CLevina87Avatar border
TS
CLevina87
Meriahnya 17-an di Sepanjang Kalimalang



Peringatan HUT Republik Indonesia yang jatuh  pada setiap tanggal 17 Agustus seakan menjadi pesta rakyat. Di semua daerah Indonesia, dilangsungkan upacara bendera biasanya di pagi harinya dan juga tidak ketinggalan aneka perlombaan yang memberikan warna dan nuansa dalam merayakan ulang tahun RI. 


Salah satunya di permukiman sepanjang Kalimalang yang melintasi perbatasan Jakarta dan Bekasi. Kebetulan ini adalah pemukiman tempat tinggal saya waktu kecil. Hampir setiap tahunnya diadakan berbagai perlombaan di sepanjang jalan Kalimalang. Jalan ini mencakup 6 kecamatan. Panjang jalan Kalimalang adalah 20 kilometer, dari kawasan Cawang sampai Bekasi. Jalan ini melewati dari Cawang sampai nanti ujungnya di Mall Metropolitan Bekasi.



Perayaan ini akhir akhirnya ini dinamakan oleh warga sekitar "Festival Kalimalang" merupakan tradisi menahun setiap peringatan Hari Kemerdekaan. Berbagai lomba yang digelar, di antaranya tarik tambang, tangkap belut, sendok kelereng, serta pertandingan yang diadakan di kali, seperti tangkap bebek, gebuk bantal, dan panjat pinang, mendapatkan sambutan meriah dari para warga.  

Setiap warga memadati area perlombaan. Tidak sedikit warga yang sedang melintas memarkirkan kendaraannya untuk melihat kemeriahan lomba  -lomba tersebut.
Yang menjadi favorit saya dan keluarga adalah setiap tahunannya menyaksikan lomba panjat pinang.

Hadiah yang disediakan panitia di ujung antara lain sepeda, rice cooker, dan kipas angin. Tawa penonton pecah ketika salah satu peserta tercebur ke saluran Kalimalang akibat tergelincir saat meniti pinang. Sempat acara ini beberapa tahun tidak diadakan karena adanya pembangunan Tol Becakayu.




Tapi tahun ini kita semua sedang menghadapi situasi Pandemi. Kira kira tahun ini diadakan perlombaan perlombaan seperti ini lagi gak ya di Kalimalang?
Mengingat virus corona bisa menular lewat cairan, harusnya sih tidak diadakan ya?
Kira kira gan sis tau gak? Kasih kasih info ya kalau memang ada..


weshley07
weshley07 memberi reputasi
1
404
3
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan