c4punk1950...Avatar border
TS
c4punk1950...
Apa Yang Terjadi Jika Kamu Jatuh Di Air Terjun?




Siapa sih yang ga suka liat air terjun? Bahasa sundanya itu kalau ga salah waterfall deh, wah tentunya air terjun itu sangat indah dan bikin kamu takjub bila pemandangan di sekitarnya juga sangat alami.

Tapi apa kamu pernah berfikir bagaimana terbentuknya air terjun?

Wah, nampaknya kamu harus membuka kembali buku geografi nih. Karena air terjun secara tak langsung berkaitan dengan ilmu bumi.

Air terjun terjadi karena "Air mengalir dari tempat tinggi ke tempat yang paling rendah" dimana mata air banyak terjadi di daerah gunung.





Terjadinya mata air hingga menjadi air terjun tak lepas dari proses geologis di pegunungan hingga terbentuklah aliran sungai di atas gunung.

Mata air sendiri berasal dari dalam tanah, pemusatan air dari dalam tanah yang keluar ke permukaan bumi disebut dengan mata air. Dari banyaknya mata air akhirnya menimbulkan genangan dan membuat aliran sungai diatas gunung, air yang mengalir dari ketinggian ketika melewati lembah dan bukit ada yang terjun meluncur ke bawah hingga terciptalah sebuah ai terjun yang indah.





Namun jenis air terjun sangat banyak tidak terbatas pada sungai kecil diatas gunung, seperti sungai yang besar juga bisa menyebabkan air terjun seperti niagara waterfall. Namun karena erosi bebatuan air terjun juga menjadi lebih curam dan tinggi, mungkin sebelum itu air yang mengalir sebenarnya landai. Pengikisan bebatuan oleh air ini disebut dengan nama erosi.

Lalu ada pertanyaan lanjutan bagaimana bila kita terjatuh di air terjun apa yang akan terjadi?





Tergantung dari tingkat ketinggian si air terjun itu sendiri, dan seberapa deras aliran sungai yang menyebabkan air terjun.

Semakin deras air, maka di bagian bawah air terjun akan menyebabkan cekungan yang sangat dalam. Bila terjatuh dari air terjun yang tidak deras airnya dan tempatnya tinggi alamat kematian pasti akan terjadi karena cekungan air dari air terjun tidak dalam, rentan terkena batu bila ada yang terjatuh di air terjun seperti itu.



Namun sebaliknya bila aliran air lebih deras, cekungan air akan dalam kesempatan hidup akan lebih besar. Hanya saja beban air terjun yang menghempas ke bawah sangat berat menghantam tubuh, namun karena dalamnya air akan membuat manusia yang jatuh kesempatan selamat lebih besar, namun harus bisa berenang kalau tidak pandai sama saja mengundang malaikat maut lebih cepat.



Bagaimana teori geologi tentang air terjun yang ane jabarkan, benar atau hoax ada yang ingin menjabarkan secara detil monggo di persilahkan. Saya, c4punk see u next thread.


emoticon-I Love Indonesia

"Nikmati Membaca Dengan Santuy"
--------------------------------------
Tulisan : c4punk@2020
referensi : klik,klik,klik
Pic : google

emoticon-Rate 5 Staremoticon-Rate 5 Staremoticon-Rate 5 Star




Diubah oleh c4punk1950... 16-08-2020 14:23
wisudajuni
lonelylontong
uni214
uni214 dan 2 lainnya memberi reputasi
3
1.4K
16
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan