Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

saokudaAvatar border
TS
saokuda
Indonesia Dilirik AS dan Jepang untuk Relokasi Industrinya dari Cina
Pandemi COVID-19 menyadarkan banyak negara bahwa ketergantungan pasokan industri terhadap Cina sangat besar. Kegiatan produksi yang "macet” di tengah pandemi membuat sejumlah perusahaan besar yang sebelumnya mengandalkan barang produksi dari Cina, mulai merelokasi pabriknya ke tempat lain.

Meski Cina memegang peranan kuat dalam sektor industri global, namun negara itu juga tak luput dari masalah ekonomi akibat gempuran wabah COVID-19, seperti kebanyakan negara lainnya di dunia.

Kesulitan ekonomi global juga diperparah dengan perseteruan berkepanjangan antara dua negara dengan kinerja ekonomi terbesar di dunia, yakni Cina dan AS.

Meningkatnya ketegangan akibat perang dagang dan tudingan-tudingan AS terhadap Cina sebagai "biang kerok” wabah COVID-19, membuat perusahaan-perusahaan besar AS berencana merelokasi pabrik mereka dari Cina ke negara-negara Asia Tenggara.

RI dilirik AS dan Jepang

RI persiapkan kawasan industri di Batang
Di masa pandemi COVID-19, dilaporkan bahwa AS mengandalkan 90 persen dari bahan baku produk obat-obatan yang berasal dari impor. Tak kurang dari 60 persen bahan baku obat-obatan itu berasal dari Cina dan 30 persennya dari India.

Oleh karena itu, Luhut mengatakan pemerintah AS berencana merelokasi industri farmasinya dari Cina ke Indonesia.

Pemerintah Indonesia menyiapkan kawasan industri di Batang, Jawa tengah untuk "menampung” pabrik milik perusahaan AS dan Jepang yang akan direlokasi dari Cina. Daerah Batang dipilih karena ketersediaan lahan dan infrastruktur pendukung lainnya.

Namun, direktur pelaksana dan mitra senior Boston Consulting Group yang berkantor di Jakarta, Yulius, memperingatkan dalam situasi pandemi kemungkinan para investor akan lebih teliti dalam memeriksa kesiapan dan tanggapan pemerintah Indonesia ketika menilai opsi relokasi.

https://www.tempo.co/dw/2725/indones...inya-dari-cina

Ih genit lirik2
kyukyunana
scorpiolama
nona212
nona212 dan 4 lainnya memberi reputasi
3
976
19
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan