saya.kiraAvatar border
TS
saya.kira
[CoC Reg. Sukabumi] Sukabumi Punya Cerita, Kasepuhan Ciptagelar yang Istimewa!


Di Kabupaten Sukabumi terdapat tiga kampung adat yakni Kasepuhan Ciptagelar, Kasepuhan Sinarresmi dan Kasepuhan Ciptamulya. Satu hal yang menjadi ciri khas dari seluruh kampung adat tersebut adalah masyarakatnya yang masih memegang teguh adat istiadat yang diturunkan oleh para leluhurnya sejak lebih dari 650 tahun silam.

Ketiga kampung adat ini merupakan bagian dari kesatuan adat Banten Kidul, dimana Kasepuhan Ciptagelar menjadi pusat dari kesatuan tersebut. Secara administratif Kasepuhan Ciptagelar ini masuk dalam wilayah Desa Sirna Resmi, Kecamatan Cisolok atau sekitar kurang lebih 27 Km dari pusat ibukota Palabuhan Ratu.

Untuk mengenal lebih jauh mengenai Kasepuhan Ciptagelar, yuk lihat tujuh keunikan yang jadi keistimewaan dari kampung adat Ciptagelar di Sukabumi tersebut.

Quote:

Quote:

Quote:

Quote:

Quote:

Quote:

Quote:

Nah itu dia tujuh keunikan dan keistimewaan yang dimiliki oleh Kampung Adat Kasepuhan Ciptagelar. Jangan terkecoh dengan namanya loh GanSist, meskipun namanya kampung adat tapi poin ke 6 & 7 pada gak nyangka kan? Modern boleh tapi adat tetap dipegang teguh.

Jika Agan dan Sista dari Jakarta untuk mencapai tempat ini lumayan sekitar 8 jam, dari Ciawi ambil arah ke Sukabumi sampai di Pelabuhan Ratu, setelah itu ente ambil arah yang menuju Sawarna hingga menemukan Hotel Samudra Beach. Kemudian ambilah arah belok ke kanan yang akan mengarahkan Ente ke Kampung Adat Ciptagelar dengan melewati Desa Ciptarasa yang menjadi salah satu pintu masuk ke dalam kawasan gapura yang bertuliskan Selamat Datang di Taman Nasioal Gunung Halimun Salak.

Jangan lupa ya kalau Agan & Sista berkunjung ke Kasepuhan Ciptagelar hendaknya berpakaian dan berperilaku yang sopan ya, karena dimana kaki berpijak disitu langit dijunjung.

Sumber :
1
2
over.power
siapika
turkusuma
turkusuma dan 31 lainnya memberi reputasi
32
5.1K
76
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan