Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

estebanvisAvatar border
TS
estebanvis
Sempat Bikin Heboh, LKS Bergambar Cagub Sumbar Ditarik dari Peredaran


JAKARTA, HALUAN.CO –Buku Lembar Kerja Siswa (LKS) tingkat SMP di Kota Padang sempat bikin heboh karena menampilkan cover calon gubernur Sumatera Barat yang juga Walikota Padang, Mahyeldi Ansharullah.

Mengapa Ini penting: Tampilnya foto Mahyeldi di sampul depan buku LKS mata pelajaran Bahasa Inggris dinilai bermuatan politik, karena Mahyeldi diketahui menjadi salah satu kandidat yang akan maju di bursa Pilgub Sumbar 2020.

Konteks: Mahyeldi Ansharullah berencana maju untuk kursi nomor satu Sumatera Barat dari PKS di Pilkada 2020, mengandeng calon dari PPP Audy Joinaldy.

Apa katanya: “Saya rasa tidak ada yang menyalahi aturan, karena itu Wali Kota Padang. Di spanduk, foto dan baliho juga ada. Namun, saya sudah memerintahkan buku itu ditarik. Saya sendiri belum melihat langsung buku tersebut tapi akan kita tarik,” kata Kepala Dinas Pendidikan Kota Padang, Habibul Fuadi seperti dikutip dari Antara, Senin (20/7/2020).

Akhirnya ditarik:

• Habibul mengatkan, sejak informasi itu beredar, ia sudah memerintahkan agar seluruh buku ditarik dari lapangan.

• Namun, dalam teknis di lapangan, penarikan tentu akan beragam pelaksanaannya, tergantung guru masing-masing. Apalagi anak-anak belum memulai pelajaran.

Dinilai tidak etis:

• Pengamat politik Universitas Andalas (Unand) Padang, Edi Indrizal menilai foto Wali Kota Padang di sampul buku LKS tidak etis dan menimbulkan kejanggalan karena Mahyeldi sudah memastikan maju sebagai cagub Sumbar.

• Ia menyarankan Mahyeldi fokus membenahi persoalan pendidikan di Kota Padang, terutama proses penerimaan siswa baru daripada melakukan pencitraan

• Anggota Komisi IV DPRD Kota Padang, Mairizal Aye juga mengatakan ada dugaan kampanye terselubung yang dilakukan jelang Pilkada Sumbar.

• Jika tidak ada unsur kampanye, maka yang dipajang adalah foto berdua wali kota dan wakil wali kota Padang dengan berpakaian dinas.

• Seharusnya buku pelajaran siswa memiliki gambar lain seperti gambar pemandangan, gambar pendidikan karakter dan lainnya.



Berita Politik, Hukum dan Ekonomi Lainnya:
1. Trump Bakal Tolak Hasil Pemilu Jika Dirinya Kalah
2. KPU-Bawaslu Diduga Akan Terlibat Menangkan Anak Jokowi
3. Wanita Lahirkan Bayi Sehat yang Dikandung Hanya Sejam, Ketahui Faktanya
4. Mensos Usul Harga Rokok Rp100 Ribu Per Bungkus
5. Aksi Prabowo Batalkan Kontrak Rp50 Triliun di Kemhan Disebut Heroik
orgbekasi67
sofiyuen
rizaradri
rizaradri dan 5 lainnya memberi reputasi
6
2.2K
51
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan