earth15Avatar border
TS
earth15
6 Keseruan yang Gak Bakal Kamu Dapatkan Saat Baca Buku Lewat E-book


gambar

Assalammu'alaikum. Wr. Wb.

Hai, Agan dan Sista ketemu lagi di thread ane yang ketiga nih. Walau masih recehan dan rasa remahan tapi semoga aja ada manfaatnya lah ya. Ambil baiknya buang buruknya, prinsip ane sih gitu biar gak super duper ribet ya.

Oh ya, kegiatan menulis merupakan sesuatu hal yang sangat tidak mudah untuk dilakukan. Ya kalau sekedar menulis dalam artian sebenarnya anak TK pun mungkin sudah diajarkan dan bahkan sudah bisa. Tapi, menulis di sini menurut ane adalah satu kemahiran yang mana kita mampu merangkai kata hingga menjadi kalimat kemudian terciptalah sebuah karya dalam cerita, puisi, artikel, opini, essai ataupun lainnya.



gambar

Pada dasarnya proses menulis tidak akan pernah terlepas dengan namanya diksi. Apapun jenis tulisannya. Sebuah kosakata sangatlah penting dalam menemani sebuah tulisan. Bagaimana mungkin sebuah cerpen bisa dibaca jika diksinya pun tak ada. Selain itu, kualitas sebuah tulisan akan sangat terlihat sampai di mana ia membaca. Semakin banyak kuantitas membaca maka diksi yang digunakan dan dimiliki akan semakin banyak pula, begitu pun sebaliknya.

Nah, maka dari itu antara membaca dan menulis tidak bisa terpisahkan. Kecuali jika memang kita adalah tipikal orang yang suka copy paste yang sekedar edit sedikit pun tak mau dan jahatnya lagi tanpa memberikan sumber tulisan. Kenapa jadi ngalur ngidul begini ya. Tapi, begitulah menulis tidak akan pernah terpisahkan dengan membaca. Nah, dewasa ini tak bisa kita pungkiri bahwa kemajuan zaman, canggihnya tekhnologi memang sulit sekali diredam. Tentu hal ini menjadi kabar baik, jika media tersebut digunakan sebagaimana mestinya. Dengan adanya tekhnologi, keterbukaan semakin terlihat, komunikasi lancar, informasi sangat cepat sekali datangnya.



gambar

Kemajuan tekhnologi ini nampaknya juga merambah ke dunia literasi. Banyak sekali kehadiran electronik book atau sering kita kenal dengan nama E-book yang mana bisa kita nikmati lewat layar smart phone. Layanan e-book ini cukup praktis dan kita tak perlu lagi membawa buku yang akan dibaca.

Untuk saat ini, mungkin e-book akan menang dalam segala hal. Terutama untuk masalah kepraktisannya. Tapi, ada yang tak akan kita dapatkan saat menggunakan e-book dengan membaca langsung dari bukunya. Keseruan, keunikan ini menjadi daya tarik sendiri dan membuat rindu. Apa saja itu?

1. Mencium Aroma Buku



gambar

Siapa nih yang sering melakukan ritual mencium aroma buku? Ane sih jujur, sering banget. Karena hal ini sangatlah nikmat, khas dari buku tersebut cukup membuat ketagihan juga ternyata. Apalagi buku tersebut baru buka segel plastiknya. Agan dan Sista tidak akan pernah dapatkan aroma khas buku baru saat membaca lewat e-book. Gimana mau coba? Yuk buka kembali koleksi bukunya.

2. Menunjuk Kata dengan Jari



gambar

Hal seru lainnya ialah menunjuk kata yang sedang dibaca dengan jari. Biasanya menggunakan jari telunjuk. Kegiatan semacam ini berjalan secara alamiah saja. Ternyata keunikan ini bisa melatih konsentrasi kita juga. Artinya kita akan senantiasa fokus dengan objek tersebut. Wah, keren banget.

3. Melipat Buku



gambar

Bagi sebagian pembaca buku, sering kali kedapatan melipat bukunya saat membaca. Entahlah kebiasaan seperti ini menurut ane kurang baik, karena bisa merusak cover buku, dan kertasnya. Tapi, mungkin di situlah seninya. Semakin buku banyak lipatan, bisa jadi menandakan buku itu sering dibaca. Ada yang sependapat?

4. Membuka Halaman Baru dengan Ludah



gambar

Hayyoo siapa yang pernah melakukan keseruan satu ini? Kalau kita melihat orang-orang zaman dulu, sepertinya warisan ini memang diturunkan oleh mereka ya. Namun, ternyata kebiasaan ini seru juga. Gak kebayangkan berapa banyak ludah yang sudah mengering di jari kita. Pengalaman sedikit nyeleneh ini gak mungkin didapatkan saat baca di e-book. Kecuali jika memang saat pindah slide juga pakai ludah. Ini sih niat banget!

5. Mencoret dan Mewarnai Kalimat Di buku



gambar

Hal yang gak mungkin didapatkan saat baca di e-book ialah mencoret buku. Aktivitas semacam ini sering ditemukan. Biasanya yang dicoret itu merupakan rangkaian kata yang indah, diksi yang menyentuh, atau kalimat yang tidak sesuai dengan pendapat pembaca. Seru, kan?

6. Menulis Harga, Tanggal, dan Nama Pemilik Buku



[URL=dokpri]gambar [/URL]

Biasanya saat membeli buku dan sebelum membaca pemiliknya akan menuliskan tentang harga, tanggal, serta nama untuk menandakan bahwa buku tersebut dibeli seharga dan tanggal sekian, juga merupakan pemilik siapa.

Nah, mungkin itulah sedikit dari keseruan membaca buku secara langsung yang gak akan mungkin didapatkan di e-book. Tapi, apapun itu kuncinya ialalah tetaplah membaca.

Sumber :

Opini Pribadi
marikemana
ceuhetty
rotten7070
rotten7070 dan 52 lainnya memberi reputasi
53
6.2K
257
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan