Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

yuki26Avatar border
TS
yuki26
Manfaatin Sabun Cuci Piring dan Barang Bekas Buat Bersihin Sepatu


Selamat Datang GANSIS!
----------+++++++++---------

emoticon-Selamatemoticon-Selamat
Spoiler for cek konten:



sumber gambar dokumentasi yuki26

Halo semuanya, selama pandemi ini paling enak itu mencoba hal-hal baru buat dilakuin di rumah. Dengan mencoba hal-hal baru, nantinya lu bakalan bisa mandiri dan serba bisa mengatasi banyak hal. Gua pun juga begitu, ya cuma sekadar percobaan atau eksperimen kecil-kecilan yang gak membahayakan. Apalagi kalo melakukan sesuatu yang menghasilkan sebuah karya, bisa-bisa karya buatan sendiri numpuk gitu ye. Ada banyak hal yang bisa dilakuin secara mandiri selama pandemi Covid-19. Gua rasa emang pandemi ini membawa masyarakat untuk lebih giat mempelajari hal-hal baru, karena kalo diem aja gua jamin 100% bosen. Kemungkinannya besar untuk munculnya banyak orang-orang yang kreatif gegara situasi pandemi Covid-19. Kalo lu masih bingung mau ngapain gak ada kerjaan, daripada bengong mending cobain hasil eksperimen gua ini.

Kali ini gua mencoba untuk menghemat duit, sekaligus emang pengen coba-coba gitu. Jadi ini sebuah eksperimen dan tips yang cukup bermanfaat buat kalian. Terutama buat lu yang lagi butuh sabun atau pembersih benda-benda kesayangan khususnya sepatu. Soalnya racikan pembersih gua ini baru dicoba untuk sepatu aja sih, aman banget. Hal ini dilakukan awalnya karena gabut, terus faktor lainnya karena cukup sulit juga buat nyari pembersih khusus sepatu. Akhirnya daripada sepatu cuma dibiarin kotor, mending dibersihin dengan pembersih seadanya. Dari situ mulai mikir dan yang paling dibutuhkan terutama adalah cairan pembersih yang menghasilkan banyak busa. Bukan cuma busa aja, tapi juga gak terlalu keras dan kejam untuk bahan kanvas atau bahan sepatu lainnya.


sumber gambar dokumentasi yuki26

Bahan utama buat pembersih sepatu ala gua adalah sabun cuci piring. Mereknya bebas, bisa mama lmon, snlight, atau yang lainnya. Sabun cuci piring gua pake karena pas aja, busanya banyak ditambah gak begitu bisa merusak bahan kain dan gak bikin luntur. Selain sabun cuci piring, gua juga pake sedikit tambahan sitrun atau citric acid. Buat yang belom tau, sitrun adalah nama lain dari sebuah senyawa asam sitrat yang biasanya dimanfaatkan buat penambah rasa asam pada makanan dan minuman. Nah kegunaan lain sitrun juga dapat membersihkan noda-noda yang cukup membandel karena sifat asamnya. Jadi gua cuma membutuhkan sitrun ini sedikit aja buat dicampurin ke sabun cuci piring.

Untuk melakukan eksperimen dan tips sederhana gua dalam membersihkan sepatu ini, tentunya ada beberapa hal yang perlu disiapkan juga. Gak usah bingung buat menyiapkannya, karena kemungkinan besar di rumah lu juga udah tersedia gitu ye. Berikut langkah-langkahnya biar kalian gak sesat dalam melakukan tips dari gua ini.

Pertama siapin bahan-bahannya dulu dong

sumber gambar dokumentasi yuki26

Siapkan bahan-bahannya dulu sebelum memulai semuanya. Buat bahan cairan pembersihnya, ada sabun cuci piring dan sitrun. Kalo buat sabun cuci piring tinggal pake yang udah ada aja di tempat cuci piring kalian. Lalu kalo sitrun bisa dibeli ke warung terdekat paling cuma seribuan harganya. Butuhnya sama-sama dikit sih, atau tergantung wadah yang kalian gunakan. Saran dari gua sih dikit, paling hanya butuh sekitar 30 ml aja udah cukup buat sepasang sepatu. Kemudian peralatan pendukung lainnya ada botol spray bekas yang 35 ml, 2 sikat gigi bekas yang udah gak kepake, dan kain bekas untuk ngelap. Botol spray bisa pake bekas parfum kalian yang udah habis, bebas sih ukurannya karena kebetulan gua adanya yang 35 ml. Botolnya nanti buat tempat dan pengaplikasian dari cairan pembersihnya biar tinggal semprot gitu.

Kedua racik cairan pembersihnya

sumber gambar dokumentasi yuki26

Lanjut saatnya meracik cairan pembersih ala gua. Ambil botol spray atau wadah yang lu udah sediakan tadi, terus tuang sabun cuci piringnya. Kira-kira kurang dari seperempat wadahnya, karena nanti masih butuh air. Lalu masukin sitrunnya setengah dari cairan yang lu udah masukin ke wadah tadi. Setelah itu ditambahin air sampe penuh dan di campur sampe larut. Saat mencampur gak perlu di aduk terlalu kenceng, karena nanti malah kebanyakan busa.

Ketiga hajar sepatu kotornya pake sikat gigi bekas 1

sumber gambar yuki26

Ambil sepatu yang mau dibersihkan, buat awalan pake sikat gigi bekas 1 dulu aja. Soalnya buat ngilangin kotoran dulu secara keseluruhan. Terus juga buat bersihin bagian sol bawah atau out sole, karena bahannya karet atau rubber jadi sikat aja. Gak perlu khawatir merusak, karena sikat gigi teksturnya cukup lembut dan gak keras banget. Jangan lupa sehabis disikat langsung dilap aja pake kain bekas yang udah disiapkan di awal tadi. Perlu banget dilap biar cepet kering dan gak menyisakan busa yang menempel, bisa jadi kerak nanti kalo gak dilap.

Keempat bersihin sepatunya pake sikat gigi bekas 2

sumber gambar dokumentasi yuki26

Kalo bagian sol udah bersih, saatnya sikat bagian upper pake sikat gigi bekas 2. Nah sikat gigi bekas 2 ini khusus buat bagian atas sepatu aja, biar aman dan gak kecampur kotoran bekas dari sol. Sepatunya gak perlu dibasahin, langsung aja semprot cairan pembersihnya di sikat gigi bekas. Setelah itu sikat di bagian yang kotor atau menyeluruh juga bagus. Setelah disikat sampe bersih juga langsung dilap, biar bekasnya hilang. Menyikatnya agak santai aja, karena kalo kenceng takutnya pudar nanti warna sepatunya. Kalo sudah selesai, letakkan di tempat terbuka dengan sirkulasi udara yang baik atau pake kipas angin hingga kering.


sumber gambar dokumentasi yuki26

Langsung aja dicoba ya gak pake lama biar sepatu kotor kalian bisa bersih. Buat lu yang merasa ribet dan lebih milih beli sabun cleaner sepatu ya silakan aja. Dalam tulisan ini gua cuma berbagi tips. Mau diikutin atau gak itu terserah kalian. Selamat mencoba ya semuanya!
Quote:

| Ditulis oleh: Y u k i 2 6 |
Sumber: popmama.com


----------+++++++++---------

Mampir juga ya di konten kece lainnyaemoticon-NgacirDISINI
----------+++++++++---------



SAMPAI JUMPA
Diubah oleh yuki26 17-07-2020 11:40
delia.adel
bat4k0
Bgssusanto88
Bgssusanto88 dan 12 lainnya memberi reputasi
13
1.4K
30
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan