Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

perojolan13Avatar border
TS
perojolan13
Duh! Ada Kementerian Anggarkan Motor Trail untuk Revolusi Mental


Ternyata, pelaksanaan anggaran program-program di kementerian dan lembaga masih ada yang tak sesuai sasaran. Selain ada anggaran program stunting yang dipakai untuk buat pagar puskesmas, ada juga program revolusi mental tapi uangnya dipakai beli motor trail.

Hal itu diungkapkan Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional (PPN) /Kepala Bappenas Suharso Monoarfa dalam rapat kerja dengan Komisi XI Selasa (23/6/2020). Awalnya dia menjelaskan mengenai reformasi anggaran yang dilakukan pemerintah.

Dia menyebutkan banyak sekali program di kementerian dan lembaga yang ternyata penggunaan anggarannya sangat jauh dari manfaat programnya. Suharso menemukan alokasi anggaran program-program kementerian dan lembaga melalui sistem e-planning yang bernama KRISNA. Sistem integrasi antar kementerian ini sudah ada sejak 2016.

Suharso mencontohkan ada kementerian dan lembaga yang menjalankan program revolusi mental. Ternyata sebagian uangnya dipakai beli motor trail.

"Ada juga program revolusi mental. Kemudian saya kejar isinya apa?belanja modal itu beli motor trail," ujarnya di gedung DPR, Jakarta, Selasa (23/6/2020).

Suharso cukup terkejut mengetahui ada kementerian/lembaga menjalankan program revolusi mental di mana anggarannya untuk beli motor trail. Meskipun dia mencoba memahami maksudnya.

"Mungkin benar juga beli motor trail untuk pergi sampai ke kampung-kampung," tambahnya.

Selain itu ada juga program pemberantasan stunting. Menurut data yang dia temukan bahkan ada satu kementerian yang menjalankan program stunting tapi penggunaan anggarannya hanya membuat pagar puskesmas.

"Misalnya program stunting, itu saya bisa zoom terus data anggarannya. Ada salah satu kementerian ikut program stunting tapi dia mengerjakan pagar puskesmas," ungkapnya.

Baca juga: 344 Pos Anggaran Kementerian dan Lembaga Dipangkas


Dia menjelaskan, program seperti stunting memang bisa dikerjakan di banyak kementerian. Dia mencontohkan suatu daerah tinggi angka stunting karena permasalahan air bersih. Maka pengerjaan teknis air bersih dilakukan di Kementerian PUPR bukan Kementerian Kesehatan.

link


Suharso cukup terkejut mengetahui ada kementerian/lembaga menjalankan program revolusi mental di mana anggarannya untuk beli motor trail. Meskipun dia mencoba memahami maksudnya.
giee2
ssoeleman
eriksa
eriksa dan 27 lainnya memberi reputasi
22
6.7K
137
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan