Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

batzforumAvatar border
TS
batzforum
Valentina Tereshkova, Wanita Pertama Yang Berhasil Ke Luar Angkasa Pada Tahun 1963!


Jika kita berbicara siapa orang yang pertama kali ke luar angkasa, pasti pikiran kita mengatakan Yuri Gagarin atau Neil Amstrong (Orang pertama yang berhasil ke Bulan), dimana kedua orang tersebut merupakan laki-laki. Tapi apakah kalian pernah bertanya tentang siapakah wanita pertama yang berhasil ke luar angkasa? Jawabannya adalah Valentina Tereshkova.


Valentina Tereshkova lahir pada tanggal 6 Maret 1937 di Oblast Yaroslavl, Uni Soviet. Valentina Tereshkova merupakan seorang kosmonot (Sebutan lain astronot) yang menjadi wanita pertama yang berhasil ke luar angkasa, tepatnya pada tahun 1963 dengan menggunakan Vostok 6.




Sebelum menjadi seorang kosmonot/astronot, Valentina hanyalah seorang pekerja di pabrik perakitan tekstil. Dia menjadi seorang kosmonot melalui jalur seleksi yang dibuka sebelum tahun penerbangannya ke luar angkasa yaitu tahun 1962.


Setelah melakukan pendaftaran dan seleksi yang diikuti lebih dari 400 orang, Valentina berhasil lolos menjadi anggota korps kosmonot. Bisa dikatakan seleksi untuk menjadi kosmonot ini adalah salah satu program sukarela di Uni Soviet.




Diketahui alasan mengapa dia mendaftar sebagai kosmonot adalah karena terinspirasi dari manusia pertama yang berhasil ke luar angkasa, yaitu Yuri Gagarin.


Setelah Valentina berhasil lolos tahap seleksi, dirinya tak langsung pergi ke luar angkasa loh karena dirinya harus menjalani tes/latihan bersama dengan 4 wanita lain yang lolos seleksi. Valentina berlatih bersama 4 wanita lainnya selama 18 bulan untuk mengetahui bagaimana reaksi tubuh mereka terhadap hal semacam gravitasi nol dan juga gravitasi ekstrem.




Setelah melakukan tes selama 18 bulan, Valentina Tereshkova menjadi satu-satunya wanita yang mendapatkan izin untuk pergi ke luar angkasa berdasarkan hasil tes yang sudah dilakukan.


Tepat pada tanggal 16 Juni 1963, Valentina Tereshkova resmi meluncur ke luar angkasa selama 3 hari (70,8 jam) dengan menggunakan kapsul Vostok 6. Diatas sana dirinya melaporkan apa yang dia lihat, dan kembali ke bumi dengan selamat.



Gambar kapsul Vostok 6

Dari cerita ini dapat dibuktikan kalau Neil Armstrong bukanlah orang pertama yang berhasil ke luar angkasa. Karena sebelum dia, banyak Astronot/Kosmonot dari Uni Soviet yang berhasil ke luar angkasa seperti Valentina Tereshkova dan juga Yuri Gagarin.


Itulah kisah tentang Valentina Tereshkova, wanita pertama yang berhasil pergi ke luar angkasa. Ada yang mau keluar angkasa?




Sumber referensi : Tulisan pribadi, dari sinidan dari sini
Sumber gambar : Google images

emoticon-Cendol Ganemoticon-Cendol Ganemoticon-Cendol Gan
rony25
richardus96
Junmai92
Junmai92 dan 28 lainnya memberi reputasi
27
4.1K
95
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan