salrotsAvatar border
TS
salrots
Mengenal Lebih Dekat King Valley 62 (KV62). Makam dari Firaun Mesir "Tutankhanum"




[HT-34]

Quote:

Lembah Para Raja (Valley of the Kings) atau yang dikenal pula sebagai Gerbang Para Raja (Gates of King) adalah lembah tempat para firaun dimakamkan. Tidak hanya firaun, tetapi orang lain yang memiliki cukup kekayaan dan kekuasaan dapat pula dimakamkan di tempat itu.

Lembah Para Raja terletak di sepanjang tepi barat sungai Nil tepat di seberang Thebes atau yang sekarang dikenal sebagai Luxor. Tempat pemakaman ini terdiri dari dua lembah yaitu Lembah Timur dan Lembah Barat.


Yang membuat Lembah Para Raja terkenal adalah saat ditemukannya makan Firaun Tutankhamun. Raja Mesir kuno yang satu ini termasyur dengan legenda kutukannya.




Sebelum kita menuju ke KV62 sebaiknya kita harus tau dulu siapa sih Tutankhamun itu nih GanSis......

Quote:



Sedikit info tentang Tutankhamun diatas tadi, kita langsung menuju ke King Valley 62(KV62) yaitu makam dari Tutankhanum nih GanSis


Quote:



Oke sekarang kita lanjut ketika penemuan makan dari Tutankhamun GanSis...


Quote:



Berikut tata ruang di makan Tutankhamun nih GanSis........

Quote:


Secara rancangannya, makam ini tampaknya didesain untuk perorangan, bukan untuk keluarga raja. Terdapat beberapa bukti bahwa makam ini diadaptasi untuk keluarga raja ketika penggaliannya. Hal ini didukung oleh fakta bahwa hanya dinding kamar penguburan yang didekorasi, tidak seperti makam kerajaan yang hampir seluruh temboknya dilukis gambaran dari Book of the Dead atau Buku Kematian.


Quote:


Quote:


Tangga

Berawal dari serambi yang kecil, 16 anak tangga turun menuju pintu pertama, yang disegel dan dplester - walaupun pintu tersebut telah dilewati olehpenggali makam setidaknya dua kali pada masa lalu.


Koridor pintu masuk

Setelah pintu masuk utama, sebuah koridor menurun menuju pintu kedua yang disegel, dan menuju ruangan yang dideskripsikan oleh Carter sebagai Ruang depan. Ruang ini merupakan ruang yang digunakan untuk menyimpan benda-benda dari penguburan dan benda-benda yang terkait dengan pembalseman raja. Setelah perampokan pada masa kuno, benda-benda ini entah dipindahkan menuju makam lainnya, atau ke KV54.



Ruang depan

Ruang depan yang tidak didekorasi ditemukan dalam keadaan kacau namun tertata dengan rapi, dan memiliki setidaknya 700 benda (artikel 14 hingga 71 pada katalog Carter) termasuk diantaranya tiga tempat tidur pemakaman, piringan dalam bentuk kuda nil (Dewi Tawaret), singa (atau leopard) dan hewan ternak (Dewi Hathor). Benda yang paling mengagumkan dari ruangan ini adalah 4 kereta yang salah satunya kemungkinan dipergunakan untuk berburu, satu untuk berperang dan dua lainnya untuk parade. Kebanyakan dari 700 benda ini dibuat dari emas.


Quote:


Dekorasi

Ruang ini merupakan satu-satunya ruang dalam makam yang didekorasi, dengan adegan ritual Membuka Mulut, dengan Tutankhamun bersama dengan Dewa Nut pada dinding utara, Amduat pada dinding barat, mantra dari Buku Kematian pada dinding timur, dan representasi raja dengan berbagai dewa-dewi seperti Anubis, Isis, Hathor, dan lainnya pada dinding selatan yang telah hancur. Pada bagian utara menunjukkan Tutankhamun diikuti oleh jiwanya (Ka), dan disambut di dunia bawah oleh Osiris.



Isi nya nih GanSis

Quote:


Quote:


Pada bagian dalam ruangan terdapat empat tempat penyimpan yang dilapisi, dan mengelilingi sarkofagus raja.

Sarkofagus raja terbuat dari granit, dan setiap sudut tubuhnya dan penutupnya diberi ukiran dari batu berbagai warna. Terdapat kemungkinan bahwa sarkofagus ini dibuat untuk orang lain, tetapi dipahat ulang untuk Tutankhamun; identitas pemilik aslinya tidak pernah ditemukan. Dalam setiap sudut terdapat dewa pelindung untuk melindungi tubuh raja.



Ruang Hartaemoticon-Traveller

Ruang harta merupakan satu-satunya ruang yang terdapat pada sisi ruang penguburan dan dapat diakses dengan pintu yang tidak terkunci. Ruangan ini memiliki lebih dari 5000 katalog benda, dan kebanyakan dari benda tersebut merupakan benda yang terkait dengan ritual penguburan. Dua benda terbesar dari ruangan ini adalah peti kanopik raja dan patung Anubis. Benda lainnya seperti beberapa kuil yang memiliki patung-patung raja dan dewa-dewi yang disepuh, model perahu dan dua kereta perang. Ruang ini menyimpan dua mumi bayi yang diperkirakan merupakan anak raja yang terlahir meninggal.


Ruangan tambahan

Ruang tambahan pada dasarnya merupakan tempat untuk menyimpan minyak, ramuan, wangi-wangian, makanan dan wine. Ruangan ini merupakan ruangan terakhir yang dikosongkan, dari akhir bulan Oktober 1927 hingga musim semi tahun 1928. Walaupun berukuran kecil, ruangan ini memiliki sekitar 280 kelompok barang, dengan total barang mencapai 2.000 buah.





Pada tahun 2007 sebenernya dibuka untuk umum nih GanSis, dengan biaya tambahan diatas harga untuk akses masuk ke Lembah Para Raja. Jumlah pengunjung dibatasi hanya berjumlah 400 orang setiap harinya pada tahun 2008.

Namun, pada tahun 2010, makam ini ditutup untuk umum. Hal ini disebabkan karena adanya restorasi yang dilakukan oleh Institut Konservasi Getty dengan rentang waktu 5 tahun. Keterangan mengenai status makam yang dibuka untuk umum pada masa yang akan datang masih berada dalam keadaan yang tidak pasti.

Tapi sebuah replika rekonstruksi makam akan diletakkan dekat dengan Lembah Para Raja dan akan dibuka untuk umum.




Quote:







Kalo bermanfaat boleh di emoticon-Rate 5 Stardan emoticon-Blue Guy Cendol (L)

Tapi TS ga terima emoticon-Blue Guy Bata (L)




Sekian




Ref:
Sumur 1
Sumur 2
Sumur 3
Dan berbagai gambar Mbah Google

Diubah oleh salrots 07-11-2017 11:42
vincentlgunawan
annirobiah
swiitdebby
swiitdebby dan 2 lainnya memberi reputasi
3
26K
160
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan