Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

Mediaini.comAvatar border
TS
Mediaini.com
Unik, Bisnis Pizza dari Filipina ini Menggunakan Kemasan Bungkus dari Anyaman Daun


MEDIAINI.COM – Polusi sampah merupakan salah satu permasalahan yang dialami tidak hanya manusia, namun juga mahluk hidup lainnya dari waktu ke waktu. Segelintir manusia yang masa bodoh dengan lingkungan sekitar, sayangnya turut menyumbangkan permasalahan ini. Membuang sampah sembarangan, penebangan pohon, pembuangan limbah kimia di dekat perumahan dan lain sebagainya. Dampaknya adalah merusaknya ekosistem lingkungan, membuat mahluk hidup sulit untuk tinggal di lingkungan itu. Tak cukup sampai situ, bahkan mahluk hidup seperti manusia sangat besar terkena resiko keracunan yang nantinya menyebabkan pada masalah lain misalnya kesehatan yang terganggu. Namun kini, kita bisa mengambil inspirasi dari Filipina di mana mereka mulai menggunakan kemasan bungkus eco friendly untuk membungkus makanan sepert Pizza.

Courtesy: The BrickOven Cafe/FB

TampiPizza sebutannya, diambil dari kata tampipi yaitu kemasan box yang terbuat dari anyaman dari Filipina. Mungkin kita juga pernah mengenal bungkusan seperti ini di Indonesia, ketika kita pergi ke Yogyakarta atau Semarang untuk membeli makanan tradisional seperti Gudeg atau Lumpia. Namun yang membedakan, bungkusan ini dipakai untuk makanan yang untuk beberapa Negara dikenal sebagai makanan mahal atau untuk menengah ke atas yaitu Pizza. Bisnis yang digalakan oleh resto asal Filipina, Brickoven ternyata tidak hanya bisnis semata yang mengandalkan kreatifitas sekaligus peduli alam, namun juga mengedepankan rasa kepedulian sosial antar sesama manusia terutama di masa pandemi covid 19 seperti saat ini.

Courtesy: The BrickOven Cafe/FB

Mereka yang merupakan pelaku usaha menengah ke bawah banyak yang terkena efek dari pandemic ini, dengan adanya kemasan bungkus anyaman ini, justru pelaku usaha tradisional bisa bertahan dan bangkit kembali. Kemasan anyaman ini dibuat sepenuhnya oleh penduduk lokal dari Laguna, tempat resto Brickoven bernaung. Resto yang berdiri  sejak Mei 2020 ini, sejatinya sudah mengusung ide eco friendly dari awal kali berdiri. Sebelum keluar ide box pizza dari anyaman atau tampipi, mereka sudah menggunakan sedotan yang terbuat dari daun yang ramah lingkungan. Hal uniknya lagi adalah mereka menyuguhkan promo unik, mereka tetap menyediakan kemasan karton pizza seperti biasa, namun jika menggunakan kemasan tampipi, maka akan mendapatkan diskon, gimana gak keren tuh. 


Nah, dengan adanya gerakan bisnis eco friendly seperti ini, diharapkan bisa mengajak mereka yang menyukai kuliner pizza ini baik menengah ke atas atau ke bawah menjadi sadar akan pentingnya kelestaran lingkungan hidup. Dengan lingkungan hidup yang terjaga dengan baik, diharapkan di masa mendatang generasi penerus bisa terus hidup di lingkungan alam yang baik, jauh dari pencemaran dan kerusakan yang berakibat fatal bagi mahluk hidup. 

Sumber: https://mediaini.com/unik-bisnis-piz...-anyaman-daun/

Diubah oleh Mediaini.com 29-08-2020 04:44
6666661234
6666661234 memberi reputasi
1
752
15
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan