iissuwandiAvatar border
TS
iissuwandi
Cara Menghitung Weton Jawa Buat GanSist dan Pasangan, Cek Di Sini!


Assalamualaikum
Halo sobat kaskuser, semoga sehat dan bahagia selalu di manapun Agan dan Sista berada. Pada kesempatan kali ini, izinkan ane membahas tentang weton jawa. Bagi sebagian masyarakat Jawa, pastinya kata-kata weton sudah tidak asing di telinga. Taukah Agan dan Sista, jika weton jawa sering banget digunakan untuk mengetahui masa depan pasangan yang akan menikah?

Sebelumnya, ane ingin menjelaskan apa sih weton itu. Jadi, begini, GanSist, weton itu adalah hari kelahiran manusia menurut penanggalan Jawa. Dalam penanggalan jawa selain hari yang berjumlah tujuh hari yang seperti kita kenal, ada juga pasaran jawa. Setiap hari dan pasaran sudah mempunyai angka-angka yang sudah baku, nggak bisa diotak-atik lagi.

Dalam penerapannya, masih banyak sekali orang tua yang masih memegang adat memakai hitungan weton untuk berbagai urusan. Contohnya memulai bercocok tanam atau menanam padi, membangun rumah, pindah rumah, pernikahan, dan lain sebagainya.

Nah, pada thread kali ini, kita sama-sama belajar menghitung weton tentang pasangan hidup, ini biasanya digunakan apabila kedua pasang mempelai ingin melangsungkan akad nikah. Hitung-hitungan ini masih dipakai oleh Pakde ane, loh, GanSist. Semua diperhitungkan.
Quote:

Pertama cek pasaran ketika Agan dan Sista brojol ke dunia yang fana ini. Ada 5 pasaran dalam tanggalan jawa. Pahing atau Paing, Pon, Wage, Kliwon, Legi. Tiap-tiap pasaran sudah ada angka bakunya, nggak bisa dituker ama pasaran lain nilainya.
Quote:

Langkah kedua, cek hari kelahiran Agan dan Sista. Hari ini hari umum seperti yang sama-sama kita ketahui. Dari hari Senin hingga hari Minggu. Ini juga angkanya sudah baku, ya, GanSist.
Quote:

Langkah ketiga, jumlahkan angka pasaran Agan dan Sista dengan hari umum. Setelahnya jumlahkan hasil dari total penjumlahan tadi. Jadi berapa totalan pria dijumlahkan dengan totalan wanita. Maka akan menghasilkan nilai akhir. Nilai akhir ini akan dicocokkan dengan perhitungan yang telah ditetapkan.
Quote:

Maka hasilnya tinggal dicocokkan sesuai tabel di atas. Hasilnya macam-macam, loh, GanSist. Setiap hasil akan memberi gambaran yang berbeda.
Oke, kita lanjut dengan penjelasan tiap-tiap hasil yang telah didapat.
Quote:

Jika hasilnya PEGAT, maka akan menemukan kendala dalam berumah tangga, entah itu dari faktor ekonomi, kekuasaan atau tahta, perselingkuhan, yang berujung dengan perceraian.

Jika hasilnya RATU, maka pasangan tersebut memang sudah jodoh. Dihormati oleh tetangga sekitar dan orang lain. Bahkan keharmonisan pasangan tersebut membuat iri.
Quote:

Hasil yang didapat mengarah ke JODOH, maka pasangan ini memang cocok. Mereka bisa saling menerima kekurangan dan kelebihan pasangan. Rumah tangga langgeng hingga tua

Hasil dari TOPOadalah bersusah-susah dahulu, bersenang-senang kemudian. Mungkin di awal-awal akan mempunyai masalah baik dari segi ekonomi atau lainnya. Namun, jika nanti dikaruniai seorang anak dan sudah lama berumah tangga maka akan mulya hidupnya.
Quote:

Berlanjut ke TINARI, hidup pasangan ini akan senang dan tidak menemui kesulitan. Akan mudah mendapatkan rezeki dan tidak akan hidup kekurangan. Sering banget menemukan keberuntungan dalam berumah tangga.

Jika hasilnya PADU, bakalan sering bertengkar. Meskipun setiap hari bertengkar, tapi nggak bakal cerai. Dalam berumah tangga hampir setiap hari bertengkar mengenai semua masalah.
Quote:

Lanjut ke SUJANAN, maka pasangan tersebut sering bertengkar dan banyak masalah perselingkuhan. Entah dari pihak lelaki atau dari pihak wanita, atau malah dua-duanya mempunyai selingkuhan.

Terakhir, jika hasilnya PESTHI, maka rumah tangganya akan rukun, tentram, adem ayem hingga tua. Meskipun diterpa masalah apapun tidak akan merusak keharmonisan pasangan tersebut.

Hitung-hitungan weton masih lestari digunakan hingga saat ini. Bahkan selain menggunakan hitungan weton, tata letak rumah calon mempelai pun ikut diperhitungkan. Ane punya temen yang gagal menikah hanya karena rumahnya menghadap Ngalor-Ngetan, padahal menurut tanggal jawa hasilnya baik.

Bagi sebagian mungkin ada yang tidak percaya dengan perhitungan weton, seperti ane misalnya. Bagi yang percaya, ya, silakan, bagi yang tidak, ya, kita hargai juga. Nggak ada yang salah dan benar jika sudah menyangkut kepercayaan. Semua akan menjadi benar jika kita sudah meyakininya.
Quote:

Bagaimana dengan hasil perhitungan weton Agan dan Sista dengan pasangan?

Sumber gambar : instagram
Opini pribadi

Kunjungi B Log kami dengan meng-klik gambar di bawah ini



emoticon-terimakasihemoticon-terimakasih emoticon-terimakasih
Diubah oleh iissuwandi 15-07-2020 16:08
doobey
rinandya
orgbekasi67
orgbekasi67 dan 44 lainnya memberi reputasi
45
34.8K
224
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan