Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

ginanisa7Avatar border
TS
ginanisa7
Kulit Wajah Kusam Selama Stay At Home? Hindari 5 Penyebab Ini & Ikuti Tipsnya!

Sumber Gambar

Di rumah aja, kok kulit wajah malah kusam😞? Bukannya tambah putih, kan gak terpapar sinar matahari😕. Eitss, siapa bilang😆? Kalau tidak dirawat dan hanya dibiarkan begitu saja meski tidak beraktivitas ke luar rumah, ya pasti bakal kusam Gan Sist😏. Selama self-quarantineini🏠, tanpa sadar kita membentuk kebiasaan-kebiasaan buruk yang menyebabkan kulit wajah menjadi kusam. Maka dari itu, mulai sekarang yuk hindari penyebab kulit kusam dan ikuti tipsnya sebagai berikut😉.

1. Terlalu Sering Mengkonsumsi Makanan dan Minuman yang Manis

Sumber Gambar

Selain tidak baik bagi organ dalam tubuh kita, juga tidak bagus untuk kulit wajah karena bisa menimbulkan jerawat. Makanan yang tinggi gula, seperti kue manis, soda, dan jus buah yang dicampurkan dengan susu dan gula dapat menimbulkan jerawat. Hal ini dikarenakan kandungan glukosa yang cukup tinggi dapat memicu insulin dan menyebabkan jerawat. Oleh sebab itu, jika dikonsumsi berlebihan akan menimbulkan jerawat dan membuat wajah semakin berminyak bagi oily skin. Pokoknya bisa meningkatkan intensitas masalah kulit.

Sesuai dengan istilah, sesuatu yang berlebihan itu tidak baik. Begitu pun dengan makanan terutama minuman manis yang berwarna. Ya, walaupun tubuh kita membutuhkan gula, tapi konsumsi secukupnya saja. Cukup satu/dua kali dalam seminggu. Jangan sampai tiap hari, yaa😉. Selebihnya, lebih baik konsumsi air putih yang cukup: 8 gelas per hari.

Manfaat air putih tidak hanya baik bagi kesehatan tubuh, tetapi juga untuk kesehatan kulit wajah. Kebiasaan mengkonsumsi air putih yang cukup sesuai anjuran, bisa menjaga kelembaban kulit wajah. Jangan sampai kulit wajah menjadi kering bagai tanah di padang pasir. Jadi, yuk kurangi konsumsi makanan dan minuman yang terlalu manis.

Tipsnya, Agan Sista bisa beralih ke makanan dan minuman yang lebih sehat, serta membiasakan diri memenuhi kebutuhan air dalam tubuh dengan minum 8 gelas air putih per hari. Jangan lupa untuk tetap memenuhi nutrisi sayur dan buah, yaa. Sekalian jadi vegan juga boleh😄.

Untuk mendukung proses Agan Sista dalam membiasakan diri minum air putih 8 gelas per hari, Gan Sist bisa download aplikasi pengingat air minum di play store/apps store. Aplikasi ini bisa menentukan volume air yang harus diminum sesuai berat badan. Tentunya, berfungsi sebagai alarm untuk mengingatkan minum. Jadi, recommended untuk didownload.

2. Malas Mencuci Muka

Sumber Gambar

Hayooohh siapa nih yang selama #dirumahaja jarang cuci mukaaa??? Beberapa minggu yang lalu, aku pun malas mencuci muka. Jadwal cuci muka pun jadi tidak beraturan. Sekarang sih udah semangat lagi karena menyadari kulit wajah yang mulai timbul sedikit bruntusan. Jangan ditiru, yaa😉. Back to the topic!

Nah, selain dapat menimbulkan jerawat dan membuat kulit wajah terlihat kusam, tidak mencuci muka pun membuat kulit wajah semakin bermasalah dan tidak karuan. Jadi, rajinlah mencuci muka dengan facial wash dua kali sehari. Lakukan siang dan sore/malam hari. Tapi, jangan sampai berlebihan juga. Karena cuci muka untuk membersihkan wajah, jadi setiap cuci muka harus pakai facial wash. Ya, jangan juga😁. Karena itu dapat membuat kulit iritasi, timbul jerawat, semakin kering (bagi dry skin), dan pastinya membuat kulit wajah semakin kusam.

3. Tidur Larut Malam/Sering Bergadang

Sumber Gambar

Siapa nih yang suka bergadang selama #dirumahaja? Maraton drakor atau main game? Atau lembur nulis thread? Hmm coba deh mulai hentikan. Karena bergadang itu tidak baik untuk kesehatan. Setelah malamnya bergadang, besoknya langsung terlihat wajah jadi kusam dan mata panda semakin kelihatan. Apa Agan Sista suka menyadarinya? Kalau iya, yuk coba mulai kurangi bergadang.

Bergadang jangan bergadang🎶🎶🎶

Aku pun tidak bisa menampik fakta bahwa selama #dirumahaja, jam tidur jadi lebih larut malam. Nah, setelah dipikir-pikir, itu tidak baik untuk kesehatan kulit wajah dan membuat tubuh menjadi lemas esok harinya. Jadi, sekarang aku mencoba kembali ke jam tidur normal.

Tipsnya, biasakan tidur yang cukup 7-8 jam per hari.

4. Malas Menggunakan Skincare

Sumber Gambar

Mumpung #dirumahaja, manfaatkan waktu luang ini sebaik-baiknya untuk skincarean. Salah satu penyebab kulit kusam, ya karena ngeskip skincare. Jika (Agan) Sista punya skincare yang terlantar begitu saja, lebih baik gunakan serutin mungkin. Gunakan pagi dan malam. Karena penggunaan skincare itu penting untuk kesehatan kulit wajah kita. Kalau tidak, ya akan membuat kulit wajah semakin bermasalah.

Tipsnya, rutin menggunakan skincare. Salah duanya, lakukan scrub 1-2 kali dalam seminggu untuk mengangkat sel-sel kulit mati dan rajinlah maskeran 3 kali seminggu. Eits, bukan masker mulut yaa😁. Tapi, masker kecantikan yang menjaga kesehatan kulit wajah.

5. Stres

Sumber Gambar

Akibat Covid-19 yang mengharuskan tetap di rumah saja, membuat banyak orang terpicu stres karena perekonomian yang memburuk, tugas yang menumpuk, kurang refreshing, dan sebagainya. Sehingga, tak jarang yang melampiaskannya kepada hal-hal negatif. Terbukti, dari adanya beberapa artis yang tersandung kasus narkoba.

Selain itu, penyebab utama yang membuat banyak orang stres, ya karena menerima dan mengetahui berbagai informasi mengenai Covid-19 dari televisi dan media sosial yang memicu stres selama di rumah saja. Hal itu dapat mengakibatkan kulit wajah kita berjerawat.

Tipsnya, hindari penyebab stres yang sering dilakukan. Salah satunya, kurangi melihat info yang dapat memicu stres. Contohnya, menonton berita tentang peningkatan kasus Covid-19. Lalu, jika terpaksa harus bergadang karena mengerjakan tugas yang seabrek, tingkatkan intensitas dalam mengkonsumsi makanan dan minuman yang sehat, serta jagalah jadwal rutin menggunakan skincare.

Itulah penyebab yang harus mulai dihilangkan dan diperbaiki oleh kebiasaan-kebiasaan baik sesuai tips-tips di atas. Apakah 5 penyebab di atas sering Gan Sist lakukan? Yuk, share di kolom komentar!

🌹Stay Safe and Keep Healthy🌹
kudanil.la
srirahayu14
tien212700
tien212700 dan 9 lainnya memberi reputasi
10
1.6K
26
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan