Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

rendys03Avatar border
TS
rendys03
SADIS ini perlakuan perusahaan ojek pada penjual!

halo agan dan sista semua apa kabarnya piye kabare.. semoga di tengah pandemi ini masih diberikan kesehatan dan perlindungan dari yang maha kuasa ya.. dan cepetan berakir lah pandemi yg berat dan menyusahkan ini.

OKE gan langsung saja ya.. kali ini pengalaman yg saya mau bagikan berasal dari seorang sahabat saya semasa sekolah dulu gan.. nah jadi singkatnya sahabat saya ini sudah 5 tahun ini memutuskan menjadi pedagang makanan semacam resto online yg pake jasa ojol gitu lah gan.. seperti GR*B FOOD dan G*FOOD setelah 5 tahun sebelumnya dia habis2an bangkrut di usaha cafe gan.

dengan sisa tenaga dan dana terbatas habis bangkrut dan baru saja memiliki anak pertamanya gan saat itu.. tahun2 berat dia mencoba bangkit dengan menjadi penjual makanan di lingkaran ojek daring tsb.. yah warung kecil gan dan dijual melalui ojol.. doi memutuskan untuk nempuh usaha ini bukan tanpa pertimbangan karena melihat peluang yang yah.. bisa di bilang lumayan 5 tahun lalu karena seperti kita semua tau ya 5 tahun lalu ojol gede2an bakar uang buat jaring data base konsumen.. yah dampaknya orderanpun banjir dan rata2 penjual merchant saat itupun sangat terbantu kenaikan omzet yang signifikan.

namun 2 tahun belakangan ini kitapun tau aksi bakar uang sudah di kurangi dan sebagai gantinya perusahaan ojol meminta mitra merchant yang menanggung biaya2 promosi diskon tersebut..

nah sampai disini semua masih bisa dijalankan oleh sahabat saya ini gan.. meskipun berdarah2 doi terus mencoba bertahan hasilnya doipun berhasil melewati 1 tahun yg amat berat karena menanggung biaya promo tsb.. dengan hasil omzet yang engga jelek gan.. cukup bagus menurut saya.

nah sekitar awal tahun sekitar januari 2020 KENGERIAN INI MULAI TERJADI gan...

sebelumnya perlu saya jelaskan dulu peta peperangan persaingan antara GR*B dan G*JEK dalam memperebutkan pasar di indonesia secara lisan (mungkin nanti akan saya update memakai gambar biar lebih jelas yg masih kurang paham).

tahun awal
2014 - 2017 (disini G*JEK masih sangat mendominasi gan menang telak dengan gaya bakar uang gila2an mereka menguasai hampir 80% lebih pesanan makanan online)

tahun pertengahan
2017 - 2018 (di akhir tahun G*JEK mulai persiapan menghentikan aksi bakar uang dengan sebelumnya hanya memberikan subsidi promo kepada merchant besar saja ini persiapan untuk berhenti bakar uang imbasnya orderan menurun drastis pada penjual2 kecil).

2017 - 2018 (pada masa ini G*JEK sepenuhnya menghentikan aksi bakar uang dan menawarkan 100% pendanaan promosi kepada merchant.. imbasnya orderan merosot amat tajam hanya merhcant yg masih getol dan punya budget saja yg masih terus coba ikut promo).

2018 - 2019 (namun secercah harapan kembali mucul karena saat itu tiba2 GR*B menawarkan aksi bakar uang gede2an.. sehingga orderan yg lesu tiba2 melonjak naik tajam dan konsumen beralih ramai2 pindah ke GR*B... ini berlangsung ada sekitar setahun.. namun rupanya ini hanya pancingan semata).

"ini cara merebut pasarnya pun sgt epic gan.. dia menlisting semua lapak best seller di G*JEK lalu menampilkan lapak2 best seller tsb di halaman depan appnya di tambah subsidi potongan gede2an.. sehingga konsumen berbondong beralih dari tadinya langganan G*JEK jd ke GR*B... scr mendadak.. inget lagu band HELLO ga gan.. seperti ular.. seperti ular.. sangat berbisa.. siap memangsa.. diriku emoticon-Big Grin"

2019 - 2020 (aski bakar uang di GR*B tidak berlangsung lama.. karena akir taun 2018 pelan dan pasti GR*B pun sama mulai menawarkan pendanaan promosi kepada merchant dengan modus sama sebelum nya hanya merhcant besar dan dikategorikan ramai saja yg masih di support sisanya yang kecil dibiarkan menggelepar sekarat..).

beruntungnya rupa2nya kawan saya ini termasuk ke list yang dikategorikan ramai order.. dia bukan brand pedagang besar namun masuk kategori ramai.. sehingga penawaran2 ekslusif saat itu dari pihak GR*B masih datang.. yang tentunya ga bisa semua diambil kawan saya ini.. karena budget yg terbatas dia hanya ikut program beberapa saja..

semua masi jalan normal meskipun orderan memang terasa turun sejak subsidi mulai dikurangi..

awal mula kejadian parah itu saat awal tahun 2020 dimana yang mungkin juga ada faktor kelalaian dari kawan saya ini namun tidak seharusnya ditanggapi sedemikian parahnya oleh pihak ojol ya menurut saya.. berawal dari telat membayar tagihan komisi berjalan.. kawan saya tidak memperhatikan email yg masuk yg ternyata ada klausul yg menyatakan jika tidak segera melunasi orderan akan di turunkan sepihak oleh pihak GR*B gan.. dan juga biaya ongkir ke pelanggannya akan dinaikan 3x nya... awalnya dia bingung omzet tiba2 anjlok hampir setengahnya.. dalam cm 2 hari.. setelah hampir sebulan (telat gan) baru sadar ada email pemberitahuan tsb.. dia sebenernya hanya lalai lupa saja karena sibuk dan bukan karena sengaja ga bayar.. saat itu dengan buru2 langsung melunasi tunggakan tsb.. sekitar hampir 17 juta.. (ini nilai tagihan sekitar 5 bulan gan).

saat itu setelah bayar dia langsung mengabari pihak ojol untuk konfirmasi pembayaran dan meminta penormalan kondisi segera.. namun sayang konfirmasi ini tidak dapat segera ditanggapi butuh waktu sekitar 1 bulan.. baru terkonfirmasi pembayaran tsb..

lalu apakah semua balik normal????

ternyata TIDAK sama sekali.. keadaan tidak berbalik jadi normal gan.. bahkan tambah buruk dari sebelumnya dan saat itu masa pandemi covid dimulai berbarengan... keadaan berubah jadi neraka.. setelah pembayaran terkonfirmasi keadaan tidak balik seperti semula gan.. karena kita semua tau persaingan merchant di aplikasi ojol itu amat sangat parah... karena ada ribuan penjual tergabung disana..

posisi lapak teman saya itu saat di cek ternyata sudah merosot sangat dalamm gan.. bahkan untuk menemukan lapak dia kita harus pegel scroll jempol ke bawah baru ketemu di pojok bawah..

rupa2nya ini yg membuat orderan tidak kunjung kembali normal.. sedangkan warung kawan saya ini hanya online atau tidak ada pelanggan yg beli langsung gan disana.. meskipun bisa namun entah kenapa sejak awal buka dulu memang tidak ada pelanggan yang belanja langsung kebanyakan lewat daring.

saat itu kawan saya terus mencoba berbagai cara untuk bangkit.. dari mulai coba promo lagi lebih gede sampai dia jual rugi.. bahkan bikin menu2 baru tidak ada yg berhasil gan.. omzet tetap anjlok.. dan biaya operasional masih sama dengan saat rame dulu.. alhasil untuk nekan biaya bbrp pegawai terpaksa di PHK.

hanya tinggal sisa 2 org saat ini kawan saya yg turun langsung dan 1 karyawannya..

merananya kasus dia ini berbarengan dengan situasi pandemi covid.. yang membuat makin tambah parag kondisinya

saya sempat beberapa waktu lalu penasaran.. dan coba menelusuri aplikasi ojol ini.. dan mengejutkannya.. (ini baru dugaan saya ya) rupa2nya GR*B ini memainkan jumlah pesanan kepada mitra dan merchant nya.. jadi memang seperti di kontrol oleh mereka mana saja yang dapat banyak mana yg dapat sedikit.. mungkin kasus yang baru hangat di berita dimana GR*B dinyatakan bersalah oleh pengadilan KPPU persaingan usaha ini ADA BENARNYA! dan di berita tsb pihak GR*B tidak membantah dia hanya mengatakan KPPU tidak mengerti bisnis daring.. wow.. suprise..

kenapa saya berkata begitu.. jadi gini saat itu saya coba buka2 aplikasi pemesanan ojol ini.. dan menemukan ada resto yang memiliki seperti icon heat temprature.. yang artinya "kata aplikasi" saat itu resto tsb sedang ramai.. dan antri dan pokoke lagi hits.. HOT most wanted resto lah di jam tsb.. namun saya lihat jam ini jam stg 4 sore!!! jarang ada org beli makanan berat jam tanggung.. saya penasaran saya coba kelokasi yg katanya dibilang lagi antree tsb.. and what??? hanya 1 GR*B driver saat itu... yg belanja dan tidak ada lagi bahkan customer biasa tidak terlihat belanja kondisi sepi... well.... this is something you guys must know!! they play tricks on you.. dan saya sampai skrg tidak ngerti apa tujuan ini sangat aneh.. ini mungkin hanya sebagian kecil yg saya temukan

ada lagi kasus jadi pernah kawan saya ini sedang sepi2nya hari itu mendadak jadi rame tiba2.. notifikasi bunyi terus orderan masuk.. cm anehnya selang 2 jam.. itu aplikasi merchant dia tiba2 ke tutup sendiri depan matanya.. itu tombol open close geser sendiri ke close gan.. di buka lagi selang 4 menit geser lagi close.. lalu ada email masuk bunyinya "karena tadi anda bilang resto lagi tutup maka orderan sementara kami stop dulu sampai besok.." what..??? anehh sekali... alhasil orderan turunn lagi gan..

karena harusnya setiap merhcant membayar komisi yang sama.. namun bisa di beda2kan begitu... bahkan ada yg di pancing trik segala.. sangat anehh..

yg bikin sakit dan miris usaha kita ternyata tahun sebelumnya yg sukses menggiring pemasukan komisi gede ke pihak aplikator tidak di anggap dan tidak di hitung.. mereka menerapkan hukum rimba yang sebenarnya rimbanya mereka sendiri yg ciptakan dan atur... can this be called "play as God.."? well.. you decide..

"kondisi di perparah karena kebiasaan konsumen yang selalu memilih lapak di halaman depan.. dan selalu yg di pilih adalah lapak2 rekomendasi aplikator hampir 90% seperti itu jadi di dunia lingkaran pemesanan ojek daring tidak berlaku pembeli kembali lagi karena puas.. disini berlaku anda rame atau sepi aplikator yg menentukan.. dan tergantung dari seberapa besar subsidinya.. ente cucuran keringat usahain produk ente bagus enak dan rapihpun.. jika aplikator menginginkan ente sepi maka itu yg terjadi.." (ini opini saya ya atau setidaknya pengalaman yg saya lihat dialami kawan saya tsb).

hal berbeda dengan marketplace seperti T*ped dll.. dimana jika pelanggan puas maka akan real terlihat langsung

Quote:


note : bisa kebayang gak.. kalo kabar katanya mau merger dua aplikasi itu GR*B dan G*JEK itu akan lahir entitas baru dan bisa2 bakal jadi pemain tunggal.. menguasai pasar dan akan mengontrol seluruh segment baik konsumen dan pedagang tidak punya pilihan lain.. harus ikut apa kata aplikator.. gilee jangan sampe dah ini kejadian..

saya akan update info ini gan dan lengkapi dengan gambar agak siang ya karena lagi dijalan ini pake hape ok.. coba silahkan yang mau diskusi di kolom post gan salam..

Diubah oleh rendys03 08-08-2020 03:01
Richy211
VanillaDark
Voor
Voor dan 6 lainnya memberi reputasi
7
1.7K
29
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan