Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

serbaserbi.comAvatar border
TS
serbaserbi.com
Yuk Intip! Desa Dengan Rumah Tanpa Pintu Dan Jendela
🌈🌈🌈
Hai Agan dan Sista!
🌈🌈🌈

Agan dan Sista pernah berkunjung gak, sih, atau seenggaknya ngebayangin ada sebuah desa yang mana rumah-rumah penduduknya gak ditutupi pintu dan jendela. Ya, bingkai-bingkai pintu dan jendelanya dibiarin bolong melompong begitu aja.

Pernah bayangin nggak? Ane yakin, sembilan dari sepuluh bakal menjawab "Tidak!".

Nah, ternyata di dunia ini ada loh Gansis, desa dengan rumah tanpa jendela dan pintu. Nama desanya Shani Shingnapur, terletak di distrik Ahmednagar, bagian Maharashtra, India. Lha, kok bisa begitu? Kenapa rumah penduduknya gak dipasangin jendela dan pintu?


Quote:


🌈 Tradisi dari Sebuah Legenda 🌈

Jadi, konon katanya, 300 tahun lalu desa ini pernah diterjang banjir, Gansis. Ketika banjir udah mulai surut, para warga dikagetkan dengan sebongkah batu hitam yang tergeletak di bantaran Sungai Panasnala. Mungkin batu ini hanyut disapu arus. Yang paling bikin kaget adalah, ketika dipukul batu tersebut mengeluarkan darah. Kaget pun berubah menjadi ketakutan. Takut kalau sesuatu yang buruk akan menimpa desa itu.

Quote:


Hingga kemudian, beberapa malam setelah ditemukannya batu tersebut, tetua desa pun bermimpi. Ia didatangi Dewa Shani. Putra Dewa Surya dan Dewi Caya itu ingin tinggal di desa tersebut. Ia juga mengatakan bahwa batu tersebut adalah jelmaannya. Dewa Shani juga meminta agar batu tersebut disimpan di desa, dan tidak boleh dinaungi atau dilindungi dengan atap. Alasannya, sang dewa gak mau tinggal di bawah bayang-bayang. Dewa Shani juga berjanji, bahwa ia akan melindungi desa ini dari segala marabahaya.

Nah, akhirnya batu tadi dipindahkan ke suatu tempat di desa, dan disucikan oleh masyarakat di sana. Sejak itu pula, warga desa memutuskan untuk melepas pintu dan jendela serta membuang kuncinya dengan dalih, mereka udah gak butuh itu lagi. Sebab, sudah ada Dewa Shani yang melindungi mereka.

Quote:


Nah, itulah kenapa rumah-rumah di desa ini tak memiliki pintu dan jendela.

🌈 Desa yang Aman 🌈

Warga Shani Shingnapur percaya, bahwa dewa mereka benar-benar menepati janjinya. Dibuktikan dengan desa mereka yang aman dari bahaya, baik dari alam atau kriminalitas. Barang-barang berharga milik warga tergeletak di rumah mereka begitu saja, tapi gak ada yang mencuri. Pedagang di pasar sering meninggalkan dagangan mereka dalam waktu yang cukup lama begitu saja, tapi tidak ada yang mengambil. Situasi benar-benar aman!

Bahkan, sejak didirikannya kantor polisi 2015 silam, tidak ada satupun kasus tercatat di sana. Oya, katanya dulu pernah ada seseorang yang mencoba mencuri di desa itu. Namun, setelah mencuri orang itu mendadak buta hingga lima tahun lamanya. Para warga yakin, itu adalah hukuman yang ditimpakan Dewa Shani pada pencuri itu.


🌈 Bank Satu-Satunya Bangunan yang Berpintu 🌈

Quote:

Nah, meskipun seluruh bangunan di desa Shani Shingnapur ini gak ada pintu dan jendelanya, tapi ada satu bangunan yang tetap memiliki pintu. Yaitu, bank. Namun, pintu dan jendela bank ini dibiarkan tak terkunci. Nah, demi keamanan. Katanya uang para nasabah harus diungsikan ke bank cabang di desa tetangga.


🌈 Kuil Batu Shani Ramai Dikunjungi 🌈

Quote:


Nah, sejak beredarnya kabar tentang batu ini, desa Shani Shingnapur jadi ramai dikunjungi oleh wisatawan mancanegara atau lokal. Seenggaknya, 40.000 wisatawan berkunjung setiap hari. Ada yang ingin melihat saja, tapi kebanyakan datang untuk berdoa. Tempat batu yang dulunya amat sederhana, kini telah dipugar sedemikian rupa menjadi sebuah kuil.

🌈 Ada yang Menyangkal Legenda Shani Shingnapur 🌈

Walaupun warga di sana amat percaya dengan kekuatan dan janji Dewa Shani tersebut, tapi tetap aja ada orang-orang skeptis yang tak percaya akan itu. Hal ini berawal dari seorang wisatawan yang kehilangan uang dan emasnya yang tertinggal di mobil ketika berkunjung ke desa tersebut pada 2011 silam. Namun, hal itu disangkal oleh warga desa dengan menyebutkan bahwa barang-barang wisatawan tersebut hilang sebelum datang ke desa ini.

Logika orang yang tak percaya legenda ini, mereka menganggap bahwa minimnya kejahatan di desa ini karena letaknya amat jauh dan terpencil. Sehingga para penjahat enggan datang ke sini. Mereka juga berasumsi bahwa pasti ada laporan kejahatan di desa ini, tapi disembunyikan.

Quote:

Wah, orang-orang jadi terbelah menjadi dua kubu, ya, Gan. Namun, menurut ane ya saling toleransi aja lah, ya. Jika masyarakat desa percaya dengan hal ini, mau bagaimana lagi? Apalagi ini ada hubungannya dengan dewa yang tentu saja disucikan oleh warga setempat.


Okey, Gansis. Sekian dulu dari ane.

🌈🌈🌈
Terima kasih udah mampir ke thread ane, ya, Agan dan Sista. Jangan lupa kritik, saran, dan cendolnya, ya.
🌈🌈🌈



Referensi: BBC Travel
Diubah oleh serbaserbi.com 22-08-2020 06:20
andy1285
yugeel
yugeel dan andy1285 memberi reputasi
2
2.1K
33
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan