Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

dewakereAvatar border
TS
dewakere 
Kesulitan-Kesulitan Guru Ketika Pembelajaran Online
Assalamualaikum

saya sedikit ke trigger si dari tread om capunk soal keluhan orang tua murid ketika belajar di rumah. tetapi bukan hanya orang tua yanga kesulitan mengajari anak dan mendapatkan pekerjaan tambahan tetapi guru juga kesulitan loh gan. di tread ini saya akan sedikit membahas kesulitan-kesulitan guru kesulitan belajar di luar sekolah.

Atensi Siswa Yang Minim



Salah satu kendala belajar di luar sekolah adalah walaupun kita tetap ada belajar via daring tetapi banyak siswa yang tidak memperhatikan bahkan banyak siswa yang hanya menyalakan zoom tetapi melakukan hal-hal yang lain seperti tiduran, membuka broswer bahkan yang parah bermain game. jika kita melakukan belajar tatap muka kejadian ini bisa kita minimalisir dengan menegurnya secara langsung tetapi denmgan kurilukulum covid ini agak sulit kita melakukan hal-hal yang seperti biasanya.

Metode Pengumpulan Tugas Yang Tidak Teratur




Pengumpulan tugas pada saat belajar online juga membuat guru kewalahan. selain kadang murid-murid mengirim tugas tidak sesuai waktu yang dittentukan dengan berbagai kendala seperti orang tua sibuk, susah nyari wifi dan lain sebagainya. Belum jika kita mengajar jenjang seperti SMP dan SMA dan memegang beberapa kelas kadang karang banyaknya kelas yang dipegang mengurutkan siswa dan tugas yang diberikan akan memakan waktu lebih contoh saya megang 4 kelas di SMP walupun hanya satu mata pelajaran karena mereka sering telat mengumpulkan tugas kita harus mengecek satu-satu dan mendownload lagi serta memilahnya sesuai absensinya apalagi kalau telat kita akan kerja dua kali. ini belum membahas kuota tambahan jika kita mendownload tugas satu-persatu loha gan.

Di Sekolah Pedesaan Semua Semakin Sulit



Sedikit saya akan singgung kendala kendala beberapa sekolah yang ada dipedesaan dengan kurikulum covid jujur hanya mengambil sample dari kota-kota besar khususnya Jakarta. sedangkan sekolah-sekolah yang ada dipedesaan akan sulit melakukan hal tersebut dan dipaksa tetap belajar di luar kekolah. kendala-kendala yang ada biasanya : tidak ada smartphohe, pengetahuan orang tua yang minim dan bahkan yang paling parah tidak ada jaringan internet dan telepon di daerah tersebut hal ini membuat kerja guru akan menjadi 2 kali lipat.

Video Pembelajaran Dan Biaya Tambahan Yang Dikeluarkan





disini saya sedikit menyinggung tread om @cpunk1950 bukan hanya orang tua yang merasa keberatan dengan biaya ketika belajar dirumah bahkan guru lebih mengeluarkan biaya lebih ketika pandemi covid19. Contohnya seperti Guru SD akan mempersiapkan Video pembelajaran bukan hanya kuota internet terbuang akan tetapi jasa edit video agar bagus dan bisa di cerna oleh oleh murid-muridnya selain itu menyiapkan alat dan bahan juga dari kantong pribadi loh gan. belum lagi sekolah-sekolah yang entah siswa maupun gurunya tidak memiliki fasilitas memadahi untuk belajar sesusai daring mereka akan mengakalinya dengan mencetak soal, membuat video pembelajaran berupa CD dan banyak hal-hal kreatif lain yang dilakukan guru agar anak muridnya tetap bisa mencerna pelajaran walaupun keadaan seperti ini. mungkin banyak yang bilanng gaji guru besar ada sertifikasi atau apapun. coba bayangkan jika hal ini terjadi pada guru hononer yang bayarannya mungkin di bawah standard hal ini sangat mempengaruhi sedikit nafas mereka untuk menyambung hidupnya hari demi hari.

saya sedikit membahas ini bukan apa tapi mari kita introspeksi dan simulasikan kondisi kalian menjadi para guru ditengah pandemi ini. jika ada oknum guru yang mengentengkan dan hanya memberi tugas seadanya dan agan merasa tidak worth untuk membayar biaya segitu ada dua solusi 1. tegur guru tersebut dan bawa sampai sekolah bahkan yayasan ada juga hotline dinas pendidikan 2. maaf berenti saja anak agan sekolahnya dulu nanti kalau pandemi berakhir daftar ulang lagi kadang saya gemas keluhan orang tua siswa yang merasa keberatan dan selalu mengeluh coba mumpung pandemi ini agan mengajari anaknya toh belajar bisa dimana saja dan di indoensia kadang sekolah hanya tempat untuk mencari ijazah

Quote:


Diubah oleh KS06 18-08-2020 07:14
brina313
Cahayahalimah
tien212700
tien212700 dan 17 lainnya memberi reputasi
18
2.4K
54
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan