungkinkan mereka bertemu, terjadilah pertukaran kebudayaan. Itulah mengapa dewa-dewi dalam kepercayaan romawi memiliki counterpart dengan mitologi Yunani. Misalnya saja Jupiter yang memiliki kesepadanan dengan Zeus, Juno dengan Hela, dan Minerva dengan Athena.

Quote:


Selain pengaruh dari Yunani, wilayah-wilayah yang mereka taklukan juga berpengaruh dalam perkembangan dewa-dewi mereka. Oleh sebabnya dewa-dewi dalam kepercayaan romawi sangatlah banyak.
_____


Meski memiliki banyak dewa, ada 3 dewa-dewi utama yang mereka sembah, yaitu Jupiter, Juno, dan Minerva (disebut juga Capitoline thriad). 3 dewa ini memiliki kuil agung sendiri di bukit Capitulino yang terletak di pusat kota Romawi. Jupiter sendiri bisa dibilang raja-nya para dewa. Sedang Juno merupakan ratu-nya para dewa karena ia adalah istri sekaligus saudara perempuan dari Jupiter. Adapun Minerva adalah anak dari Jupiter.

Quote:


Selain mereka, ada juga dewa-dewi terkenal lain yang namanya tidak asing bagi kita seperti; Merkurius, Venus, Mars, Saturnus, Pluto yang digunakan untuk nama planet, atau Janus yang digunakan untuk nama bulan Januari.

Quote:


Jika agan masih penasaran dengan dewa-dewi dalam kepercayaan romawi, agan bisa membaca thread agan @amiano97yang judulnya Roman Dewan 12 Gods (12 dewa romawi). Kalau mau lebih banyak bisa baca wikipedianya: List of Romans Deities.
_____


Itulah kepercayaan masyarakat romawi sebelum mereka secara resmi memeluk agama kristen. Adapun kristen diterima oleh Raja Konstantinus pada tahun 313 dan dijadikan agama resmi 10 tahun kemudian.

Sekian thread ane, mudah-mudahan dapat memberi wawasan baru buat agan, terima kasih atas waktu membacanya. Salam emoticon-Big Grin


Referensi: Wikipedia: Kekaisaran Romawi, Wikipedia: Konstantinus Agung dan Kekristenan, Wikipedia: Capitoline Triad, Wikibuku: Mitologi Romawi/Janus, History Central: Religion in The Roman Empire, The Roman Empire: Mythology. Gambar:Wikipedia, Janus. Wikipedia: Capitoline Triad. Greek/Roman Mythology Scavenger Hunt
falcon.nt
m4ntanqv
pakisal212
pakisal212 dan 25 lainnya memberi reputasi
24
11.8K
132
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan