Allin99Avatar border
TS
Allin99
Pak Jokowi Resmikan Jalan Tol Pertama di Aceh

Aceh: Presiden Joko Widodo meresmikan jalan tol pertama di Provinsi Aceh, yaitu jalan tol ruas Sigli-Banda Aceh Seksi 4 yang menghubungkan Indrapuri-Blang Bintang.



Ruas tol Sigli-Banda Aceh alias Sibanceh seksi 4 tersebut adalah sepanjang 13,5 kilometer dari total panjang 74,1 kilometer dan merupakan bagian dari Jalan Trans Sumatera. "Jalan tol Banda Aceh-sigli sepanjang 74 kilometer ini merupakan jalan tol pertama di provinsi Aceh," kata Presiden Jokowi di gerbang tol Blang Bintang, Aceh, Selasa, 25 Agustus 2020.

Kepala Negara menyampaikan ucapan terima kasih kepada pemerintah daerah dan seluruh masyarakat Aceh yang mendukung jalannya pembangunan tersebut. "Saya ingin mengucapkan terima kasih kepada gubernur, bupati, seluruh masyarakat Aceh bahwa pembebasan lahan di Provinsi Aceh ini paling cepat. Sepanjang yang saya tahu paling cepat, misalnya yang 74 kilometer dari Banda Aceh ke Sigli itu sudah 86 persen," ungkap Presiden.

Presiden juga menyatakan cara pembebasan lahan di Aceh dapat dicontoh oleh provinsi lainnya. "Cepat sekali sehingga konstruksinya bisa mengikuti dengan cepat. Saya kira kalau cara-cara di Aceh bisa diterapkan di provinsi lain, kecepatan pembangunan jalan tol semuanya bisa segera beroperasi penuh," tambah Presiden.

Jika jalan tol sudah beroperasi, maka akses ke bandara semakin mudah dan semakin cepat. "Kalau konektivitas semakin lancar dan terhubung dengan transportasi udara maka yang akan kita lihat ke depan, pergerakan orang, pergerakan barang akan lebih cepat, sehingga biaya lebih efisien," ungkap Presiden.

Selanjutnya, pertumbuhan ekonomi saling terhubung antara titik yang satu dengan titik yang lain sehingga perekonomian bergerak lebih cepat. "Kita harapkan dengan infrastruktur baru ini akan menumbuhkan titik-titik ekonomi baru, ada usaha-usaha baru, ada perluasan usaha dari yang sudah ada dan kita harapkan dapat membangkitkan perekonomian Aceh secara luas dan tentu saja goal-nya adalah menciptakan lapangan kerja sebanyak-banyaknya," kata Presiden.

Presiden pun berpesan kepada Plt Gubernur Aceh Nova Iriansyah agar jalan tol tersebut dapat disambungkan dengan sentra-sentra pertanian, pariwisata dan kawasan industri. "Sehingga betul-betul bermanfaat bagi masyarakat kita di Aceh dan kita harapkan lagi Aceh bisa menjadi episentrum pertumbuhan ekonomi baru di Sumatera. Jangan lupa libatkan usaha mikro, kecil menengah sehingga mereka ikut merasakan pembangunan ekonmi yang kita bangun," tegas Presiden.

Usai meresmikan, Presiden berkesempatan untuk menjajal ruas jalan tol seksi 4 Indrapuri-Blang Bintang sepanjang 13,5 kilometer tersebut. dok.BPMI Setpres/Laily Rachev 
source


0
738
15
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan