Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

yuki26Avatar border
TS
yuki26
Dari Tutup Sampe Bodinya, Botol Plastik Emang Berguna Banget


Selamat Datang GANSIS!
----------+++++++++---------

emoticon-Selamatemoticon-Selamat
Spoiler for cek konten:


WISH ME LUCK


sumber gambar dokumentasi yuki26

Halo semuanya, dalam tulisan kali ini gua mau memberikan ide kreatif banget nih. Bukannya memuji diri sendiri, tapi emang sangat kreatif. Selain kreatif, dilakuinnya juga gampang banget. Cuma memerlukan bahan utama yang biasa lu buang kalo udah abis minumnya, yaitu botol plastik. Kalo botol plastiknya udah terlanjur dibuang, beli lagi atau kalo lu berani ambil lagi aja yang abis dibuang tadi. Buat kalian yang botol plastiknya belom sempat dibuang, selamat ya kalian bisa secara mudah mengikuti dan menerapkan ide kreatif dalam tulisan ini. Soalnya gak perlu kerepotan buat nyari botol plastik kosongan yang udah gak terpakai.

Sebelumnya gua ceritain dulu, ide kreatif ini muncul ketika ngeliat tas dan kresek² bekas belanja di warung yang ditumpuk gitu aja. Akhirnya gua coba berpikir untuk mengakalinya, karena ada cukup waktu juga untuk ngelamun sambil ngiler gitu ye. Setelah berpikir dalam waktu yang cukup lama sampe baju basah iler semua, ketemu lah solusinya saat melihat botol plastik. Sebenernya dibantu sama referensi temen-temen kaskuser lainnya, karena lagi banyak banget yang post threadtentang Do It Yourself, Life Hack. Seru juga ide-ide yang udah diposting, kamar gua jadi rapi gegara ngelakuin banyak ide kreasi dari tulisan mereka.


sumber gambar dokumentasi yuki26

Dari banyaknya ide yang udah tertanam dalam otak ini, referensi gua udah tercukupi. Kemudian udah saatnya buat mengkreasikan pake ide kreatif sendiri. Dimulai dari botol plastik, yang bisa dimanfaatkan dari tutup sampe body botolnya. Jadi pertama yang mesti dilakuin adalah menyiapkan botol plastik utuh. Kalo perlu dibersihkan dulu dan dikeringkan, biar enak serta biar selalu menjaga kebersihan ya cuy. Terus selain botol plastik, lu juga memerlukan sedikit lem dan sebuah gunting. Untuk lem yang gua pake adalah lem super lengket, dengan senyawa cyanoacrylate etil. Jadi senyawa tersebut emang biasa dipake untuk produk-produk lem serba guna yang super lengket atau power glue. Bisa juga sih pake lem kuat lainnya, yang penting kuat nempel.


sumber gambar dokumentasi yuki26

Barang dan bahan yang diperlukan udah siap, saatnya eksekusi cuy. Pertama yang dimanfaatin dulu adalah tutup botol plastiknya. Untuk tutupnya bakalan dikreasikan sebagai tempat gantungan atau cantolan. Caranya kalian ambil aja beberapa tutup botol, sesuai yang udah disiapkan. Kalo cuma ada satu ya gapapa juga, boleh aja untuk sekadar coba. Namun gua di sini pake 2 tutup botol plastik ya. Jadi tinggal diberikan lem pada bagian punggung luar tutup botolnya. Setelah itu langsung tempel di tembok atau di tempat yang kalian mau pasang cantolan. Tungguin aja sampe kering, beberapa menit aja gak lama kok. Paling cuma butuh 3-5 menit deh, tergantung lem yang dipake.


sumber gambar dokumentasi yuki26

Nanti kalo udah cukup kering, bisa lu cek buat gantungin sesuatu yang gak berat. Misalnya tas selempang, tote bag, tas jinjing, dan tas lainnya yang isinya gak berat. Semisal si gantungan dari tutup botol tersebut kuat menahannya, berarti udah bisa difungsikan sebagai tempat cantolan. Gua rasa buat sekedar nyantolin hoodie atau baju gitu masih bisa lah. Lumayan juga kan gak perlu ngebolongin tembok kalian. Tutup botol ini udah beralih fungsi menggantikan paku yang biasa dijadiin tempat cantolan. Sekarang tas gua gak numpuk lagi dan gak makan tempat, karena udah tergantung di tembok. Setelah baca ini gua rasa dinding kamar kalian nanti banyak tutup botol yang menempel.


sumber gambar dokumentasi yuki26

Kemudian setelah urusan dengan tutup botol udah selesai yang gitu doang, botolnya masih berguna loh. Botolnya bisa banget dijadiin tempat wadah kresek bekas belanja di warung, biar bisa dipake lagi. Daripada dibuang atau cuma di kumpulin aja yang bikin ribet juga kalo mau ngambil, mending ikutin ide kreasi gua nih. Membuat tempat plastik dari botol plastik biar gampang diambil. Caranya mudah, modal gunting yang udah disampaikan tadi di atas saat tahap persiapan.


sumber gambar dokumentasi yuki26

Untuk membuat tempat plastik dari botol plastik yang tutupnya udah nempel di tembok, cuma butuh digunting aja. Potong bagian bawah botol atau dasar botol biar kebuka. Soalnya nanti buat masukin plastiknya, karena posisinya nanti terbalik ya. Jadi lubang kecil tempatnya tutup botol berada di bawah. Setelah di potong bagian dasar botol, potong juga bagian sisi botol. Potongan di sisi botol untuk membuat lobang biar bisa digantungin nanti.


sumber gambar dokumentasi yuki26

Kalo wadah botolnya udah siap, selanjutnya tinggal nyiapin plastik-plastik yang mau dipake ulang. Jumlahnya terserah, bisa 4-5 plastik kresek yang penting muat aja. Muatnya juga tergantung ukuran botol plastik yang digunakan ya cuy. Kebetulan gua pake botol plastik tanggung, muat 4-5 plastik kresek aja. Nah cara menaruh kreseknya juga agak tricky, sedikit ribet. Intinya gulung kresek 1, terus gulung kresek 2. Gulungan kresek 1 masukin di lubang pegangan kresek 2. Masukinnya sampe setengah aja. Kalo udah ujung kresek 1 dimunculin pada bagian lubang tempat tutup botolnya, which is posisi botolnya nungging ya atau kebalik. Lanjut aja disambungkan sampe kresek terakhir.

Terakhir tempat kresek ala-ala gua ini dicantolin ke tutup botol yang nempel tadi. Kalo udah begini, artinya udah selesai deh. Nanti cara kerja kresek yang ditarik cukup efisien. Saat ngambil kresek 1, ujung kresek 2 akan nongol gitu. Kalian bisa cek video singkat di bawah ini.

Spoiler for videonya:


Segitu dulu ide kreatif yang bisa gua bagikan kepada kalian wahai pembaca. Pesan gua kreatif lah dalam memanfaatkan suatu barang, karena semua barang itu bisa disulap menjadi apapun kalo otaknya nyampe. Dari sini gua merasa botol plastik itu berguna. Buat kalian sebelom buang barang-barang yang gak kepake, mending dipikirin dulu barangnya bisa dikreasikan atau gak. Kalo gak, ya buang aja terserah lu.
Quote:

| Ditulis oleh: Y u k i 2 6 |
Sumber: wikipedia


----------+++++++++---------

Mampir juga ya di konten kece lainnyaemoticon-NgacirDISINI
----------+++++++++---------



SAMPAI JUMPA
mamaproduktif
Cahayahalimah
Bgssusanto88
Bgssusanto88 dan 12 lainnya memberi reputasi
13
897
17
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan