Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

masnukhoAvatar border
TS
masnukho 
[COCupang] Menyelisik Kehidupan Ikan Cupang, Ikan Air Tawar Berharga Jutaan Rupiah!

Menyelisik seputar kehidupan ikan cupang, ikan air tawar yang indah, agresif dan mahal!
Benarkah sudah ada perlombaan Internasionalnya?



Ikan Cupang, adalah jenis ikan air tawar bernama latin Betta, ikan ini merupakan salah satu jenis ikan yang hidup di beberapa negara bagian Asia Tenggara, seperti Indonesia, Vietnam, Thailand, Malaysia, Brunei Darussalam, dan Singapura.

Bentuk fisik dari ikan cupang tergolong sangat unik, meskipun cenderung memiliki badan lebih kecil dari jenis-jenis ikan air tawar pada umumnya, tingkat keunikan dan agresifitas ikan cupang ini dinilai mempunyai nilai keindahan atau estetika tersendiri.
Tidak hanya itu, ikan Cupang yang merupakan jenis ikan dengan tingkat ketahanan hidup lumayan tinggi meskipun tanpa alat aerator, juga membuat populasi ikan Cupang sangat mudah berkembang biak dan bertahan hingga sekarang.

Untuk golongan ikan cupang, terdiri atas tiga jenis: yaitu ikan cupang hias, aduan, dan ikan cupang liar!

Mungkin Agan dan Sista sudah tidak asing lagi dengan ikan Cupang, sebab sering kita lihat ikan ini banyak diperjual belikan di pasar atau di halaman-halaman sekolah oleh amang-amang penjual ikan hias. Dan ikan cupang juga merupakan salah satu hewan peliharaan ane sedari masa Sekolah Dasar (SD)sampai sekarang!
Mungkin Agan atau Sista di sini juga ada yang memelihara ikan Cupang di rumah?


Sumber gambar: Dokumen pribadi


Selain memiliki bentuk fisik yang unik dan bernilai estetis, ternyata ikan Cupang juga memiliki penggemar yang lumayan banyak.
Bahkan saat ini telah ada event-event perlombaan ikan Cupang, yang diadakan oleh para pecinta ikan Cupang dari berbagai Negara.

Salah satu komunitas yang terkenal di Indonesia dan sering berbagi informasi tentang event-event lomba ikan Cupang adalah komunitas FB Indonesian Betta Show (SNI & IBC).
Di group komunitas tersebut, para pecinta ikan Cupang dapat berbagi informasi perlombaan dari berbagai daerah, ilmu pengetahuan seputar tata cara perawatan ikan Cupang dan masih banyak lagi informasi lain seputar ikan Cupang yang dapat ditemukan di sini!





Selain perlombaan secara Nasional, ada juga perlombaan ikan Cupang kelas Internasional yang diikuti oleh banyak Negara dari luar Indonesia.
Salah satunya yaitu Nusatic2019yang diadakan di ICE BSD, dan acara di bulan November sampai Desember tahun 2019 tersebut adalah event ke 4 yang merupakan pameran ikan hias terbesar di dunia.
Di sini para pecinta ikan hias termasuk ikan Cupang mengikuti event, berbagi ilmu serta informasi, dan mendapatkan bimbingan tata cara merawat serta menghasilkan varietas ikan jenis baru!


Sumber gambar: Dokumen pribadi


Di dalam perlombaan ikan Cupang hias, tentu hal utama yang menjadi perhatian oleh para juri adalah mulai dari kombinasi warna, keseimbangan antara sirip punggung, sirip anal, sirip perut, dan sirip dada.
Keindahan serta kesempurnaan bentuk mata, hidung dan tutup insang juga mendapatkan penilaian khusus dan menjadi patokan penilaian pada perlombaan ikan Cupang hias!

Untuk jenis ikan Cupang termahal di Indonesia saat ini yaitu jenis Halfmoonyaitu mencapai kisaran harga 3juta-5juta rupiah perekor.




Wahhh, ternyata Ikan Cupang yang selama ini hanya kita anggap sebagai ikan air tawar atau ikan sungai biasa, malah mempunyai nilai jual dan minat yang tinggi ya GanSis.
Bahkan tidak hanya dijadikan hewan peliharaan saja, tapi juga menjadi hewan kontes Nasional dan Internasional!

Belum lagi melihat jenis-jenis ikan Cupang yang beragam, pastinya semakin indah sirip dan karakter akan menentukan nilai jual ikan Cupang itu sendiri.

Mungkin Agan dan Sista di sini ada yang berminat menjadi peternak ikan Cupang?
Bisa jadi jutawan loh GanSis kalau ikan Cupangnya bagus-bagus dan mempunyai nilai estetika!
Patut dicoba dulu ya pastinya




Penulis: @masnukho©2020
Narasi: opini pribadi
Referensi:di sini dan di sini


emoticon-Toastemoticon-Rate 5 Staremoticon-Keep Posting Gan
Diubah oleh masnukho 21-08-2020 04:09
gustiarny
evywahyuni
tien212700
tien212700 dan 17 lainnya memberi reputasi
18
4.7K
52
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan